Demam "Descendants of The Sun" sempat menjangkit para penikmat drama Korea Selatan. Saking populernya, drama ini ditonton oleh orang-orang dari berbagai negara Asia -- termasuk Indonesia -- dan bahkan sampai ke Eropa. Di Indonesia, Descendants of The Sun berhasil mencuri perhatian para penontonnya. Selain karena ceritanya yang menarik, penonton juga disuguhi penampilan aktor - aktris kondang Korea Selatan yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik sehingga bisa buat cuci mata.

Sebagai fans drama ini, mungkin sempat terbesit dipikiranmu tentang bagaimana jika karakter-karakter dalam Descendants of The Sun diperankan oleh artis Indonesia? Siapa ya yang kira-kira pantas memerankannya? Meski hanya sebatas khayalan tapi deretan artis ini barangkali yang cocok memerankannya.

1. Charming, gesit, sekaligus humoris, Yoo Shi Jin sepertinya cocok jika diperankan oleh Fedi Nuril

Fedi Nuril via http://alchetron.com

Sosok kharismatik Fedi Nuril dengan paras ganteng tipikal idaman para wanita bisa didapuk sebagai Yoo Shi Jin yang dalam drama aslinya diperankan oleh Song Joong Ki. Karakter Yoo Shi Jin digambarkan sebagai pria paket lengkap, tidak hanya memiliki keberanian tinggi saat mengerjakan misi militer namun juga pandai dalam melangkah, penyayang dan kadang-kadang suka bercanda. Untuk ukuran Fedi Nuril, kemampuan aktingnya pasti akan sangat membantu jika memerankan tokoh ini.

Fedi juga pernah membintang film berjudul "Doea Tanda Cinta" dimana dirinya berperan sebagai seorang Taruna AKMIL sampai jadi tentara pasukan khusus pada film itu. Wah bisa jadi nilai plus nih kalau main peran ini! Pembawaan Fedi juga as casually as Yoo Shi Jin. Ngga melulu kaku dan serius, karakter dalam film komedi pun pernah ia mainkan seperti di film "Shy Shy Cat". Jadi Fedi Nuril sepertinya aktor Indonesia yang cocok memerankan Kapten Yoo a.k.a Big Boss yang smart, funny and mysterious.

2. Julie Estelle pantas memerankan Dokter Kang Mo Yeon yang cantik dan tegas

Julie Estelle via http://kapanlagi.com

Advertisement

Kang Mo Yeon yang diperankan Song Hye Kyo ini digambarkan sebagai seorang dokter wanita yang memiliki kemampuan besar dalam pekerjaannya, tegas, penuh percaya diri, pandai berbicara, serta prinsipnya kuat, dan cenderung bossy. Jika tokoh Kang Mo Yeon diperankan oleh aktris Indonesia, Julie Estelle bisa menjadi pilihannya. Julie Estelle sama cantiknya seperti Song Hye Kyo. Peran Julie di berbagai film rata-rata juga menggambarkan karakter yang tegas dan berprinsip, misalnya di film "Kuntilanak" dan "The Raid 2". Soal akting, kedua aktris tersebut telah masuk kategori aktris kelas A di negaranya masing-masing. Selain itu, kalau dilihat-lihat face mereka juga setipe lho.

3. Denny Sumargo yang pembawaanya cool dan kalem sesuai nih kalau jadi Seo Dae Young

Denny Sumargo via http://showbiz.liputan6.com

Tentu masih ingat sosok Denny Sumargo yang pernah muncul dalam film box office Indonesia "5 cm". Pria ganteng ini merupakan sosok yang humble, pribadi yang hangat, menyenangkan, dan wise tipikal pria dewasa baik hati. Aktor ini bakal match kalau memerankan karakter Seo Dae Young yang aslinya dibintangi oleh Jin Goo.

Seo Dae Young dalam drama digambarkan sebagai tentara yang tangguh, bijak, berdedikasi tinggi namun berhati lembut, apalagi kalau menyangkut urusan kekasihnya. Ini tidak jauh berbeda dengan karakter Denny Sumargo dalam film "5 cm", kan? Walaupun berperawakan tinggi besar, Jin Goo maupun Denny Sumargo tampaknya emang sesuai untuk memerankan karakter pria yang sulit mengekspresikan dirinya secara bebas dan lebih memilih menyimpan apa yang dirasakannya dalam hati.

4. Kimberly Ryder tampaknya cocok memerankan Yoon Myeong Ju. Coba perhatikan, senyum dan alisnya aja mirip!

Kimberly Ryder via http://wowkeren.com

Sebagai anak perempuan satu-satunya dari seorang Letnan Jenderal Angkatan Darat Korea Selatan, Yoon Myeong Ju tampil menjadi karakter wanita yang pemberani, percaya diri tinggi namun juga keras kepala. Letnan Yoon diperankan oleh aktris cantik Kim Ji Won, tampangnya memang agak sinis dan sombong tapi kecantikannya bisa menawan pria-pria yang memandangnya. Kalau diperankan aktris Indonesia, Kimberly Ryder akan cocok untuk memainkan tokoh ini. Perannya agak mirip sih dengan karakter Kimberly di film "Winter in Tokyo", tampak ketus dan keras kepala, hanya saja senyumnya begitu manis bak seorang peri.

