Setelah putus jangan biarkan emosi untuk harus punya pacar kembali mempengaruhimu. Janganlah ceroboh untuk mengambil keputusan ini jika dirimu saja belum siap untuk berpacaran kembali. Berhati-hatilah setiap kali mengambil keputusan atau kamu akan berakhiran layaknya seekor keledai yang jatuh di lubang yang sama. Berikut 6 tanda yang bisa membantu kamu yang sedang dalam keadaan bimbang.

 

1. Kamu masih susah percaya bahwa akan ada orang yang akan menyayangimu kelak

tidak percaya

tidak percaya via https://www.pinterest.com

Setelah patah hati, kamu pasti cenderung menjadi skeptis terhadap lawan jenis dan punya krisis kepercayaan. Itu wajar kok, bukan sesuatu yang harus kamu takutkan. Masih susah percaya pada orang lain adalah tanda kalau kamu memang belum siap pacaran lagi.

Suatu hubungan pada dasarnya memang harus didasari rasa percaya terhadap satu sama lain, maka dari itu jika kamu belum siap alangkah baiknya tidak usah terburu-buru punya pengganti hanya karena kamu takut kesepian.

Justru, jika kamu bersikeras untuk punya pacar padahal hati kecil kamu masih susah untuk percaya orang lain, well, yang ada pacarmu nanti hanya menjadi korban rebound alias pelarian kamu, lho.

2. Kamu selalu bilang ke sahabatmu kalau kamu belum mau punya pacar

Mungkin ini kedengarannya aneh tapi sebenarnya semakin kamu bersikeras bilang pada sahabatmu bahwa kamu belum mau punya pacar dulu menandakan bahwa kamu memang belum siap berpacaran lagi. Pasti di saat kamu baru saja putus dengan pacarmu, sahabatmu akan datang untuk menghiburmu, bahkan ada juga yang menanyakan kapan kamu akan mencari pacar baru lagi.

Jika kamu menjawab kamu ingin belum punya pacar lagi, itu sebenarnya kamu sedang meneguhkan niat kamu untuk sendiri dulu dengan cara seperti itu. Kamu takut kalau nantinya ada saja salah satu dari sahabatmu yang berinisiatif mengenalkan kamu dengan seseorang, maka dari itu untuk mencegah hal tersebut terjadi, lebih baik kamu katakan pada sahabatmu bahwa kamu belum mau punya pacar. Bahkan kamu mengatakan hal ini berkali-kali untuk meyakinkan sahabatmu bahwa kamu memang tidak mau berpacaran dulu.

3. Kamu risih jika ada lawan jenis yang ingin mendekatimu

menolak seseorang

menolak seseorang via http://sarahsideways.com

Sadar nggak sadar pasti kamu sering mengalami ini, kan? Ini bukan hal yang aneh kok, ini adalah bukti bahwa self-defensemu bekerja. Kamu masih takut lalu tanpa sadar kamu jadi malas jika ada yang ingin mendekatimu. Kamu akan mencari banyak cara agar tidak ada yang mendekatimu karena kamu takut ia berharap padamu padahal kamu sendiri sama sekali belum siap berpacaran kembali.

Sejatinya, kamu memang belum mau ada lawan jenis yang mencoba masuk ke hidupmu dan jika ada yang mencoba, apapun yang ia lakukan untuk mendapatkan hatimu hanya akan membuatmu risih. Jelas sekali kalau kamu sedang tidak berselera untuk mencintai siapapun saat ini.

4. Ketika ada lawan jenis yang mendekatimu, kamu cenderung mencari kekurangannya

menolak perasaan

menolak perasaan via http://giphy.com

Katakanlah sekarang sedang ada yang melakukan aksi PDKT padamu, sebenarnya dia orang yang baik, perhatian, sopan, dsb. Namun entah mengapa kamu selalu saja mencari keburukannya. Pernah mengalami hal ini? Ini juga tanda kalau kamu masih belum siap berpacaran lagi, lho! Kamu cenderung terfokus mencari kekurangannya. Jika kamu sudah menemukan apa kekurangannya, maka kekurangannya itulah yang menjadi senjata kamu agar dia bisa kamu depak dengan segera dari hidupmu. Jadi dia tidak perlu berlama-lama PDKT denganmu.

5. Kamu masih asyik sendiri

merasa bebas

merasa bebas via http://dienes.rssing.com

Mungkin saat kamu masih memiliki pacar, banyak hal yang memang ingin kamu lakukan sendiri namun belum kesampaian. Bisa juga saat pacaran kamu jadi kehilangan waktu hangout dengan sahabatmu. Lalu setelah hubungan tersebut berakhir, kamu jadi sangat menikmati melakukan apapun sendirian ataupun hanya bersama dengan sahabatmu. Kamu tidak pernah kesulitan menjawab pertanyaan “Kapan punya pacar lagi?”, karena kamu memang tengah menikmati kesendirian kamu dan kamu tidak memusingkan hal tersebut.

6. Risih terhadap sesuatu yang berhubungan dengan cinta ataupun hubungan

Nggak tau kenapa ketika kamu sedang membaca artikel/photo quote/tweet/post yang berbau cheesy things about love kamu jadi risih sendiri bahkan sampai merasa jijik. Bukan berarti kamu jadi antipati ya, cuma jadi risih saja. Bisa juga saat kamu pergi ke restoran dan melihat ada pasangan yang sedang bermesraan kamu mendadak merasa enek dan ilfeel liat pasangan tersebut. Kamu berfikiran “Apaan sih cinta-cintaan? Mending gue urusin yang lain, yang emang jelas manfaatnya apa”. Jangan salahkan pemikiranmu, kamu memang belum mau berurusan dengan hal-hal manis dan adiktif yang bernama cinta.

Setelah melihat 6 tanda tadi dan kamu merasa sedang mengalami satu atau dua tanda tersebut, lebih baik kamu berfikir ulang untuk mencari pacar baru. Kamu tidak perlu tergesa-gesa, karena sesuatu yang dipaksakan tidak pernah berhasil baik. Berpacaranlah ketika kamu memang sudah siap dari segi apapun bukan karena kamu butuh pacar. Siap dan butuh adalah dua hal yang berbeda.