Kulit wajah sangat penting, gak heran kalau sekarang banyak iklan skincare bermunculan baik dari dalam Indonesia maupun produk dari luar Indonesia. Gak kebayang deh gimana galaunya buat nentuin pilihan skincare yang cocok untuk jenis kulit wajah kita. Nah, sahabat hipwee berikut ini ada tips yang patut dicoba bagi kalian yang peduli dengan kesehatan dan keindahan kulit wajah. Jangan salah, cowok pun juga harus rajin merawat kulit wajah. Karena penuaan dini bukan hanya akan dirasakan oleh cewek loh.

 

1. Jangan Coba-Coba Menggunakan krim dari Dokter Apalagi yang Gak Jelas Asal-usulnya. Aduh… Ngeri Banget Kan

Kita harus cerdas menentukan krim yang aman buat kulit wajah kita.

Kita harus cerdas menentukan krim yang aman buat kulit wajah kita. via http://begitu.com

Sekarang lagi musim banget nih krim yang katanya dapat memutihkan kulit wajah hanya dalam 1 minggu dengan harga murah pula, wow cepet banget kan. Hmm, jangan mudah tergiur ya… pasalnya semakin cepat produk itu mengklaim dapat memutihkan kulit wajah maka semakin banyak kandungan zat-zat kimia di dalamnya. Misalnya yang familiar kita kenal si jahat merkuri. Tulisan ini pun tidak bermaksud menakuti kalian yang sudah terlanjur menggunakan krim dokter dari klinik kecantikan, krim dokter memang memberikan efek yang sangat bagus. Kulit kita akan menjadi cerah dan bersih tetapi itu membuat ketergantungan, jika kalian tidak menggunakan lagi krim tersebut wajah akan kusam dan kembali seperti semula atau bahkan jauh lebih parah. Banyak krim dokter dari klinik kecantikan yang komposisinya masih menggunakan parabean, memang sebagian besar masyarakat beranggapan parabean boleh digunakan dengan porsi tidak berlebihan. Tetapi alangkah baiknya jika kita menghindari parabean dalam kosmetik kita. Masih banyak kok produk kecantikan brand lokal yang bersertifikat halal dan menggunakan bahan alami yang tentunya tidak berbahaya.

2. Gunakan Masker Wajah Minimal Satu Minggu Sekali

Rasakan keseruan memakai masker dengan sahabat kalian

Rasakan keseruan memakai masker dengan sahabat kalian via http://kosmeklik.com

Banyak masker yang siap pakai kita temukan di tempat perbelanjaan, tentunya dengan banyak varian bahan dasar dan harga yang beragam. Masker yang siap pakai memang sangat praktis kita gunakan, karena kita gak perlu repot membuatnya. Belum lagi kalau musuh terbesar kita si malas datang, aduh pasti kita milih gak maskeran daripada harus repot gitu bener gak sih… padahal sebenarnya masker alami yang kita buat jauh lebih bagus loh, karena menggunakan bahan-bahan dasar yang fresh. Kalian dapat dengan mudah mendapatkan bahan tersebut dengan hanya mencari di dalam lemari es. Misalnya nih kalian dapat menggunakan tomat, jeruk nipis, putih telur, madu, pepaya, alpukat dan masih banyak lagi, kalian bisa cari informasi pembuatan masker di internet.

3. Bersihkan Wajah Minimal Dua Kali Sehari

Sensasi segar pasti akan kalian rasakan

Sensasi segar pasti akan kalian rasakan via http://naughtyaccessories.co.id

Kalian harus rajin mencuci wajah dua kali dalam sehari pagi hari dan setelah beraktifitas di luar ruangan. Agar tidak menimbulkan jerawat akibat penumpukan krim dan bedak di wajah. Sebelum mencuci wajah, bersihkan terlebih dahulu wajah dengan toner atau milk cleanser yang kalian punya. Kemudian baru deh basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu agar pori-pori wajah terbuka. Kemudian tuangkan sabun muka kesayangan kalian di tangan, gosok sampai berbusa usap dan pijat dengan halus keseluruh wajah, telinga dan leher. Dan basuh wajah kamu dengan air dingin agar pori-pori kamu kembali menutup. Mencuci wajah dengan air hangat setiap hari tidak disarankan ya, karena akan menimbulkan kulit kering. Gunakan seperlunya saja, karena yang berlebihan itu tidak baik.

4. Gunakan Krim Malam Sebelum Tidur

Jangan sepelekan manfaat krim malam

Jangan sepelekan manfaat krim malam via http://skin.co.id

Tunda dulu rasa kantukmu. Gunakan krim malam sebelum tidur karena di dalam krim malam terdapat kandungan bahan-bahan tertentu yang hanya bekerja ketika kulit kita sedang beristirahat. Konon katanya krim malam lah yang mampu membuat kulit wajah kita menjadi cerah. Asal pengguaannya dengan rutin dan dengan pemilihan produk yang tepat ya. Jangan asal menggunakan krim malam sebelum kita mengetahui kandungannya. Eits, jangan lupa sebelum menggunakan krim malam wajah harus dibersihkan dulu ya.  

