bisa dibilang juga ini jurusan pertambakan, yang dipelajari bejibun banget..

tapi tenang,, kalo kamu atau pacarmu mahasiswa perikanan, bersyukurlah.

 

1. Ikan? makanan tiap hari

dokumen pribadi

dokumen pribadi via https://www.facebook.com

*chatting*

"kak lagi dimana?"

"sidoarjo dek"

"kakak kapan kekampus? mau hafalan nih kak"

"besok"

baru masuk kuliah, semester satu, sudah disuguhi nama ikan. gurami, nila, lele, tawes, udang? leeewaaat...

harus hafalan nama ilmiah ikan, ya semacem Clarias batrachus,Osphronemus goramy, Oreochromis niloticus,. fiuuh.

belum lagi ngapalin anatomi ikan. haduuuh. kuatkan kami ya Allah. 

Selesai? Masih ada ilmu farmasi, nah kok bisa perikanan ada farmasinya segala?

ya kan ikan makluk hidup juga, bisa sakit. jadilah kita belajar obat buat ikan juga. keren kan?

2. Praktikumnya Subhanallah

dokumen pribadi

dokumen pribadi via https://www.facebook.com

"kalian kenapa sih kalo praktikum malam hari?"

"ya kali ikan bisa disuruh memijah siang hari"

"ooh gitu"

dalam tiap semester pasti ada yang namanya praktikum menginap. judulnya saja menginap, tapi jangan harap bawa bantal. karena gak akan ada waktu buat tidur. apalagi untuk mata kuliah reproduksi ikan, tiap 10 menit pengamatan dibawah mikroskop. mau gimana lagi, ikan memijahnya malam hari sih.

bau amis? resikooo.

jas lab gak bau amis? gabut pasti... tiap kali praktikum sudah pasti yang dipegang adalah ikan, ikan dan ikan lagi. yayalah namanya juga jurusan perikanan.

sabaaar sabaar.

3. Nama tiap angkatan? Unyuuuu

"eh kamu angkatan berapa?"

"Barracuda"

"oh iya kak misi mau numpang lewat"

tiap angkatan selalu punya nama sendiri, biar mudah gitu ngafalinnya.

seperti angkatan 2009 namanya goldfish, angkatan 2010 namanya piranha, angkatan 2011 itu namanya octopus,,2012 itu barracuda, 2013 itu jelly fish, 2014 itu marlin, dan yang terbaru seahorse. lucuu kan.. itu contoh dari nama angkatan punya FPK Universitas Airlangga.

pemberian nama ini gunanya emang untuk memetakan tiap angkatan. jadi kan lucu gitu

4. Kompaknya anak perikanan? jangan ditanya

"kayak lagi pesta"

"bukan, itu final tanding futsal"

"pendukungnya segitu"

"iya dong, perikanan"

naaah entah mengapa arek perikanan itu terkenal kompak, banget. mungkin karena keseringan praktikum nginep bareng kali ya.. hihihi jadi berasa senasib seperjuangannya kental banget.. 

gimana gak kompak kalo jarkoman jalan terus,, komtingnya joss lah kalo bagian ngumpulin temen-temennya.

jangankan buat ngesuport temen tanding, buat kuliah juga kita kompaak banget. kuliah tamu? hadiiir buuu ..

5. peluang kerja? kami bisa bikin peluang looo

"mau kerja dimana nanti?"

"mau kerja di dinas perikanan"

"saingan banyak dong?"

"ya uda bikin tambak aja, kok susah" 

alaah perikanan, mau kerja dimana? jangan salah. peluang kerja buat perikanan itu banyak lo.

indonesia ini kan negara maritim, lautnya luas. eksplorasinya belum maksimal nih. hai arek perikanan, tugas kalian banyaak.

tambak indonesia? juga banyak. jadi? semangat arek perikanan.  

6. ada TIHP dan BP juga lo! terbaik

"kamu jurusan apa?"

"TIHP"

"lah apa tu?"

"tekhnologi industri hasil perikanan"

jadi kalo di Unair itu FPK di bagi jadi dua lagi, penjurusan gitu. ada Budidaya Perairan dan Tekhnologi Indutri Hasil Perikanan. bedanya,, klo BP itu lebih ke pengolahan tambak dan penyakit ikan. nah kalo TIHP lebih kepada pengolahan hasil perikanannya.

eh kita gak cuma ngurusin ikan lo,, kita juga belajar tentang rumput laut, koral, plankton, dan masih banyak lainnya. seru banget lah. 

7. Selain kompak, anak perikanan juga setia lo!

"yank kamu sibuk terus sih?"

"iya sabar, ikanku mau memijah"

"ikan terus, aku kapan diurusin?"

"nanti ya kalo halal"

"so sweet"'

pacarmu arek perikanan? sibuk? sabaar yaaa

 kami bukannya sok sibuk, tapi gimana dong. tugasnyaaa banyak. laporan praktikum inilah itulah. fiuuh.

belum lagi praktikum sejenis nutrisi ikan, manajemen air tawar, reproduksi ikan. gak kenal hari libur, gak kenal jam. lanjuut terus.

nah karena terlalu sibuk itulah kesetiaan kami gak perlu diragukan. hihihi

jangankan buat selingkuh, buat napas lega aja uda syukur Alhamdulillah.

yang jomblo gimana? ya Syukur Alhamdulillah sibuknya jadi bermanfaat.

8. Jalan-jalan? Bisa bangeeet

dokumen pribadi

dokumen pribadi via https://www.facebook.com

"jalan-jalan mulu sih"

"bukan jalan-jalan, itu magang?"

"laaah serius?"

heyaa itu bukan liburan kok, serius. itu magang. magang sambil liburan.

tiap libur semester kita ada yang namanya kegiatan magang, boleh magang dimana aja. gunanya ya nambah pengalaman kerja. biasanya sih dua minggu magangnya. sekalian liburan gitu bagi mereka. 

 

seru kan? kamu minat masuk perikanan? dijamin seru banget.