Anak kos bukanlah suatu barang haram, anak kos adalah nama subject yang dalam kesehariannya penuh dengan perjuangan untuk menggapai apa yang dicita-citakannya. Mungkin ini beberapa perjuangan anak kost yang patut kamu ketahui.

1. Berjuang jauh dari keluarga

Kalau kamu ngelawan pas dibilangin sama orang tua, kamu males pulang kalau lagi maen sama temen-temen, kamu suka males kalo disuruh makan sama orang tua. Bila kamu merasakan hal-hal diatas maka kamu wajib banget buat ngerasain jadi anak kos.

Kamu bakal tahu bahwa hal yang biasa dan remeh-temeh tersebut yang biasanya terasa nyebelin kalau pas kamu di rumah kamu akan  ngerasa kangen dan kehilangan dengan hal-hal semacam itu. Serius deh, dan akhirnya pun kamu hari-hari pertama di kosan kamu akan nangis bombay, nangis jauh dari keluarga. Dan kamu bakal ngerasain kalo keluarga itu bener-bener berharga di hidup kamu.

2. Berjuang jauh dari kampung halaman

Suasana Pedesaan via https://2.bp.blogspot.com

Advertisement

Bagi kamu yang tinggal bertahun-tahun di suatu tempat, bahkan dari kecil kamu udah brojol disitu, tentu kamu bakal ngerasa kehilangan tentang seluk-beluk kampung halamanmu. Misalnya saja kalo di kampungmu biasa suka ada isu kolor ijo setiap tahunnya, maka di tanah perantauan ini tidak ada sama sekali isu irasional seperti itu, dan kamu pun bakal mewek nangis bombay lagi karena inget kampung halaman.

3. Berusaha mengatur kehidupanmu sendiri

Kalo kamu biasanya bangun tidur baju sekolah udah disiapin, makan udah dimasakin, pacar udah dijodohin, maka saat kamu berubah menjadi anak kosmu hal-hal serba instant tersebut udah gak ada lagi di duniamu. Laper? Nyari makan diluar sana! Tidak ada pakaian bersih?  Nyuci sendiri sana!

4. Kekurangan uang

Saat kamu sudah mulai dewasa dan tahu bahwa ayah-ibumu telah berjuang banting-tulang untuk membiayaimu sekolah selama ini, mulai dari SD hingga kuliah maka kamu mulai sadar bahwa perjuangan mereka bukan main-main.

Maka kamu mulai berpikiran untuk berusaha meminimalisasi kebutuhan kamu agar tidak menyusahkan kedua orangtuamu lagi, mulai dari tukang ojek, tukang parkir, tukang combaling orang jomblo, tukang ngerjain tugas temen, tukang benerin laptop itu adalah sebagian dari kerjaan yang pernah kamu lakukan untuk menambah keuanganmu.

5. Di tagih Ibu kost

Ini adalah hal yang tidak kalah horor, saat kamu mau keluar kost, kamu dikit-dikit ngintip dari secercah lobang jendela atau pintu kamar kostmu. Kamu mulai takut bahwa bila kamu keluar kamar akan ada yang berteriak  "Ujaang.. uang kost bulan ini belumm… " hihi

6. Tugas kuliah dan kegiatan numpuk

Ini adalah fase-fase klimaks dari segala rutinitasmu setiap harinya sebagai anak kuliahan, mungkin ini titik resistensi aktifitasmu, fase dimana kerjaan numpuk dan tidak bisa kamu handle karena deadline yang menumpuk. Maka hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah kamu  tidur dan berharap serta berdoa bahwa  dosen tidak masuk kelas keesokan harinya.

7. Akhirnya pun kamu tumbuh jadi pribadi yang kuat

Well, di atas mungkin sebagian kecil dari cobaan demi cobaan yang dihadapi oleh anak kost. Tetapi intinya setelah perjuangan panjang lebar kali tinggi yang kamu hadapi ini, maka pada akhirnya  kamu akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.


Kamu akan menjadi pribadi yang teruji dan juga berpengalaman.


Kamu udah terbiasa ditempa dengan tekanan-tekanan yang biasa kamu hadapi, kamu pun menjadi pribadi yang kuat. Dan akhirnya pun kamu bersyukur dulu pernah ngerasain jadi anak kost, he he