Memiliki banyak uang tabungan buat berbagai kebutuhan dan mempunyai investasi di masa tua, tentunya merupakan harapan semua orang. Tapi gimana hal itu bakal terwujud kalo gaji yang di dapat, nggak bisa ngebuat kita bertahan sampe akhir bulan.Nggak sedikit orang yang merasakan terus menerus kehabisan uang, sebelum gaji berikutnya tiba. Tanpa disadari salah satu penyebabnya adalah dari ketidak mampuan kita dalam menjaga keinginan untuk berbelanja, nah hal ini lah yang ngebuat kita akhirnya ngeluarin biaya untuk sesuatu yang sebenernya nggak penting.

Berbelanja atas dasar keinginan bukan kebutuhan, bisa ngebuat kita berada dalam kesulitan finansial dan nggak memiliki tabungan. Salah satu cara buat mengubahnya, yaitu dengan mengubah sikap kita terhadap uang dan mulailah untuk hidup hemat. Sebagian orang menganggap hidup hemat sama halnya dengan pelit, irit atau bahkan tidak menikmati hidup. Perlu diketahui hidup hemat serta mampu mengendalikan keuangan, dapat membuat hidup kita lebih positif dan pasti kondisi keuangan sehat.

Banyak orang yang mencoba melakukan hidup hemat dengan menekan pengeluaran, tapi keinginan buat membeli selalu lebih besar. Kondisi ini ngebuat kita akhirnya harus meminjam uang dengan kerabat atau teman, mengambil peminjaman gaji dan mungkin menggunakan kartu kredit  buat menutupi kebutuhan sampe dapet gaji bulan depan. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan buat memulai menata keuangan dan menjalankan hidup hemat, berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan demi kondisi keuangan yang sehat.

1. Buat anggaran bulanan! Cari tahu, mana keinginan dan mana kebutuhan

anggaran bulanan itu penting via http://google.com

Yap, membuat anggaran bulanan pastinya hal pertama yang perlu dilakukan. Mikrin gimana mendapatkan penghasilan yang lebih emang sangat bagus, tapi agar kondisi menjadi seimbang mulailah mengatur pengeluaran, anggaran bulanan yang dibikin ini lah yang berperan membantu kita merencanakan gimana mengatur pengeluaran. Buatlah anggaran bulanan dengan mencatat seluru kebutuhan baik primer maupun sekunder, seperti mencatat biaya transport ke tempat bekerja selama sebulan, biaya makan sehari-hari, sampe kebutuhan jajan. Jangan lupa dalam pencatatan perlu juga dimasukkan biaya yang harus dikeluarkan untuk beberapa tagihan yang perlu kalian bayar, seperti tagihan rumah, tagihan kendaraan, listrik dan tagihan lainnya.

2. Jangan biasakan hutang dan membayar segala tagihan tepat waktu

hitung dan bayar tepat waktu via http://google.com

List tagihan yang udah masuk ke anggaran bulanan ada baiknya segera dibayarkan tepat waktu. Perhatikan juga batas waktu yang diberikan buat pembayaran tagihan, hal ini dimaksud agar kita nggak perlu membayar bunga dari tagihan tersebut. Dengan membayar tepat waktu dan tidak dengan bunga, itu berarti kita dapat menghemat keuangan dan nggak mengganggu biaya buat kebutuhan lainnya.

3. Jika perlu, buatlah rekening berbeda untuk kebutuhan yang berbeda pula

Advertisement

buka rekening tabungan berbeda via http://google.com

Cara lain yang harus dilakukan adalah memiliki dua rekening tabungan, rekening ini berfungsi sebagai rekening alternatif yang bisa kita gunakan menyimpan uang buat tabungan masa tua. Rekening pertama tentunya bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sedangkan rekening yang ke dua bisa digunakan khusus buat menabung. Sisihkan sebagian gaji yang didapat dengan persentase yang sudah kita tentukan, usahakan sisihkan rutin disetiap bulannya, masukkan juga bonus gaji yang kita dapatkan ke dalam rekening alternatif ini. Uang yang ada di rekening ini cuma boleh dipakai jika kita memiliki kebutuhan yang mendesak dan darurat, setelah melakukan penyetoran ke rekening ini lupakan kalo kita mempunyai tabungan, cara ini membantu kita agar terhindar dari keinginan berbelanja hal yang nggak diperlukan.

