Merasa canggung berlebihan saat menghadiri sebuah acara memang sudah hal yang biasa bagi orang yang jarang menghadirinya. Tapi, apakah mau terus-terusan merasa canggung saat sedang menghadiri sebuah acara? Bagaimana kalau kecanggungan itu membuatmu jadi bertingkah aneh dan membuat kesan buruk di mata orang lain?

Nah untuk kamu nih yang sering merasa canggung saat menghadiri sebuah acara, beberapa cara berikut ini bisa mengatasinya.

1. Jaga agar tanganmu tetap sibuk

Bisa gunakan smartphone untuk menyibukan tangan via http://www.wokeeh.com

Kamu merasa canggung saat sedang menghadiri sebuah acara? Maka cara terbaik dan pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjaga agar tanganmu tetap sibuk. Jika kamu membawa sebuah smartphone, kamu bisa memainkannya sebentar. Ketika sudah bosan memainkan smartphone, kamu bisa beralih menyibukkan tanganmu dengan benda-benda di sekeliling acara, atau bisa juga benda-benda yang kamu bawa ke acara semisal botol air minum, jam tangan, dan lain-lainnya.

2. Pikirkan topik pembicaraan jika bertemu orang baru yang menyapamu

Pikirkan topik pembicaraan via http://stevenenglander.co.uk

Kebanyakan orang yang merasa canggung saat menghadiri sebuah acara, dan dirinya disapa oleh orang baru untuk sekedar mengobrol, 70% pembicaraan yang terjadi tidak bertahan lama karena orang yang merasa canggung, tidak nyaman berbicara tanpa ada topik yang dipikirkan sebelumnya, atau merasa malu bertatap muka atau berbicara dengan orang yang baru dikenal.

Advertisement

Langkah yang paling bagus untuk kamu lakukan adalah dengan memikirkan sebelumnya sebuah topik pembicaraan. Bisa kamu cari topik-topik yang sedang hangat di internet atau video-video viral yang kamu temui di sosial media. Ketika kamu berbicara suatu topik yang sedang hangat di internet, setidaknya mereka yang berbicara denganmu juga pasti tahu. Dengan begitu pembicaraan bisa bertahan lama, dan kamu pun bisa dapat kenalan baru.

3. Jangan sendirian, cobalah bawa teman atau saudara

Bawa teman, pasangan atau saudara juga bisa via https://nationalpostcom.files.wordpress.com

Ketika perasaan canggung mulai terasa, berbicara dengan orang lain yang tak dikenal juga akan terasa sulit jadinya. Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah membawa seseorang yang kamu kenal untuk ikut datang ke acara yang kamu hadiri, bisa itu membawa saudara, teman, atau pasangan.

Kamu tidak akan merasa sendirian di kerumunan dalam sebuah acara yang kamu hadiri, karena siapapun yang kamu kenal dan kamu bawa ke acara itu bisa kamu ajak mengobrol jika sesaat kamu merasa bosan atau terasa canggung dengan keramaian.

4. Kalau datang sendiri, paling tidak tetap berada di dekat meja makanan atau minuman

Berada di dekat meja makanan via https://id.pinterest.com

Kenapa harus berada di dekat meja makanan atau minuman? Itu karena di sana tempat terbaik untukmu menyesuaikan suasana di acara yang kamu hadiri. Kamu bisa melihat-lihat orang-orang yang berada di acara tersebut dari dekat meja makanan dan minuman, setelah kamu menyesuaikan suasana di sana dan merasa nyaman, maka kamu bisa mulai membaur dengan kerumunan yang ada di acara tersebut. Setidaknya bertemu orang-orang baru. Intinya kamu hanya perlu membuat suasana hatimu nyaman terlebih dahulu diacara tersebut, lalu mulailah membaur agar mendapat kenalan-kenalan baru.

5. Jangan bertingkah aneh, dan jauhi hal-hal yang bisa membuatmu tak nyaman selama di acara

Nyamankan dirimu selama acara berlangsung via http://www.meetechno.com

Ketika kamu merasa tak nyaman di sebuah acara, maka akan sulit nantinya untukmu bisa bertahan lama di sana. Padahal dari sebuah acara kita bisa mendapat kenalan-kenalan baru, dan sudah seharusnya momen seperti itu kamu manfaatkan untuk memperluas jaringan pertemananmu.

Tapi terkadang perasaan tak nyaman suka datang tiba-tiba secara disengaja maupun tidak disengaja yang bisa membuatmu ingin cepat-cepat keluar dari acara untuk pulang ke rumah. Sangat disayangkan jika tidak kamu manfaatkan untuk memperluas jaringan pertemanan. Agar hal ini tak terjadi padamu, maka kamu harus menghindari hal-hal yang bisa membuatmu tak nyaman selama diacara tersebut.

Apa yang membuatmu tidak nyaman disebuah acara? Terlalu banyak makan atau minum sehingga jadi tak enak badan, terlalu menjauh dari kerumunan sehingga tak ada orang yang mau menyapamu untuk sekedar mengobrol, dikuasai perasaan takut untuk memulai sebuah percakapan dengan orang baru, dan lain-lainnya yang bisa membuatmu tak nyaman selama di acara. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Langkah terbaiknya adalah kamu hanya perlu mengusir itu semua dari pikiranmu, dan mulailah menyapa orang baru walau sebelumnya tak ada ide percakapan yang kamu pikirkan. Satu sapaan bisa membuatmu mendapat banyak kenalan. Inti dari semua ini adalah jangan biarkan ketakutanmu untuk bertemu, memulai percakapan, bertatap, dan lainnya dengan orang baru jadi menguasai pikiranmu. Kenalan, mengobrol, lalu jadi teman. Mudah dan tak perlu dibuat menjadi sulit.