5. Ganteng-ganteng seram, peran Ryan Agus ini bisa diberikan kepada Arifin Putra

Mirip ya? via http://arifinputra.com

Untuk memerankan karakter antogonis Ryan Agus dalam Descendants of The Sun, aktor Indonesia bernama Arifin Putra ini pasti jago. Bintang film "Rumah Dara" ini pernah berakting menjadi seorang tokoh bengis dan tidak segan-segan membunuh para korbannya tanpa rasa belas kasihan di film tersebut. Ia juga pernah berperan sebagai anak bos mafia dalam film "The Raid 2". Tampangnya Arifin aja serupa dengan si David Lee Mclnns pemeran Ryan Agus, sama-sama tipikal ganteng-ganteng seram. Jadi Arifin pasti sudah tidak asing lagi dong kalau ditawari main film permafiaan atau menjadi bos gangster.

6. Dokter Song Sang Hyun yang humoris, Mathias Muchus bisa jadi pemainnya

Mathias Muchus via http://kapanlagi.com

Peran Song Sang Hyun, dokter senior yang selalu kelihatan bersemangat di segala suasana ini diperankan oleh Lee Seung Joon. Dokter Song karakternya santai — malah jarang terlihat serius, supel, seringkali mencairkan suasana, suka bercanda sekaligus iseng, dan tentunya hanya mencintai satu wanita dalam hidupnya. Jika diperankan aktor Indonesia, karakter ini bisa diberikan kepada Mathias Muchus. Aktor kawakan ini sebenarnya bisa memerankan karakter apapun dan telah memilki track record yang cukup tinggi dalam dunia akting. Kenapa cocok? Karena Tipikal Mathias Muchus tidak jauh berbeda dengan karakter Song Sang Hyun, santai dan humoris.

7. Prisia Nasution yang berwajah sinis pantas nih jadi pemeran Dokter Pyo Ji Soo

Dokter Pyo via http://twitter.com

Dokter Pyo Ji Soo adalah sahabat Kang Mo Yeon. Meski mimik wajahnya sinis dan judes namun karakter yang dimainkan Hyun Jyu Ni ini menggambarkan wanita yang setia kawan. Dia selalu ada di sisi Kang Mo Yeon dalam keadaan sedih maupun senang, dalam jarak dekat maupun jauh. Barangkali aktris Indonesia yang pantas memainkan karakter semacam itu adalah Prisia Nasution. Raut wajahnya sama-sama sinisnya, dingin dan seolah-olah membuat orang yang baru kenal bakal sungkan untuk menyapa. Mungkin udah biasa bagi Prisia untuk berakting sebagai wanita berwatak dingin nan tangguh seperti perannya di film "Comic 8: Casino Kings".

8. Karakter dokter muda Lee Chi Hoon yang ekspresif dan penuh gairah mungkin cocok kalau yang memerankan Rangga Sm*sh

Lee Chi Hoon adalah dokter muda yang tergabung dalam tim medis Rumah Sakit Haesung. Secara tampilan fisik, Lee Chi Hoon selalu tampak rapi dan bersih, ia membenci hal-hal yang tidak higenis. Diperankan oleh Onew Shinee, karakter dokter ini selalu ekspresif, penuh gairah, sedikit konyol tapi sering galau dan di tengah-tengah episode banyak perannya yang sendu berurai air mata. Untuk peran seperti itu, aktor Indonesia Rangga Sm*sh bisa jadi pilihannya. Rangga yang berjiwa muda dan ekspresif sekaligus bermuka manja itu tampaknya setipe dengan karakter Lee Chi Hoon tersebut.

9. Daniel Spencer dapat diperankan oleh si ganteng Boy William

Sama-sama ganteng via http://daman.co.id

Tidak kalah keren dengan karakter Yoo Shi Jin dan Seo Dae Young, kehadiran Daniel Spencer sebagai dokter blasteran tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan dalam dramanya, Daniel Spencer yang diperankan oleh Jasper Cho ini juga dikagumi oleh banyak wanita di Uruk. Tampangnya cool, tidak banyak bicara, pribadi yang lembut, dan pekerja keras. Seumpama diperankan aktor Indonesia, Daniel Spencer kayaknya tipikal Boy William banget. Sosok ganteng Boy juga seringkali diidolakan para kaum hawa. Walaupun ber-image santai dan cenderung cengengesan, Boy nyatanya pernah melakoni akting yang membuatnya tampak lembut dan lebih serius seperti dalam film "Di Balik 98".

