Kita semua punya hari di mana hal-hal buruk terjadi. Mulai dari hasil tes yang gagal, cekcok dengan orang tua, sampai dikhianati orang yang disayang, semuanya bisa membuatmu merasa satu hari berjalan sangat panjang. Tapi gengsi dong nangis atau banting-banting barang di depan orang lain? Chin up! Bertahan dan pura-pura nggak kenapa-napa adalah yang biasanya kita lakukan.

Ops, kamu bisa membohongi orang lain, tapi tidak dirimu sendiri. Hati-hati, menahan emosi terlalu lama bisa berdampak buruk bagi psikologis seseorang. Shay, terkadang memang menangis itu perlu kok. Nggak perlu malu.

Lucunya, terkadang mendengarkan lagu sedih justru bisa membuat perasaan kita lebih baik, lho. Lagu sedih membantu kita menerjemahkan masalah sekaligus melepaskan emosi yang seharian ditahan-tahan. Setelah itu, kamu akan bisa tertawa lagi karena toh ternyata kesedihanmu nggak ada apa-apanya. Berikut 8 lagu ini akan membuatmu merasa lebih menghayati kesedihanmu.

Siap-siap tissue dan tempat sepi buat menyendiri.

 

1. Everybody Hurts – R.E.M

Cuplikan video klip Everybody Hurts versi R.E.M.

Cuplikan video klip Everybody Hurts versi R.E.M. via https://www.youtube.com

Dari judulnya aja udah jelas. Semua orang bisa terluka, Shaaay! Lewat lagu yang sudah dicover beberapa generasi ke beberapa versi ini, band rock asal Amerika, R.E.M. bercerita tentang suatu hari yang harus dilewati dengan susah payah karena semua beban hidup mendadak menumpuk di depan mata. Kebayang nggak, perjuangan menggapai mimpi juga bisa jadi menemui masa-masa suram seperti ini. Tapi, kata R.E.M. juga, jangan cuma karena terluka sebentar, kamu membuang semua jerih payah yang sudah kamu lakukan selama ini.

No, my friend! Bertahanlah. Pada akhirnya, kamu nggak sendiri.

 

Momen badai:

Everybody hurts

Take comfort in your friends

Everybody hurts

Don’t throw your hand, oh no

 

Don’t throw your hand

If you feel like you’re alone

No, no, no you are not alone

2. The Blower’s Daughter – Damien Rice

Cuplikan video klip The Blower's Daughter

Cuplikan video klip The Blower's Daughter via https://www.youtube.com

Sudah nonton video klipnya? Ada seorang cewek berdiri di pinggir pantai, terus seorang cowok nontonin dari jauh, pengen ngucapin sesuatu. Makin dekat, makin dekat, tapi sampai akhir video itu ucapan nggak tersampaikan langsung. Cuma lewat perantara angin laut lah si cewek ini sepertinya bisa merasakan pesan yang disampaikan si cowok ini. Maan! Miris yah. Alunan cello dan biolanya juga memecah jeda di antara lirik lagu dengan sempurna.

Sering juga ya gitu? Pengen banget ngucapin sesuatu sama seseorang, tapi entah kenapa nggak bisa. Mungkin ini sebabnya si Cinta habis lari ke hutan, belok ke pantai.

Momen badai:

I can’t take my eyes off of you

I can’t take my eyes off you

I can’t take my eyes off of you

I can’t take my eyes off you

I can’t take my eyes off you

I can’t take my eyes...

 

Nggak kelar-kelar.

3. Creep – Radiohead

Cuplikan video klip Creep

Cuplikan video klip Creep via https://www.youtube.com

Lagunya Radiohead ini kalau diresapi bisa bikin sesak napas. Lirik lagu ini adalah jelmaan perang batin dalam pikiran seseorang yang merasa dirinya tidak pantas dan mengutuki dirinya sendiri: I wish i was special.

Ada gitu orang-orang di luar sana yang dengan segala kesempurnaannya membuat kita merasa seperti nggak ada apa-apanya di dunia ini. Cantik/ganteng, kaya, baik, bertalenta, dan dicintai orang yang kita cintai. Duh, Kak.

 

Momen badai:

But I’m a creep, I’m a weirdo,

What the hell am I doing here?

I don’t belong here

Oh, oh

She's running out again

She's running out...

She run run run run...

Run...

 

4. Say Something – A Great Big World dan Christina Aguilera

Cuplikan video klip Say Something

Cuplikan video klip Say Something via https://www.youtube.com

Lagu original dari A Great Big World yang menarik perhatian Christina Aguilera yang akhirnya ngajakin duet bareng ini memang menyayat-nyayat. Dengan tempo lambat dan dominasi piano ballad, lagu ini memunculkan emosi dari sedih sampai putus asa. Berharap agar di sisi sana, seseorang bersedia memaafkan kita.

