Stres itu bisa dikatakan sebagai penyakit masyarakat era modern. Tidak hanya perkara pekerjaan saja, ada juga yang merasa stres karena sekolah, keluarga bahkan media sosial. Jika stres dibiarkan, bisa-bisa kita mengalami depresi atau gangguan kesehatan lainnya. Tidak mau hal itu terjadi bukan? Untuk itu, simak beberapa kegiatan di bawah ini yang sekiranya akan mengurangi sedikit beban di kepala!

1. Olahraga

Olahraga 30 menit sehari selain membuat tubuh sehat dan bugar, ternyata juga bisa mengurangi stres. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setidaknya jalan kaki, jogging atau bersepeda. Namun jika kamu tidak punya kesempatan keluar rumah karena pekerjaan mungkin, kamu juga bisa lakukan olahraga di dalam rumah. Seperti contohnya workout ringan. Tidak perlu jauh-jauh ke gym, di jaman sekarang kamu sudah bisa mengunduh aplikasi trainer di smartphone-mu. Lakukan olahraga ringan setidaknya lima kali dalam seminggu agar kamu lebih mudah terhindar dari stres.

2. Makan sesuatu yang kamu suka

makan es krim via https://www.indresano.com

Coklat, permen, es krim atau apa pun itu jika memang kamu suka, makanlah. Tapi ingat, jangan terlalu banyak. Sambil makan, ada baiknya kamu jangan pikirkan sesuatu yang membuatmu stres. Cukup nikmati saja makanannya.

3. Bermain dengan peliharaan

Advertisement

bermain dengan peliharaan via https://www.tportal.hr

Jika kamu punya peliharaan, penting untukmu bermain dengannya. Bermain-main sejenak dengan hewan peliharaan ternyata mampu membuat stresmu berkurang. Bicaralah pada hewan peliharaanmu, keluarkan semua unek-unek yang ada di hatimu. Peliharaanmu tidak akan memberitahukan semua masalahmu pada orang lain, dia hanya mendengarkan dan tidak akan mencoba menghakimimu.

4. Menikmati teh atau kopi

minum teh dulu via http://www.wallcoo.net

Di saat kamu merasa penat dengan semua urusan, berhentilah sejenak, dan minumlah minuman hangat favoritmu. Seperti contohnya teh atau kopi. Menikmati minuman hangat sambil melihat alam di sekitar setidaknya mampu membuat ketegangan dalam dirimu berkurang. Jangan pikirkan apa pun, cukup nikmati suasananya.

5. Melakukan hobi

membaca buku via https://s3.favim.com

Jangan remehkan hobi. Meskipun hobi terkadang tidak membawa keuntungan berupa uang, hobi sebenarnya membawa keuntungan bagi kesehatan psikis kita sendiri. Jika kalian benar-benar sudah penat dengan urusan pekerjaan kantor, sekolah atau apapun itu, sisihkan waktu untuk melakukan hobimu. Seperti menonton film, membaca buku, memasak, menggambar, memancing, dan lain sebagainya. Bagaimanapun juga hobi adalah suatu kegiatan yang akan memberikan kepuasan bagi kita sendiri.