10. Aktris Laura Basuki sepertinya pas kok memerankan tokoh Ri Ye Hwa

Laura Basuki via http://kapanlagi.com

Ri Ye Hwa diperankan oleh Jeon Soo Jin dalam Descendants of The Sun. Ia menjadi salah satu suster relawan di wilayah perang, sama seperti kekasihnya Daniel Spencer. Dalam beberapa scene, sosok Ye Hwa digambarkan sebagai wanita muda yang lincah dan keren tapi terkesan sinis, terlepas dari apa yang dilakukannya sebenarnya sebuah pekerjaan mulia.

Bintang Indonesia Laura Basuki sepertinya akan pas bila memerankan karakter Ye Hwa. Laura Basuki, di balik parasnya yang anggun, sebetulnya juga berbakat untuk berakting menjadi sosok yang lincah dan aktif. Ditambah lagi, perawakan Laura Basuki tidak jauh berbeda dengan Jeon Soo Jin. Tipe-tipe wanita oriental dengan tubuh tinggi dan langsing ala model.

11. Tipikal gadis imut seperti Brigitta Cynthia sesuai kalau memerankan Choi Min Ji

Brigitta Cynthia via http://twitter.com

Suster Choi Min Ji muncul sebagai sosok imut, berparas manis, selalu bersemangat dan pekerja keras. Karakter yang diperankan Park Hwan Hee ini menggambarkan seorang suster yang bekerja sepenuh hati dengan semangat mudanya. Wajahnya Choi Min Ji tampak innocent sekaligus menggemaskan. Jika karakter ini diperkan aktris Indonesia, kira-kira yang pantas adalah Brigitta Cynthia atau yang lebih dikenal sebagai Gigi Cherrybelle. Gigi memiliki paras yangs sama manisnya dengan Park Hwan Hee dan karakter personil Cherrybelle itu rata-rata ber-image cute pasti pas buat tokoh ini.

12. Pemeran Jin Young Soo kelihatannya setipe sama Adipura, akting antagonisnya pasti bikin penonton kesal

Saat menonton drama ini, pasti kesel banget dengan yang namanya Jin Young Soo, seorang Chief Manager dari Uruk Electric Power Corporation. Kerakter yang dimainkan oleh Jo Jae Yoon ini sungguh menyebalkan karena sifatnya yang licik, serakah, dan egois. Jo Jae Yoon berhasil menjadi sosok yang dibenci lewat aktingnya dan bahkan dinobatkan sebagai penjahat nasional.

Kalau aktor Indonesia, yang biasa melakoni karakter seperti ini adalah Adipura. Dari zaman sinetron era 90-an, Adipura sering mendapat karakter antagonis, orang yang licik, pembunuh atau semacamnya. Dia pun juga berhasil mengoyak emosi penonton ketika dirinya tampil seperti itu.

13. Berwajah bule sexy, Marissa Nasution cocok banget untuk karakter Valentine

Marissa Nasution via http://molsumsel.com

Ada sosok cantik berawajah bule dan bertubuh sexy di Descendants of The Sun yang bernama Valentine. Peran ini menggambarkan seorang wanita cantik yang berprofesi sebagai waitress cafe, gayanya sedikit genit namun tampak elegan, dan tentunya baik hati. Tokoh ini diperankan oleh Elena Zhernovaia. Sepintas paras Elena seperti tidak asing dan jika diamati mirip banget sama aktris Indonesia yaitu Marissa Nasution. Mulai dari wajah, postur tubuh sampai gaya bicaranya pun mirip. Bisa jadi Marissa Nasution menggantikan Elena Zhernovaia kalau ada casting ulang buat drama ini.

14. Menteri Luar Negeri Lee Han Soo sepertinya cocok seumpama diperankan Teuku Rifnu Wikana

Lee Han Soo via http://google.com

Aktor laga Teuku Rifnu Wikana kelihatannya cocok memerankan Menteri Luar Negeri Lee Han Soo, yang aslinya diperankan aktor Kwak In Joon. Berperan sebagai menteri yang pandai bernegosiasi dan memiliki prinsip-prinsip yang kuat dalam politiknya, bakalan pas bila dimainkan aktor yang pernah berperan sebagai Jokowi ini. Teuku Rifnu Wikana pun punya kharisma yang khas, cocok deh jadi bapak-bapak pejabat.

15. Wajah sangar Donny Alamsyah pas untuk memerankan Ahn Jung Joon

Karakter Letnan Senior Ahn Jung Joon, tentara Korea Utara, yang kemunculan pertamanya menjadi musuh Kapten Yoo ini cukup berpengaruh walau hanya cameo di drama. Ahn Jung Joon yang diperankan Ji Seung Hyun merupakan sosok yang pandai bertarung, tangguh serta memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi.

Jika diminta untuk memilih aktor Indonesia untuk memerankan karakter ini, pilihannya jatuh pada Donny Alamsyah. Aktor berwajah sangar satu ini kerap tampil dengan karakter tangguh dalam film-filmnya mulai dari fil Merantau, The Raid: Redemption, 9 Naga, Sang Dewi, sampai The Raid: Berandal. Tipikal orang yang nggak takut darah dan nggak punya rasa takut, persis sama karakter Ahn Jung Joon.