Dunia dengan ragam bangsa di dalamnya, punya ribuan suku dengan jutaan budaya yang berbeda, satu per satu punya keunikan yang masing-masing yang tidak bisa untuk diperbandingkan. Sama seperti sifat manusia, ragam suku dan budaya menjadikan tiap orang di dalamnya menjadi pribadi-pribadi yang istimewa. Saking istimewanya diri kita masih saja tuh ada yang iri, padahal orang yang iri itu pun punya keistimewaan lain yang juga tidak kita punya.

 

1. Setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan

sang pemenang

sang pemenang via http://google.com

Satu perguruan tinggi, terdiri beberapa fakultas, setap fakultas punya beberapa jurusan, satu jurusan punya beberapa konsentrasi. Kita ambil contoh kelas melukis, yang di dalamnya adalah orang-orang yang jago melukis, lantas apa istimewanya? Toh sama-sama bisa melukis? Setiap orang di kelas tersebut sama istimewanya, ada yang melukis gaya abstrak, gaya realisme, naturalisme dan sebagainya. Dengan keistimewaan itu bukan dengan saling iri atas kelebihan yang lain tapi saling menguatkan atas sisi lebih yang kita punya, agar makin istimewa. 

2. Pikiran adalah satu sisi spesial dari diri kita

otak manusia luar biasa

otak manusia luar biasa via http://google.com

Pikiran adalah keistimewahan yang dipakai manusia untuk memilih sesuatu dari beberapa alternatif dan menentukan pilihan pada hal yang menguntungkan bagi diri kita juga orang lain. Yang paling penting adalah kita harus mampu menggunakan pikiran kita di jalan yang positif. Bukan malah memikirkan hal-hal buruk yang nantinya hanya akan membuat kita kecil dan semakin minder. Seperti yang kita tahu kurang lebih porsi terbesar dalam tubuh manusia adalah air, tahukan sifat air gimana? Air yang dicampur bubuk kopi akan menjadi hitam, dan jika dicampur bubuk susu vanila akan menjadi putih. Yapss sifat air mengikuti apa yang dicampurkan padanya. Seperti diri kita, apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi kelakuan kita, so let's be positive thingking guys. 

3. Apa sih istimewanya aku? Keistimewaanku adalah menjadi diriku sendiri

aku bangga menjadi diriku sendiri

aku bangga menjadi diriku sendiri via http://kompasiana.com

Just be your self ya guys. Lingkungan tempat kita tinggal, belajar ataupun bekerja akan mempengaruhi cara kita untuk berpikir dan bertingkah laku. Dari pengaruh-pengaruh yang mampir dalam hidup kita gak lantas membuat kita ngikuti semuanya. Kita tetap harus punya batasan dan prinsip yang wajib kita ikuti tanpa harus berseberangan arus dengan lingkungan kita. Contoh gampangnya gini nih, saat teman-teman kita ngajakin shopping tas branded padahal budget kita sudah minim, kita tetap harus tegas kepada mereka mengatakan tidak untuk shopping kali ini. Selain kita sudah jadi pribadi yang jujur, teman kita pasti akan lebih menghargai kita karena kita sudah jadi diri kita sendiri saat mengatakan yang sebenarnya.

4. Tetap tenang dalam segala situasi

Tetap tenang dalam segala situasi

Tetap tenang dalam segala situasi via http://blogspot.com

Terkadang kesalahan terbesar orang yang minder alias pemalu adalah kurangnya pengendalian diri. Terutama jika berada dalam situasi yang tertekan dan asing. Kita pasti akan merasa grogi, cemas, salah tingkah, berkeringat . Keep cooling guys, sebenarnya hal itu bisa diatasi dengan beberapa tips ringan. Mengambil nafas dalam dalam dan menghembuskannya secara perlahan akan membuat kita merasa sedikit lebih rileks dan tenang. Singkirkan pikiran negatif kamu mengenai apa yang sedang kamu hadapi. Semua akan berjalan biasa-biasa saja, dan hal negatif  itu hanya ada dalam pikiran kita saja.

5. Bersyukur akan meningkatkan kadar istimewa diri kita

manfaat besar jika kita selalu bersyukur

manfaat besar jika kita selalu bersyukur via http://vemale.com

Sebelum terlahir, ada proses perjuangan yang luar biasa. Ratusan juta sel sperma menjalani perjuangan yang berat untuk menuju satu sel telur. Mereka harus bersaing agar dapat membuahi sel telur tersebut. Hanya ada satu yang dapat bertahan dan membuahinya sebagai pemenang. Itulah kita yang terlahir ke dunia saat ini. Sesungguhnya kita semua yang terlahir ke dunia ini adalah orang-orang pilihan. Orang-orang istimewa yang dilahirkan sebagai seorang pemenang. Ingatlah bahwa kita semua istimewa. Syukuri keistimewaan itu dengan berupaya menjadi manusia yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain. Sekecil apapun kemampuan yang kita miliki, bisa menjadi sangat berarti bagi orang lain jika kita bisa menggunakannya dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa bersyukur ya guys.