Lagu ini juga ngajarin satu pelajaran penting buat orang yang suka ngediemin aja kalau marah: stress tau digituin!

 

Momen badai:

Say something, I’m giving up on you

And I’m sorry that I couldn’t get to you

And anywhere I would’ve followed you (Oh-oh-oh-oh)

Say something, I’m giving up on you

5. Iris – Goo Goo Dolls

Cuplikan video klip Iris

Cuplikan video klip Iris via https://www.youtube.com

Lagu ini dibuat untuk sountrack film City of Angel yang kelabu itu. Judulnya Iris, liriknya juga sama, mengiris-iris kalbu. Goo Goo Dolls menyuarakan perasaan seseorang yang, ketika seisi dunia nggak ada yang mengerti dirinya, paling tidak pengen satu orang aja yang ngerti. Seseorang yang ketika bersamanya, kamu bisa jadi dirimu yang sesungguhnya.

Sepertinya hati dibuat memang untuk dipatahkan, tapi nggak apa-apa, asalkan dia tahu isi hatimu.

 

Momen badai:

And you can’t fight the tears that ain’t coming

Or the moment of truth in your lies

When everything feels like the movies

Yeah, you bleed just to know you’re alive

6. Angel – Sarah McLachlan

Cuplikan video klip Angel

Cuplikan video klip Angel via https://www.youtube.com

Didedikasikan untuk seorang musisi yang sudah meninggal dunia, lagu ini ditulis oleh Sarah McLachlan dengan menggambarkan suasana tenang dari pelukan malaikat. Tutup matamu, lagu ini akan membawamu jauh dari hiruk-pikuknya dunia. Iya, di luar sana banyak ketakutan dan ketidaknyamanan. Kamu kosong, kamu kacau, kamu dikelilingi kepalsuan. Istirahat yang berkualitas adalah yang kamu perlukan saat ini.

Momen badai:

Spend all your time waiting

For that second chance

For a break that would make it okay

There’s always some reason

To feel not good enough

And it’s hard at the end of the day

7. Fix You – Coldplay

Cuplikan video klip Fix You

Cuplikan video klip Fix You via https://www.youtube.com

Ini jadi salah satu lagu andalannya Band Inggris Coldplay. Suara merdunya Chris Martin dan iringan piano dan gitar akustik yang mengalir dengan pelan ini bisa jadi obat sakitnya kamu yang sedang berada di titik terendah hidupmu saat ini. Lagu ini juga cocok untuk kamu yang sedang berjuang menemani orang terdekatmu melewati momen-momen sulit di dalam hidupnya. Ketika kita sudah merasa rapuh dan tidak berdaya, tidak ada lagi yang lebih kita butuhkan selain ditemani.

Sabar ya, badai pasti berlalu.

Momen badai:

Tears stream down your face

When you lose something you cannot replace

Tears stream down your face and I

Tears stream down your face

I promise you I will learn from my mistakes

Tears stream down your face and I...

 

8. Bunda-nya Melly Goeslaw

Melly Goeslaw selalu berhasil bikin nostalgia lewat lagu Bunda

Melly Goeslaw selalu berhasil bikin nostalgia lewat lagu Bunda via https://www.youtube.com

Siapa yang nggak tahu sama lagu Melly Goeslaw yang satu ini? Begitu agungnya penggambaran seorang bunda di dalam lagunya sampai siapa pun yang mendengarnya langsung dilanda nostalgia. Menghadapi masa dewasa yang ternyata banyak sekali diterpa angin badai kehidupan, membuat kita jadi ingat masa kecil. Masa-masa di mana semua hal terasa gampang dan menyenangkan. Jika kita takut atau sedih, ada bunda yang dengan keteduhan seorang ibu di matanya, mampu menenangkan dan membuat kita merasa aman. Ah, bunda. Ada dan tiada dirimu kan selalu ada di dalam hatiku.

 

Momen badai:

Kata mereka diriku slalu dimanja

Kata mereka diriku slalu ditimaaaang..

 

Nah, setelah mendengar 8 lagu sedih tadi, sudah berapa banyak tissue yang kamu habiskan? Tentunya lagu sedih bisa memacu semua perasaan sedih keluar habis-habisan. Tapi setelah itu, semoga perasaanmu lekas membaik ya. Percayalah, semuanya akan baik-baik saja setelah ini. Semangat! Hidup jangan dibuat susah, Shaay!