Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan website yang biasanya kamu gunakan untuk mencari informasi, dimulai dari informasi produk, acara, data pendukung, dan hal-hal lainnya. Sadar tidak sadar, website telah membantumu mencari informasi, dan sadarkah kamu bahwa tata letak dalam suatu website ikut serta membantumu mencari informasi?

Tata letak tersebut dalam dunia informasi dinamakan arsitektur informasi. Lebih jelasnya, dalam buku Information Architecture for World Wide Web 2nd Edition dijelaskan bahwa arsitektur informasi merupakan gabungan dari pengorganisasian, ilmu, dan seni pada sebuah sistem informasi yang ditujukan untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi.

Ternyata bukan hanya rumah, gedung, jalanan yang dibuatkan rancangannya, kan? Website juga, lho! Lebih jelasnya, berikut contoh-contoh hasil arsitektur informasi dalam website!

1. Lazada

Tampilan Beranda Lazada via https://www.lazada.co.id

Lazada memiliki menu website yang telah diklasifikasikan dari elektronik, fashion wanita, fashion pria, hingga kolom pencarian yang lansung memudahkan kamu menemukan barang-barang yang ingin kamu temukan dengan mudah. Selain itu, layar utama disediakan barang-barang yang sedang diskon memudahkan diskon hunters!

2. Indonesian Publication Index (IPI)

Tampilan Beranda IPI via http://portalgaruda.org

Bagi kamu yang sudah berkecimpung dalam dunia penelitian, portalgaruda.org merupakan website yang sudah tidak asing lagi. Website poralgaruda.org menampilkan bagian bidang-bidang penelitian, kolom pencarian, pilihan jurnal atau buku yang sangat membantu kalian menemukan informasi yang kalian cari. Bayangkan jika tidak ada kolom pencarian ataupun pembagian bidang, pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencari informasi.

3. Nuffic Neso Indonesia

Advertisement

Tampilan Beranda Neso Indonesia via http://www.nesoindonesia.or.id

Mengenai informasi beasiswa dan kuliah, website Neso menampilkan informasi-informasi yang umumnya dicari oleh para pelajar yang ingin kuliah di Belanda. Hal tersebut dapat terlihat dari menu yang ditampilkan, berita, acara-acara yang akan diselenggarakan, kontak Neso, dan hal-hal lainnya yang turut ditampilkan di Beranda. Hal tersebut mempermudah kamu untuk mencari informasi, lho!

4. Universitas Indonesia (UI)

Tampilan Beranda UI via http://www.ui.ac.id

Menurut penulis, website Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu website yang memiliki arsitektur informasi yang baik. Alasannya karena UI menampikan bagian-bagian informasi-informasi dengan spesifik. Apabila kursor diarahkan pada "Tentang UI", akan muncul bagian-bagian informasi seperti sejarah, struktur informasi, dan hal lainnya. Bagian-bagian informasi yang lain juga tersedia dalam menu yang lain, beranda website UI, dan bagian-bagian lainnya!

5. Line Webtoon

Tampilan Beranda Line Webtoon via http://www.webtoons.com

Hai penikmat karya komik! Website Line Webtoon memiliki arsitektur yang simple dan sangat membantu untuk menemukan komik! Dari jadwal harian, genre, karya terpopuler, hingga webtoon challenge! Menu tersebut diklasifikasikan dengan sangat baik.