Skripsi terkadang menjadi boomerang tersendiri bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir. Tidak sedikit dari mereka yang stress hanya karena merasa terbebani oleh tugas akhir yang katanya horor itu. Bagaimana tidak? Jungkir balik 4 tahun masa kuliah nyatanya tidak bisa menjadi tebusan untuk bisa menyandang gelar sarjana, atau sekedar selfie sembari nyaris pake toga. So, wajar saja jika tugas akhir ini perlu dipikirkan dari jauh hari agar tidak kepepet pada waktu pengerjaan.

Tapi guys, hakikinya skripsi tidak sehoror itu kok. Tidak sedikit juga mahasiswa yang berhasil menyelesaikan skripsinya kurang dari 3 bulan. Pastinya, mereka yang bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat punya trik tersendiri yang bisa kamu terapkan sesuai kemampuan kamu. Thats why, disini kami share 6 metode penyelesaian skripsi yang banyak digunakan oleh mereka yang cepat proses pengerjaan skripsinya. Ke-6 metode itu adalah:

1. Buatlah Target Deadline Sendiri

Target Bisnis Online juga Perlu Dipermudah via http://www.datamaya.com

Tips pertama yang bisa kamu terapkan agar bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat adalah membuat kesepakatan dengan diri kamu sendiri. Setiap fakultas jelas memiliki jadwal sidang skripsinya masing-masing. Perhatikan setiap tanggal yang tercantum dan putuskan satu tanggal tertentu dimana kamu harus bisa mengikuti sidang skripsi pada tanggal tersebut.

Ingat, kamu harus bisa memegang komitmen kamu sendiri. Jika kamu tidak menghargai komitmen kamu dengan usaha yang maksimal, lalu bagaimana kamu bisa meminta kesepakatan komitmen dengan orang lain?. Buatlah jadwal tersusun yang mencakup jadwal bimbingan, dan sertakan setiap target kamu dalam setiap bimbingan tersebut. Misalnya, dipertemuan ke-3 dengan dosen pembimbing, kamu menargetkan skripsi Bab 1 kamu sudah beres dan tidak ada revisi ulang.

Jika kamu bisa memegang teguh target dan komitmen yang kamu buat sendiri, maka percayalah ini bisa menjadi jalan kelancaran skripsi kamu.

2. Sesuaikan Topik Skripsi dengan Passionmu

Memahami Topik Pembelajaran Jadi Mudah via https://lesmatematikaakong.wordpress.com

Advertisement

Mengkaji sesuatu yang disukai dan sesuai dengan passion kamu jelas lebih menyenangkan. Dengan demikian, tips selanjutnya buat kamu agar skripsi kamu mudah selesai adalah dengan memilih topik skripsi yang kamu senangi. Ingatlah bahwa skripsi akan mewarnai hari-hari kamu selama beberapa bulan kedepan. Mumet pastinya jika yang kamu kaji adalah hal yang tidak kamu sukai. Thats why, pilih topik yang kamu sukai aja ya. Dengan cara ini, kamu akan lebih penasaran dan lebih mudah mengerjakan skripsi kamu meski harus ketemu teori dengan topik yang sama setiap harinya.

3. Kurangi Jadwal Nongkrong, Ngedate, dll

Memanage Kebutuhan Makin Terjadwal via http://www.komunikasia.com

Nongkrong dan ngedate sama doi pastinya menjadi moment yang paling kamu tunggu. Tapi untuk beberapa saat sampai skripsi kamu selesai, coba kurangi dulu ya jadwal nongkrong dan ngedatenya. Kalau kangen sama doi, via telpon juga cukup kok. Dicukup-cukupin maksudnya. Untuk saat ini, pastikan kamu hanya fokus pada target kamu aja. Bukankah doi juga bakal bangga kalau kamu bisa capai target kamu? Dijamin, sahabat-sahabat dan doi kamu juga bakal dukung kamu kok. Apalagi orang tua kamu. Mereka orang pertama yang akan selalu mendukung untuk setiap kegiatan positif kamu.

