Seekor semut tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, serangga kecil yang bikin geli ini ternyata memiliki banyak khasiatnya lho. Dari namanya semut Jepang, apa benar dari Jepang atau hanya istilah saja? Konon sejarahnya, semut ini memang berasal dari Jepang, namun tidak ada bukti otentik. Sehingga, sebutan semut Jepang dijadikan istilah agar masyarakat mudah mengingatnya.

Siapa sangka semut Jepang ini banyak manfaatnya. Konon katanya, semut Jepang ini telah dipercaya cukup lama oleh masyarakat Jepang. Semut Jepang atau Ari merupakan serangga yang dianggap setia oleh masyarakat Jepang karena kesetiaan terhadap teman atau kelompok. Masyarakat Jepang biasanya menjual semut Jepang tidak hanya untuk obat-obatan tetapi juga sebagai oleh-oleh dari Jepang.

Semut Jepang memiliki ukuran yang lebih besar dan berisi yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Kandungan dari semut Jepang yaitu asam amino, protein, anzim hmes, asam laktat, asam hialuronat dan lain-lain.

Manfaat Semut Jepang Untuk Kesehatan:

 

1. Meringankan Penyakit Jantung

Meringankan Penyakit Jantung

Meringankan Penyakit Jantung via http://www.seranganjantung.org

Semut Jepang atau Ari dipercaya mampu dimanfaatkan untuk mengobati penyakit jantung. Penyakit jantung ini menyerang segala usia di segala situasi dan menjadi salah satu penyakit yang angka kematiannya tertinggi di Indonesia dan diperkirakan 1,8 juta kasus kematian karena penyakit ini. Bila sudah ada gejala, ada baiknya segera melakukan terapi semut Jepang dengan cara mengkonsumsinya sebanyak 5 ekor dalam sekali minum dan konsumsi 2x dalam 1 hari. Jika sudah terasa normal, kurangi dosis sekitar 3 semut dalam sehari.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan Kadar Kolesterol via http://www.livemint.com

Tubuh anda memerlukan kolesterol, tetapi terkadang kadar kolesterolnya terlalu berlebihan. Hal ini bisa dikarenakan gaya hidup anda yang kurang sehat. Selain itu karena makanan yang dikonsumsi. Anda dapat menggunakan semut jepang untuk mengatur kadar kolesterolnya karena salah satu manfaatnya adalah mampu mengontrol tingkat kadar kolesterol. Caranya anda dapat konsumsi sebanyak 5 ekor semut diminum 2x dalam sehari, jika terasa kolesterol kembali normal kurangi dosis menjadi 3 semut dalam sehari.

3. Mengatur Tekanan Darah

Mengatur Tekanan Darah

Mengatur Tekanan Darah via http://www.counsellors-online.co.uk

Manfaat semut jepang untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mengatur tekanan darah. Kandungan enzim yang terdapat dalam semut jepang mampu mengatur tekanan darah, jika didiamkan akan ada kemungkinan menimbulnya penyakit lain. Ada baiknya anda lakukan pengecekan tekanan darah dalam 1×3 bulan, karena jarang sekali ada gejala-gejala dari penyakit ini. Namun, jika tekanan darah anda terbukti tidak normal, anda dapat siap siaga mengkonsumsi semut Jepang untuk pengobatan alternatif anda. Konsumsi 5 ekor semut dalam 1x minum, lakukan 2x dalam sehari.

4. Meringankan Penyakit Liver/Hati

Meringankan Penyakit Liver/Hati

Meringankan Penyakit Liver/Hati via http://www.telegraph.co.uk

Anda pernah dengan mengenai penyakit liver? Yang terkadang disebut hepatitis A atau hepatitis B. Penyakit liver timbul karena beberapa faktor salah satunya adanya peradangan, penyebabnya karena gaya hidup kurang sehat, salah satunya minum minuman beralkohol dan mengkonsumsi obat-obatan medis tanpa resep dokter. Untuk mengatasi penyakit liver, anda bisa menggunakan semut Jepang dengan memakan 3 ekor sekali minum lakukan 2×1 hari. dan 3×1 minggu.

