Ketika kamu berminat untuk bekerja di sebuah perusahaan, maka hal pertama yang kamu lakukan adalah mengajukan surat lamaran. Surat lamaran akan menjadi kesan pertama kamu sebelum melakukan tes dan wawancara. Kesan pertama adalah kesan yang akan selalu diingat. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan beberapa hal

 

1. Format Surat

Format surat harus diperhatikan

Format surat harus diperhatikan via https://google.com

Jangan sampai kamu memberi atau mengirimkan format yang salah kepada perusahaan. Pakailah ukuran huruf 12 dan font yang standar. Jika surat ini dalam bentuk cetak, pastikan format kamu aman dan tidak berubah saat dicetak.

2. Typo

Gunakan E.Y.D

Gunakan E.Y.D via https://google.com

Perhatikan setiap ejaan kata yang kamu ketik. Periksa kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan yang kamu lewatkan untuk diperbaiki.Kesalahan dalam mengeja kata dapat membuat perusahaan ragu untuk memperkerjakan kamu karena kamu dianggap ceroboh. Berikan kesan yang baik lewat tulisanmu.

3. Terlalu Panjang

Jangan terlalu panjang karena bukan surat cinta

Jangan terlalu panjang karena bukan surat cinta via https://google.com

Jelaskan apa yang seharusnya kamu jelaskan di surat lamaran dengan singkat dan jelas. Jika ada penjelasan yang lebih panjang biarkan itu nanti kamu sampaikan saat wawancara. Surat lamaran yang terlalu panjang dan bertele-tele akan membuat malas dibaca. Gak jadi dibaca, ujung-ujungnya malah diletakkan begitu saja, kan sayang.

4. Memberi Informasi Palsu Tentang Dirimu

Berikan informasi asli dan benar

Berikan informasi asli dan benar via https://google.com

Ini yang paling penting! Jangan sampai kamu memalsukan apa pun itu, entah alamat rumah, nomor telfon, bahkan jenjang pendidikan yang kamu tempuh. Informasi palsu tidak akan membuat perusahaan merasa kamu pantas mendapatkan posisi yang kamu inginkan. Tidak ada perusahaan yang ingin memiliki karyawan yang tidak jujur dan tidak bisa memegang rahasia.

 

 

5. Foto

Berikan foto berukuran sesuai atau

Berikan foto berukuran sesuai atau "pas foto" via https://google.com

Taraaa! yang terakhir adalah foto dirimu. Berikanlah ukuran foto yang sesuai dan pas untuk kamu cantumkan pada surat lamaran kerjamu. Jangan sampai kamu berikan foto yang narsis atau foto yang alay. Ntar dikira kamu melecahkan perusahaan di mana kamu melamar.