5. Gunakan Serum Wajah Minimal Sekali Sehari

Jangan lupa pakai serum ya

Jangan lupa pakai serum ya via http://skin.co.id

Punya kulit sehat dan cerah alami adalah dambaan semua orang. Bergantung bagaimana kita memerhatikan dan merawatnya. Nah kalian mungkin masih banyak yang sedikit awam dengan serum wajah, kebanyakan sih serum biasanya digunakan di badan mirip seperti hand body. Banyak kok brand lokal yang kini mengeluarkan serum wajah, kalian tinggal menyesuaikan dengan jenis kulit wajah dan harga tentunya. Penggunaan serum ini biasanya digunakan pada malam hari sebelum menggunakan krim malam. Tetapi bisa digunakan pada siang hari, sebelum menggunakan pelembab. Bukan hanya krim malam yang dapat membantu mencerahkan wajah, serum juga bisa karena serum mengandung banyak vitamin C.

6. Gunakan Sunscreen atau Sunblock Sebelum Beraktifitas

Sudah pakai sunscreen belum?

Sudah pakai sunscreen belum? via http://beautynesia.id

Nah diantara kita masih banyak yang tidak mengetahui bahaya sinar matahari bagi kulit. Sinar matahari memang baik bagi kulit dan tulang kita, tetapi pada jam-jam tertentu saja. Kalau kita terlalu sering terpapar sinar matahari, bisa menyebabkan kanker kulit dan penuan dengan cepat. Penggunaan sunscreen cukup penting loh, karena kandungan tabir surya di dalam pelembab tidak dapat menjamin keamanan apalagi kita yang tinggal di daerah tropis, yang panasnya kadang tidak dapat diprediksi. Bagi kalian yang banyak beraktifitas di luar ruangan wajib nih melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen atau sunblock. Jangan kawatir sekarang banyak kok di apotek menjual produk-produk sunscreen atau sunblock khusus wajah, tetapi ada juga yang bisa digunakan keseluruh tubuh. Aplikasikan sunscreen sebelum atau sesudah  menggunakan pelembab ya, sesuaikan dengan kenyamanan kalian.

7. Selalu Gunakan Pelembab Wajah Sebelum Keluar Ruangan

Sudah tau pelembab wajah yang cocok untuk kulit wajahmu?

Sudah tau pelembab wajah yang cocok untuk kulit wajahmu? via http://lifestyle.liputan6.com

Gunakan selalu pelembab wajah yang mengandung SPF, biasanya sih untuk pelembab SPF 35 sudah cukup bagus kok. Aplikasikan pelembab wajah secara merata. Pelembab wajah kini juga banyak variannya, mulai dari foundation, CC cream, BB cream dan juga DDcream. Tetapi bagi kalian yang sudah nyaman dengan menggunakan krim pelembab biasa itu sudah cukup bagus kok. Tetapi penggunaannya harus dengan rutin, agar kulit wajah selalu terlindungi. Jangan lupa pakai toner atau pembersih favorit kalian sebelum menggunakan pelembab ya.

8. Selalu Siap Sedia Salep Penghilang Jerawat

Jangan lupa beli salep penghilang jerawat ya

Jangan lupa beli salep penghilang jerawat ya via http://saleppenghilangbekasluka.com

Jangan menunggu jerawat muncul baru membeli salep anti jerawat. Kebanyakan dari kita seperti itu bukan? Sebenarnya hal itu salah, salep anti jerawat wajib dimiliki, meskipun wajah dalam keadaan baik-baik saja. Pasalnya kadang jerawat nongol dengan tiba-tiba. Apalagi yang memiiliki jenis kulit yang sensitif atau yang memiliki jerawat langganaan, yang muncul tiap setiap bulan menjelang menstruasi. Kalian dapat mengoleskannya pada bayi jerawat sebelum jerawat tersebut menjadi tua dan merah meradang. Bukannya ada pepatah sedia payung sebelum hujan?

9. Istirahat Cukup

Sudah tidur 8 jam per hari?

Sudah tidur 8 jam per hari? via http://www.vemale.com

Istirahat yang cukup 8 jam per hari ya, dan usahakan tidur selalu nyenyak. Hal ini membantu regenarasi pada kulit. Jangan lupa untuk selalu mematikan lampu kamar ketika tidur.

10. Berolahraga Secara Teratur

Tidak perlu olahraga dengan berat, cukup lari kecil atau jogging di sekitar rumah. Luangkan waktu minimal 15 menit sebelum beraktifitas setiap harinya. Keringat yang keluar dari tubuhmu akan sekaligus membawa racun-racun jahat pemicu jerawat. So, kalian yang tidak ingin memiliki kulit berjerawat wajib berolahraga!

11. Minumlah Air Putih Delapan Gelas Per Hari

Ayo minum air putih

Ayo minum air putih via http://psikologid.com

Semua tips diatas akan jadi sia-sia jika kalian malas minum air putih. Bawalah selalu botol minuman kesayangan kamu kemana pun akan pergi. Selain menghemat pengeluaran untuk membeli minum, kalian juga dapat memiliki tubuh dan kulit yang sehat dengan minum delapan gelas per hari. Hayo yang masih malas minum air putih, mulai sekarang harus rajin ya!

 

 

Semua tips di atas akan berhasil apabila dilakukan dengan sabar dan rutin. Kalian pun akan menyambut kulit sehat cerah berseri, dan selamat tinggal kulit kusam berjerawat…