Unggah foto ke Instagram sudah bukan hal yang aneh lagi sekarang, semua orang asal punya handphone yang dilengkapi fasilitas foto dan internet pasti bisa mengunggah gambar di masing-masing akun Instagramnya. Berikut kami rangkum tempat foto asyik di Kota Solo yang penuh dengan nilai-nilai sejarah nya. Cekidot !

1. Patung Slamet Riyadi

Patung Slamet Riyadi saat Senja Hari via http://2.bp.blogspot.com

Ungkapan yang tepat mungkin, belum pernah ke Kota Solo kalo belum pernah foto di patung Slamet Riyadi ini,  Slamet Riyadi sendiri adalah salah satu prajuri TNI kelahiran Surakarta yang gugur saat perang Revolusi. Patung ini memang sangat antik dengan volume yang lumayan besar dan tepat berada di tengah-tengah jalan utama di Kota Solo.

Patung ini sangat menarik bila foto di waktu sore menjelang malam hari karena backgroundnya yang sangat mencerminkan Kota Solo, mulai dari kereta pinggir jalan  hingga delman dan becak yang berlalu-lalang di sekitar patung Ini.

2. Tugu Jam Pasar Gedhe

Jam Pasar Gedhe via http://3.bp.blogspot.com

Advertisement

Bila Kota Yogyakarta punya Tugu Jogja, maka Kota Solo pun mempunyai hal yang sama tetapi tidak serupa. Ya, Solo mempunyai Tugu Jam Pasar Gedhe, tugu yang terletak persis di depan pintu masuk pasar yang sangat bersejarah di Kota Solo, yaitu Pasar Gedhe.

Tugu dan Pasar Gedhe sendiri pun menjadi landmark Kota Solo. Pasar Gedhe sendiri dibangun sejak zaman kolonial Belanda, sehingga jangan heran ya bila arsitekturnya mencerminkan budaya Belanda-Jawa. Wajib deh kamu foto disini!

3. Depan Keraton Kasunanan Surakarta

Bagi yang udah lama tinggal di Kota Solo, pasti sering deh liat pasangan yang melakukan foto prewedding di depan halaman Keraton Kasunanan Surakarta ini. Namanya keraton tentu pasti saja sangat kaya akan budaya dan sejarahnya. So, kamu walaupun jomblo nanti kalo udah punya pasangan dan niat untuk menikah, jangan lupa salah satu foto preweddingnya di depan Keraton Kasunanan Surakarta ya.

4. Candi Cetho

Mau gaya-gaya foto ala kerajaan Hindu-Budha? Silahkan datang ke tempat ini, walaupun tempatnya di Karanganyar tapi deket kok dari Kota Solo, cuman sekitar setengah jaman sampe ke tempat ini dari Kota Solo. Apakah ini bersejarah? Tentu malah ini bisa dibilang "raja" nya tempat-tempat bersejarah di wilayah Solo Raya. 

Bagaimana tidak, Komplek Candi Cetho sendiri telah ada sejak tahun 1400-an di era Majapahit! Wah, udah tua banget ya tempatnya? Semakin tua tetapi tempat ini semakin eksotis kok, apalagi bila dipaduin sama sunset matahari, aduh romantis banget deh.

5. Kebun Teh Kuningan

Kebon Teh Kuningan via http://images.solopos.com

Apakah foto ini di puncak? Salah, Apakah foto ini di Jakarta? Apalagi, mana ada Jakarta kaya begini. Foto ini di Karanganyar, deket dari Candi Cetho. Spot foto cocok buat yang suka mencari background yang hijau-hijau. Apakah kebun Teh Kuningan ada nilai-nilai sejarahnya? Jangan salah kebun teh ini didirikan Belanda berdasarkan UU Pemerintah Belanda tahun 1854 pasal 62. Menarik kan? 

 

Sebenernya masih sangat banyak spot-spot bersejarah yang wajib kamu kunjungin dan unggah ke Instagram, tetapi untuk saat ini penulis rasa cukup. Merdeka!