Ironisnya sebuah hubungan, ketika dua insan yang pernah saling mencintai harus mengakhiri cinta mereka. Ya, sudah berapa lama kamu masih memikirkan mantanmu? Apakah kamu masih sering tersenyum sendiri ketika menginggat masa lalumu? Jangan-jangan kamu masih rajin stalking media sosial maupun informasi tentang mantanmu!

Jika masih iya, sudah saatnya kamu harus Move On.  Saatnya kamu melangkah ke depan dan temukan kebahagianmu. Habiskan waktumu dengan hal-hal yang lebih berguna dan bermanfaat daripada larut dalam kesedihan.

Ini dia 7 tips buat kamu untuk bilang Bye-Bye sama mantan.

 

1. Menangislah Sepuasnya

Menangis lah sepuas-puasnya

Menangis lah sepuas-puasnya via http://littlesistragedies.tumblr.com

Menangis bisa membuat kamu lebih lega. Berdasarkan informasi yang dilansir dari .dailymoslem.com, Menangis mampu meningkatkan perasaan yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Penelitian ini dilakukan oleh Asmir Gracanin dari Universitas Tilburg in The Netherlands dan kelompoknya membuat sebuah penelitian apakah menangis mampu membuat perasaan seseorang jauh lebih baik atau tidak.

Namun, jangan terus berlarut dalam kesedihan. Berjanjilah pada dirimu sendiri, setelah menangis sepuasnya hari ini, besok kamu tidak akan pernah lagi mengeluarkan air matamu. 

2. Singkirkan barang-barang kenangan kalian

Saatnya menyingkirkan semua kenangan!

Saatnya menyingkirkan semua kenangan! via http://www.apartmenttherapy.com

Kumpulkan barang-barang pemberiannya, kemudian kamu bisa menyingkirkan atau menyumbangkan barang pemberiannya untuk orang lain. Tentu, dengan menyingkirkan barang yang mengingatkanmu dengan bisa membantu kamu melupakannya. 

3. Jadikan dia sebagai pengalamanmu

Terimakasih kamu mengajarkanku banyak hal

Terimakasih kamu mengajarkanku banyak hal via http://rianisuhandi.blogspot.co.id

Pengalaman adalah guru terbaik, kamu belajar banyak dari mantan. Mantan membuat menjadi pribadi yang jauh lebih kuat dan tegar. Jadi, jangan pernah menyesal bahwa kamu pernah menjalin hubungan dengan dia.

4. Teruslah untuk sibuk

Sibukkan dirimu!

Sibukkan dirimu! via http://palembang.tribunnews.com

Semakin banyak melakukan aktivitas, maka kamu tidak akan memiliki waktu untuk memikirkannya. Perbanyak kegiatan kamu, sehingga waktumu akan lebih bermanfaat dibandingkan terus menerus larut dalam rasa sedihmu. 

5. Ceritakan Perasaanmu Kepada Sahabat dan Keluarga

Teman-temanmu siap mendegar ceritamu

Teman-temanmu siap mendegar ceritamu via http://www.flawedandfab.com

Kamu tidak pernah sendiri, kamu masih punya sahabat maupun keluraga. Ceritakan perasaanmu kepada orang-orang terdekatmu, hal ini bisa membuat perasaan lebih lega.

Dengan bercerita, kamu akan memperoleh beragam solusi untuk segera Move On dari mantanmu. Ketika putus, kamu jauh lebih punya banyak waktu untuk sahabat maupun keluarga. Jadi putus bukan berarti akhir dari segalanya.

6. I feel free

I'm learning to be free

I'm learning to be free via http://jossblog.net

Kamu merasa lebih bebas karena tidak ada yang mengatur maupun melarang. Kamu bebas mengatur dirimu sendiri. Tidak perlu izin untuk melakukan hal-hal yang kamu ingin lakukan. Selain itu, kamu bisa menikmati me time yang jauh lebih menenangkan.

7. Fokus menggejar mimpimu

Teruslah berlari mengejar mimpi

Teruslah berlari mengejar mimpi via http://theodysseyonline.com

Lupakan kesedihanmu, fokus kembali untuk meraih mimpimu. Lakukan hal-hal positif yang bisa membuat kamu lebih berkembang dibandingkan terus menerus memikirkan mantan. Ada pepatah mengatakan “Kejarlah cita-citamu sebelum kamu kejar cintamu”. Jadi, ucapakan selamat tinggal untuk mantan.