Bagi kamu yang menggilai Sherlock Holmes, pasti tidak asing lagi dengan London, 221B Baker Street, Waterloo Station, dan segala bentuk British Culture yang ‘Sherlock banget’. Namun, apa jadinya jika serial Sherlock Holmes jauh dari semua itu? Tidak ada Baker Street, tidak ada Waterloo Station, dan tidak ada London di dalamnya? Akan hambar bukan?

Mungkin, kamu perlu menonton serial TV Sherlock Holmes: Elementary. Di sana kisah high functional sociopath itu ditampilkan secara ‘New York banget!’. Meskipun cuma ada secuil London yang membersamai kisahnya, namun serial TV yang ditayangkan perdana pada tahun 2012 ini worth it untuk ditonton, sembari menunggu Sherlock Holmes BBC Series Season 4 yang baru akan tayang 2017 nanti.

Kamu juga perlu tahu, bahwa ada beberapa ‘kejutan’ yang membedakan antara serial ini dengan serial Sherlock Holmes yang lainnya  Yuk Sherlockian, ada apa aja sih kejutan yang Elementary berikan untuk penggemar Sherlock Holmes di seluruh penjuru dunia?

1. dr. Watson

dr. Joan Watson via http://bakerstreet.wikia.com

Jika di serial maupun film dr. Watson diperankan oleh laki-laki yaitu Jude Law ataupun Martin Freeman, kamu akan dibawa untuk melihat bahwa dr. Watson juga bisa hidup apabila diperankan oleh seorang perempuan. Yak, Lucy Liu mendapatkan kepercayaan untuk memerankan salah satu tokoh utama dalam cerita Sherlock Holmes Elementary ini. Di sana, ia menjadi seorang sober companion, yang bertugas untuk menemai client-nya yang dalam masa rehabilitasi pasca mengonsumsi narkoba. Akting dari Lucy Liu tidak diragukan lagi, ia bisa mengimbangi akting pemeran Sherlock dan menjadi consulting detective pada akhirnya.

2. Moriarty

Jamie Moriarty via http://tv.com

Oh, siapa sih yang nggak kenal sama sosok ini? Sosok menyebalkan yang terus bermain dengan Sherlock tanpa bosan? Jika pada serial BBC ia diperankan oleh Andrew Scott yang kurang ajar berkharisma tapi tetep nyebelin itu, di serial ini kamu bakalan dikejutkan (lagi) dengan tokoh yang diperankan oleh perempuan. Yak, Jamie Moriarty. Di sini sosok Moriarty diperankan oleh Natalie Dormer yang cantik dan elegan.

3. Irene Adler

Advertisement

Oh, Irene… via http://tumblr.com

Irene Adler merupakan satu-satunya wanita yang mampu menaklukkan Sherlock. Baik difilm maupun di serial BBC, Irene Adler ini cukup membuat gemas karena berhasil mengecoh Sherlock dan membuatnya jungkir balik. Namun, kamu mungkin akan geleng kepala dengan ide menyambungkan Irene Adler dengan Moriarty menjadi satu tokoh yang sama pada Elementary Series ini.

4. Mycroft Holmes

Mycroft Holmes via http://keyword-suggestions.com

Sosok Mycroft digambarkan sedikit sombong namun tetap elegan. Ia memiliki segala akses yang diperlukan oleh Sherlock pada setiap kasusnya. Pada serial BBC sosok Mycroft diperankan oleh Mark Gatiss, yang tidak lain adalah penulis kembali karya Sir Arthur Conan Doyle itu bersama Stefen Morfat. Nah, pada Elementary ini, sosok Mycroft diperankan oleh Rhys Ifans. Memang sih tetap elegan, namun ia terlihat kurang sombong dan…mohon maaf sedikit botak.

5. Sherlock Holmes

Tokoh utama yang mempunyai kemampuan memecahkan kasus kriminal ini memang nggak ada duanya. Kemampuannya untuk menganalisis memang di atas rata-rata. Tidak hanya itu, kebiasaan Sherlock yang kerap berbicara dengan cepat menjadi salah satu ciri khas yang tidak bisa lepas darinya. Selain itu, kesukaannya bermain biola juga menambah satu dari sekian talenta yang ia miliki. Sherlock Holmes ini diperankan oleh aktor-aktor berbakat dunia. Mulai dari Robert Downey Jr., Benedict Cumberbatch hingga Jonny Lee Miller. Nah, tahukah kamu bahwa Cumberbatch dan Miller ternyata adalah kawan lama. Mereka sebelumnya dikenal melalui produksi Frankenstein pada tahun 2011.