4. Jika sempat, buat juga ‘sistem amplop’. Gini caranya!

saving via http://google.com

Cara ini relatif mudah dilakukan, kita cuma ngebutuhin beberapa amplop lalu tandai untuk keperuan apa aja amplop tersebut. Hal ini membuat kita hanya perlu melakukaan satu kali penarikan uang dari ATM dalam jumlah yang besar. Lalu pisahkan uang sesuai jumlah yang ditentukan untuk berbagai jenis kebutuhan dan pembayaran. Masukkan uang kedalam amplop-amplop yang sudah ditandai, dengan begitu jika kita membutuhkan kita tinggal mengambilnya. Sistem amplop ini juga terbilang ampuh buat membantu melakukan hidup hemat, tapi jangan lupa buat tetap menyimpan amplop pembeda tersebut di tempat yang aman.

5. Mumpung masih muda, lakukanlah investasi!

investasikan uang via http://google.com

Bila semua kebutuhan dan tabungan sudah terpenuhi dan kita mempunyai uang tambahan dari bonus yang didapat, nah ada baiknya gunakanlah uang itu buat berinvestasi. Beranikan diri untuk melakukan investasi, seperti mengikuti reksa dana, asuransi, properti atau berinvestasi dengan barang yang bernilai jual tinggi. Tapi tetaplah menjadi orang yang cerdas dalam memilih jenis ivestasi, cari investasi yang tahan inflasi jadi uang kita dapat bertambah dikemudian hari.

6. Mulai sekarang, hentikan kebiasaan borosmu

stop boros via http://google.com

Keinginan buat membeli emang terkadang nggak mudah buat dilawan, tapi mulai saat ini biasakan diri buat menghentikan kebiasaan boros tersebut. Kita harus bisa ngebedain kebutuhan dan keinginan, bila kita mau membeli sesuatu tetapi hal itu bukan sebuah kebutuhan, ada baiknya dipikirkan kembali untuk tidak membelinya. Kita bisa mulai mencoba mengenal diri sendiri, kebiasaan buruk apa aja yang membuat kita dapat menggeluarkan biaya lebih padahal hal itu harusnya bisa dicegah. Maka coba temukan cara buat mengurangi kebiasaan buruk tersebut secara bertahap, dan ganti dengan kebiasaan positif yang juga berguna buat tabungan dimasa tua seperti berinvestasi atau menanam saham

7. Buat perbandingan setiap kali akan keluar uang atau belanja

perbandingan harga via http://google.com

Pernah melihat barang dengan fungsi dan model yang sama, namun harga jauh berbeda? Ini yang membuat kita wajib jadi pribadi yang smart dalam memilih sesuatu. Usahakan lakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum membeli. Mendapatkan barang yang sama tapi dengan harga yang lebih murah, mengapa tidak. Pandai memilih dan melakukan perbandingan, tentunya dapat membantu kita menekan biaya pengeluaran. Jangan terlalu terpaku pada merek suatu barang, jika barang yang dibutuhkan masih memiliki fungsi sama dan kualitas yang nggak kalah bagus, nggak ada salahnya buat membeli meski bukan merek ternama, tidak perlu merasa gengsi.

8. Jangan tergoda gengsi dan gaya hidup yang sok kaya!

stop persaingan gaya hidup via http://google.com

Gaya hidup masyarakat saat ini sangat tinggi, cobalah buat nggak bersaing dalam gaya hidup yang membuat kita bisa ngeluarin biaya yang banyak. Terapkanlah gaya hidup sederhana tapi sejahtera, nggak perlu bersaing dengan memaksakan diri membeli barang-barang yang harganya diluar kemampuan kita. Persaingan dalam gaya hidup cuma bikin kita jadi boros, jadilah diri sendiri dan nggak perlu meniru orang lain. Kelola uang dengan baik, beli barang yang memang dibutuhkan, jangan mudah tergoda sam iklan dan barang diskon apalagi membuat kita menggunakan kartu kredit. Itulah beberapa cara yang bisa kita coba buat memulai hidup hemat dan membuat uang kita dapat bertahan hingga gaji berikutnya tiba. Ingat seperti apa kondisi keuangan dan investasi yang kita dapatkan di hari tua, dimulai dari bagaimana kita bersikap bijaksana mengelola keuangan yang kita miliki dari sekarang.