Banyak orang bilang kalau jaman sekarang ini jamannya makin susah, kehidupan sekarang yang semakin hari yang semakin kompetitif. Terlebih lagi buat kamu-kamu yang setiap harinya banting tulang bekerja, itu pun terkadang masih mengeluh dan gelisah masalah uang yang pada akhirnya berujung pada satu kata yaitu berhutang.

Padahal kamu sendiri tentunya kepingin hari esok yang bisa tidur nyenyak, bahagia, tentram dan damai sejahtera. Maka melalui postingan ini bakalan berbagi sepenggal kisah pengalaman pribadi bagaimana caranya ngatur penghasilan yang agan peroleh biar nggak langsung ludes dan bisa bermanfaat di hari yang akan datang.

Kuliah, Rumah, atau Mobil ?

Dalam jangka waktu dekat ataupun jangka panjang, tentu kamu sudah punya list tujuan yang setiap orang tentunya berbeda-beda. Mungkin dari kamu sudah ada yang berencana mau lanjutin kuliah S1, atau bisa jadi kamu sudah mikirin mau punya rumah/mobil dulu sebelum menikah. Tapi balik lagi, untuk ngejalanin itu semua nggak gampang. Kalau nggak punya duit gimana, Bro?

Ini dia langkah jitu yang mungkin bisa kamu terapkan biar masa depan nggak terjerat masalah keuangan. 

 

1. Ketika godaan diskon datang, ingatlah bahwa besok kamu masih butuh pulsa, bensin dan makan

Pastinya kamu nggak ingin tergolong pekerja yang memiliki gaji 15 Koma, yang artinya gajian tanggal 1, tanggal 5 sudah koma alias bokek! Makanya kamu harus pintar-pintar ngerem setiap pengeluaran, kamu wajib ingat karena gajian bulan depan masih panjang. Jangan selalu mengikuti hawa nafsu dan mudah tergoda akan embel-embel diskon gede.

Kebutuhan lain seperti makan, pulsa dan bensin jauh lebih penting!

2. Sesekali, boleh lah belanja atau nonton di bioskop. Tapi, tetap budayakan hidup ngirit, ya!

sumber image

sumber image via http://www.stethnews.com

Nggak semua yang kamu mau itu harus dibeli, lho. Meskipun kamu baru terima gaji bulanan ataupun sekarang sedang banyak uang, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba membudayakan hidup dengan mempertimbangkan dalam membelanjakan uang agar tepat secara kebutuhan dan manfaatnya.

3. Kalau perlu, catat semua pendapatan dan pengeluaran dengan detail. Ini penting supaya kamu tahu seberapa kemampuanmu

sumber image

sumber image via http://papasemar.com

Ini merupakan salah satu langkah paling jitu dalam perencanaan keuangan yang nantinya bakal benar-benar bermanfaat untukmu. Kamu dapat mulai mencoba mencatat dan menghitung antara besarnya pendapatan dan pengeluaran yang kamu lakukan. Dan apabila gaji sekarang emang belum mencukupi, mungkin kamu butuh sedikit ekstra agar mencoba peluang lain untuk menambah penghasilan.

4. Nabung, nabung dan nabung! Satu kata sederhana, tapi di akhir akan penuh makna

sumber image

sumber image via http://bmtnusantara.com

Mulai sekarang kamu harus menyisihkan penghasilan yang kamu peroleh untuk ditabung, Kamu bisa mulai menabung sesuai dengan kemampuan masing-masing. Menabung ini merupakan salah satu perencanaan keuangan yang nantinya uang tersebut bisa kamu gunakan di lain hari ketika memang sedang membutuhkan uang, apa lagi buat kamu yang mau ngelanjutin kuliah ke jenjang yang lebih tinggi wajib ada persiapan dari sekarang!

5. Buat jaga-jaga, kamu pun sudah bisa ikut program asuransi

Sumber Image

Sumber Image via http://tipfinance.org

Hari ini kita sehat walafiat masih bisa ketawa ketiwi nongkrong di Hipwee, tapi besok kita tidak tahu bakalan seperti apa. Apalagi buat kamu yang seorang kepala rumah tangga dan jadi tulang punggung menghidupi keluarga, amit-amit sih.

Kalau terjadi sesuatu hal yang nggak diinginkan, bagaimana dengan nasib anggota keluarga yang ditinggal? Segala perubahan yang terjadi di hari esok bisa kejadian karena tindakan kecil yang kamu ambil sekarang ini, ya kan? Bergabung dengan ikutan asuransi bisa jadi langkah bijak yang bisa kamu tempuh untuk membangung hari esok yang lebih baik, terlebih lagi sekarang ikutan asuransi tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup dengan apply secara online sehingga bikin lebih gampang.

Itulah sederet hal yang bisa kamu aplikasikan, semoga bermanfaat. Kalau menurut kamu, apakah ada hal lain yang wajib dilakukan setelah terima gaji bulanan? Jangan lupa untuk komentar dan tambahin agar semakin lengkap.