5. Meringankan Diabetes

Meringankan Diabetes

Meringankan Diabetes via http://www.pramudito.com

Semut jepang juga bisa dimanfaatkan untuk mngatur gula darah dalam tubuh. Dalam hal ini, penderita diabetes bisa memanfaatkan semut Jepang untuk meringankan penyakitnya. Konsumsi 3-4 ekor semut sekali minum, lakukan 2x dalam sehari. Terlepas dari itu, periksalah kadar gula anda, bila sudah normal anda dapat mulai mengurangi dosis semut, 1 semut sekali minum 3x dalam 1 minggu, lakukan selama 1 bulan dan rasakan perbedaannya.

6. Mengatasi Asam Urat

Mengatasi Asam Urat

Mengatasi Asam Urat via http://www.nyerisendi.org

Penyakit yang menyerang persendian ini sudah tidak memandang usia. Umumnya, zaman dulu yang menderita asam urat adalah kaum orang-orang separuh baya namun pada zaman modern ini anak muda pun bisa terkena asam urat. Asam urat biasanya disebabkan makanan yang banyak mengandung zat purin contohnya jeroan, daging merah, hati ayam, udang, dan lain-lain. Gejalanya bengkak di daerah sendi yang sakit dalam jangka waktu beberapa jam dalam beberapa hari, jika didiamkan rasa sakit itu menghilang begitu saja, dan sendi kembali normal. Namun, hal itu bukan karena anda kembali sehat, hal ini justru gejala awal-awal asam urat. Segera obati dengan memanfaatkan semut jepang, rasa sakit pada bagian persendian yang terkena penyakit ini akan berkurang. Caranya cukup mengkonsumsi 2 ekor semut dalam 1x minum. Lakukan 2x 1 hari.

7. Menambah Vitalitas

Menambah Vitalitas

Menambah Vitalitas via http://www.dumblittleman.com

Anda termasuk orang yang sibuk? Memiliki jam terbang lebih banyak dari orang lain? Manfaat semut Jepang untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat menambah vitalitas pria maupun wanita, karena vitamin yang terkandung di dalamnya. Alhasil, mau anda push badan atau otak anda untuk bekerja lebih dari orang lain juga bisa, terlebih bila anda termasuk orang sibuk dan dikejar deadline. Cukup mengkonsumsi 5 ekor semut Jepang sebelum anda tidur.

Baca Juga : Tips Untuk Wanita Karir Agar Tetap Cantik

8. Mengobati Stroke

Mengobati Stroke

Mengobati Stroke via http://www.huffingtonpost.com

Stroke adalah penyakit yang sangat ditakuti dan terjadi karena beberapa gejala. Stroke itu sendiri bermula dari sakit kepala biasa, hipertensi, migrain, diabetes dan faktor keturunan. Bagi anda penderita stroke, anda juga bisa menggunakan semut Jepang sebagai obat herbal. Namun pada penderita stroke tingkat akut, semut Jepang hanya bisa meringankan. Caranya cukup mengkonsumsi 5-7 semut  sekali minum, sehari 2x minum. Lakukan terapi ini selama seminggu dan rasakan khasiatnya. Namun bila stroke tingkat akut, segerakan berkonsultasi pada dokter ahli.

Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dengan dokter dahulu sebelum menggunakan semut jepang. Semut jepang hanya sebagai alternatif saja.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Semut Jepang?

Sebenarnya mengkonsumsi semut jepang bisa menggunakan perantara atau dapat secara langsung. Cara langsung yaitu menggunakan air hangat dan masukan semut, atau menggunakan pil kosong lalu masukan semut ke dalam pil seperti obat pil lainnya. Namun jika anda termasuk orang yang jijik, ada baiknya menyelipkan semut diantara makanan-makanan yang akan anda konsumsi.

Ada Efek Sampingnya?

Secara logika, sesuatu yang kita konsumsi ada efek samping mau dalam segi positif ataupun negatif, terlebih kondisi tubuh seseorang pun berbeda-beda. Sejauh ini, belum ada orang yang dapat menemukan efek samping negatif bila dikonsumsi sesuai takaran. Maka dari itu, bila kondisi penyakit anda membaik ada baiknya stop penggunaan semut Jepang. Sebelum memulai mengkonsumsi semut jepang, lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli karena semut hanya digunakan sebagai pengobatan alternatif saja.