1. 1. Membuat list mimpi dan ditempel di tempat yang mudah terlihat

Mimpi itu harus ditulis dan dibaca setiap hari via https://dreambigliveboldly.com

Kadang rutinitas membuat kita lupa bahwa dulu sekali kita pernah punya mimpi besar, salah satu hal mudah yang dapat kita lakukan adalah membuat list mimpi dan ditempel di tempat yang mudah terlihat, misal : di toilet, tepat di depan closet agar pas buang air besar bisa sambil merenungkan mimpi, hehe… Jangan lupa update dan beri tanda apabila salah satu list mimpi terwujud, jika memungkan adakan celebration untuk diri sendiri.

Namun, jika menurutmu kamu sudah sering, bahkan bertahun-tahun melakukan hal ini namun mimpi belum juga nampak realisasinya maka jangan mudah putus asa itu adalah kuncinya, review hambatan yang membuat mimpimu belum tercapai. Berusaha jujur terhadap diri sendiri dan menanyakan ulang apakah kamu yakin akan mimpimu tersebut?

Saya sendiri mulai rajin menulis mimpi dan menempelnya saat masih kuliah S1 di Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 2015. Waktu itu bermula dari keinginan untuk mengurangi beban orang tua saya bertekad untuk lulus cepat dan berpredikat cum laude. Saya menulisnya dan taaraaa terwujud, saya lulus tepatnya 3 tahun 8 bulan dengan cum laude. Ketagihan akan menulis mimpi dan terwujud, saya lanjutkan hingga bertahun-tahun kemudian banyak mimpi saya terwujud, meskipun belum semuanya. Beberapa mimpi saya yang sudah terwujud antara lain, langsung bekerja selepas kuliah S1, melanjutkan studi S2, jalan-jalan ke luar negeri (meskipun masih level ASIA), membiayai pernikahan dengan biaya sendiri, dan banyak hal lain.

2. 2. Menciptakan lingkungan yang mendukung mimpi

You are the average of the five people you spend the most time with, choose carefully – Jim Rohn via http://google.com

Advertisement

Bergabung dalam komunitas, ini merupakan hal paling mudah untuk menciptakan lingkungan yang mendukung mimpi. Aktif dalam komunitas yang sesuai mimpi membuat kita dipaksa update, terpacu dan selalu diingatkan atas mimpi kita. Kemudian timbul pertanyaan, bagaimana bisa menemukan komunitas yang pas? Mudah sekali, di era digital ini banyak pertanyaan yang bisa dijawab oleh google.

Tinggal search komunitas apa yang sesuai dengan mimpi kita kemudian mulai cari tahu berita-berita mengenai komunitas tersebut. Apabila sudah yakin, tinggal daftar dan gabung. Kebanyakan komunitas berbiaya murah jika dibandingkan dengan kursus, tak sedikit pula yang gratis, bahkan kita bisa berkesempatan dipertemukan dengan banyak orang-orang hebat yang lebih dulu meraih mimpi mereka.

Beberapa komunitas yang dapat dikuti, misal : Komunitas Akademi Berbagi buat yang bermimpi menjadi pengajar), belajar public speaking melalui komunitas Jakarta Bahasa toastmasters, mau jadi penulis dapat gabung di komunitas Forum Lingkar Pena (FLP), suka dengan anak-anak dan pendidikan bisa join dengan komunitas Serambi Inspirasi, suka dengan seni bisa rajin-rajin maen di Komunitas Salihara dan masih banyak lagi.

3. 3. Perkatakan mimpimu

Perkataan adalah doa via https://cdn.pixabay.com

Bercerita ke sahabat, pasangan atau keluarga terdekat tidak ada salahnya. Selain mengurangi beban, mereka juga dapat membantu mengingatkan akan mimpi tersebut apabila kita mulai melenceng jauh atau bahkan stagnan. Namun, perlu pilih-pilih juga orang yang kita ajak sharing, harus yang mengenal kita dan positif.

Jangan sampai niat kita dikembalikan dalam bentuk bully atau ejekan apabila mimpi kita tak kunjung tercapai, itu malah menambah beban dan membuat kita patah semangat. Memperkatakan mimpi setiap hari pada diri sendiri, di depan cermin misalnya, juga berpengaruh positif. Membuat alam bawah sadar secara tidak langsung merekam dan membantu fokus pada hal-hal untuk mencapai mimpi.

4. 4. Upgrade diri

Belajar dan terus belajar untuk meningkatkan diri. via https://cdn.pixabay.com

Apabila mimpi dirasa masih sangat jauh, coba kita mulai memantaskan diri. Jangan-jangan kemampuan kita masih jauh di bawah spesifikasi untuk meraih mimpi kita. Jika hal ini terjadi maka hal yang dapat dilakukan adalah upgrade diri. Banyak hal untuk upgrade kemampuan kita, antara lain dengan membaca, mengikuti kursus, atau dapat melanjutkan sekolah yang mendukung mimpi kita tersebut. Jangan khawatir tentang biaya yang dikeluarkan, asal kita fokus dengan mimpi maka akan muncul banyak ide-ide untuk upgrade diri.

5. 5. Berdoa

Doa orang benar jika yakin didoakan besar Kuasanya. via https://cdn.pixabay.com

Terakhir namun yang paling penting adalah berdoa. Berdoa adalah salah satu cara berkomunikasi dengan Tuhan, selain jujur dengan diri sendiri, jujur dengan Tuhan adalah yang terpenting. Coba buka hati, telinga, dan pikiran lebih lagi. Apabila memang sudah bertahun-tahun mimpi kita tidak kunjung terwujud, mungkin ada yang salah, entah itu kita kurang gigih meraih mimpi atau memang Tuhan memiliki rencana lain yang lebih baik lagi.

Jangan mudah berputus asa dan selalu ingat, Tuhan punya rencana indah pada waktunya. Hingga saat ini sudah tidak terhitung mimpi-mimpi yang terwujud berkat mujizat doa dan lebih takjub lagi mendapatkan jawaban doa dari Tuhan yang tidak sesuai mimpi namun hasilnya sukacita melebihi mimpi terwujud.