So, buatlah mereka bangga meski untuk beberapa kebersamaan kamu akan berkurang dengan orang-orang terkasih kamu.

4. Gak Usah Terlalu Idealis

Temukan Berbagai Informasi yang Ideal via http://blognyaannas.blogspot.co.id

Membuat skripsi yang sesuai syarat itu memang wajib, namun memenuhi syarat bukan berarti harus idealis. Misalnya, kamu ingin membuat skripsi dengan metode yang tidak pernah digunakan oleh mahasiswa jurusan kamu sebelumnya. Sedangkan dengan menggunakan metode tersebut, resikonya skripsi kamu akan sulit proses penyelesaiannya.

Jadi, yang sedang-sedang aja ya guys. Kuncinya adalah, skripsi kamu sudah memenuhi syarat dan layak dicantumkan diperpustakaan skripsi jurusan kamu. Itu juga cukup kok.

5. Jaga Hubungan Baik dengan Dosen dan Catatlah Setiap Masukannya

Dapatkan Masukan Bermanfaat via http://papasemar.com

Ternyata kelancaran skripsi tidak hanya bergantung pada diri sendiri saja. Lebih dari itu, peran dosen pembimbing juga menjadi penentu cepat atau tidaknya pengerjaan skripsi kamu. Itu sebabnya, harus baik-baik ya sama dosen pembimbing. Jaga komunikasi dan ingatlah baik-baik jadwal dosen kamu. Dengan mengetahui jadwal dosen kamu, kamu bisa membuat jadwal bimbingan disetiap waktu luangnya. Kalaupun dosen kamu tidak bisa datang ke kampus, tetaplah jaga komunikasi dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Meski tidak bisa bimbingan secara face to face, masih memungkinkan bukan untuk menerima kritik dan saran dosen melalui email?.

Selain itu, catatlah setiap masukan dari dosen kamu. Bila perlu, bacakan kembali dihadapan dosen kamu mengenai setiap masukan yang diberikannya. Dengan demikian, bisa dipastikan tidak ada saran yang terlewati, so kamu bisa semaksimal mungkin revisi skripsi kamu.

6. Kerjakan Satu Bab Tertentu dengan Mencicil Bab Lainnya

Dapatkan Berbagai Informasi Baru dan Bermanfaat via http://do-you-know.crs.id

Kebanyakan mahasiswa mengerjakan skripsi dari bab per bab. Tapi tahukah kamu, bahwa ada beberapa bab yang sebenarnya bisa kamu kerjakan dalam waktu bersamaan? Contohnya adalah bab teori, yang jelas sangat erat kaitannya dengan bab analisa. Dengan demikian, kamu bisa mengerjakan bab teori kamu sambil mengumpulkan data analisis yang sesuai dengan objek kamu. Hasil analisa kamu itu juga bisa menjadi cicilan untuk bab kesimpulan kamu loh. So, bukan hal yang tidak mungkin untuk mengerjakan satu bab dengan mencicil bab lainnya?.

Namun ingat, cara ini hanya bisa digunakan untuk bab tertentu yang erat kaitannya dengan bab lainnya. Selain itu, kamu tetap perlu memiliki prioritas. Misalnya, kamu sedang mengerjakan bab teori, dan kamu ingin menyambungkan dengan bab analisa kamu. Boleh kok, tapi itu hanya boleh kamu lakukan dengan tujuan mencicil bab analisa kamu saja. Dengan kata lain, bukan berarti kamu mengerjakan bab teori dan bab analisa secara bersamaan. Ingat, disini kamu hanya boleh mencicilnya saja. Khawatirnya, ini akan membuat fikiran kamu terbagi hingga tidak maksimal pada proses pengerjaannya. Namun hasil cicilan kamu ini jelas akan sangat membantu saat pengerjaan bab analisa kamu.

Setiap orang pada hakikinya memiliki zona nyamannya masing-masing, termasuk dalam proses pembuatan skripsi. Dengan kata lain, jika kamu punya cara tambahan sendiri dan kamu enjoy dengan cara kamu, selama itu memang bisa mempermudah skripsi kamu, why not?