Sudah tidak asing lagi bagi para fashionista jika mendengar isitilah 'vintage'. Ya vintage adalah gaya di era lama sekitar tahun 1930 sampai 1960-an. Gaya ini merupakan tren ter-happening pada eranya. gaya vintage ini lebih dikenal dengan nama old-fashioned serta gayanya yang ikonik dan unik.

"I like to mix and match vintage with designer. It's how I create my own style." 
― Carly Rae Jepsen

Di masa sekarang, tidak bisa dipungkiri bahwa tren fesyen itu berputar, seperti yang terjadi sekarang yaitu old-fashioned yang hits di masanya dulu akan kembali menghiasi tren di masa sekarang. Vintage di era saat ini lebih ditekankan pada kombinasi mix and match model-model kuno yang antik dengan model-model terkini.

Gaya ini selain menjadi tren yang sedang booming, bisa juga menjadi solusi tampil dengan biaya hemat. Mengapa bisa hemat? Karena gaya vintage ini tidak selalu harus dengan budget mahal. Kalian bisa buka dan bongkar isi lemari mama, nenek, atau tantemu yang pernah menikmati era baju-baju dengan gaya vintage.

Gaya fesyen tidak perlu selalu 'kekinian'. Ada kalanya kalian harus move on dari yang namanya kekinian dengan menciptakan style sendiri dengan tetap terlihat elegan. Berikut adalah beberapa contoh dari bongkar-bongkar lemari ibu, dan di mix-match dengan bajuku sendiri:

1. Atasan Hitam + Rok Motif Bunga = Cantik!

Jangan takut untuk memadukan your own style, girls via https://www.instagram.com

Midi Skirt motif bunga-bunga cocok buat kamu yang mau menggunakan gaya vintage ini. Dipadukan dengan atasan model sekarang berwarna hitam memberikan kesan elegan. 

Kalian juga bisa match dengan wedges coklat yang vintage pula, serta aksesoris jam tangan dan kalung membuatmu tampil lebih ikonik dan tentunya tidak terlihat tua. Dan kalau udah niat mau tampil vintage, nggak usah urusin omongan orang tentang gaya kalian.

"Tua banget deh."

"Norak banget."

"Ih, kuno."

2. Kesan vintage bakal kena banget dengan Turtle Neck bersama rok hitam

Gaya ini bikin kamu jadi kekinian via https://www.instagram.com

Advertisement

Paduan antara Turtle Neck Polkadot dan Black Skirt yang antik ini tidak akan membuatmu terlihat norak, girls! Walaupun warnanya hitam dari atasan sampai rok, bukan berarti bikin kamu terlihat lagi berduka, malahan akan memberi kesan casual dan ikonik banget. Inget, warna hitam tidak selalu jadi warna duka!

"Vintage clothing is not only glorious and stylish, it’s also the way forward in terms of recycling. Whenever I go into great vintage stores, I wonder why we ever buy new things."
Thandie Newton

Tambah dengan aksesoris jam tangan warna coklat, serta anting-anting dan kalung. Jangan lupa juga padukan dengan sneakers ataupun sepatu boot yang semakin membuat gaya vintage kamu terlihat lebih modern. Dijamin gaya ini akan membuktikan kalau vintage nggak selamanya tua, dan tentunya cocok dipadukan dengan gaya modern saat ini.

3. Mau lebih sopan dan rapi? Hampir sama dengan poin pertama, tapi kenakan saja kemeja berkerah

Paduan ini selalu membuatmu tampil berkelas via https://www.instagram.com

Gaya ini akan memberikan nuansa santai namun tetap berkelas.

“Fashion is a language that creates itself in clothes to interpret reality.” 
Karl Lagerfeld

Atasan berkerah ini memberikan kesan elegan, dan fresh walaupun dengan warna hitamnya. Gaya ini akan lebih terlihat cocok bila ditambah dengan menggunakan wedges ataupun heels warna netral seperti coklat, hitam, ataupun pastel.

Untuk aksesoris, kalian bisa pakai aksesoris yang kalian punya seperti kalung, anting-anting, dan cincin. Aku saranin untuk anting-anting jangan yang model yang menjuntai panjang, pilihlah jenis anting stud karena cocok untuk bentuk wajah apapun dan style apapun.

4. Celana bermotif ini pun juga bisa jadi altrnatif cantik kamu

Siapa takut pakai celana untuk tampil vintage? via https://www.instagram.com

Karena di atas tadi rok semua, nah yang terakhir ini khusus bawahan celana. Paduan antara atasan berkerah hitam dan celana motif square ini bikin kamu terlihat santai, girls. Cocok banget dipakai untuk hangout, dan melakukan aktifitas outdoor. Apalagi ditambah dengan menggunakan jenis sepatu sneakers maupun oxford.

Untuk aksesoris jangan terlalu penuh, jika sudah memakai gelang dan jam tangan tidak perlu menggunakan kalung yang menjuntai panjang. Tapi balik lagi kalau itu semua selera kalian, girls.

5. Vintage is Your Own Style

Style Vintage seperti ini juga cocok untuk kamu girls via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Ya, 4 contoh style fashion about vintage dari aku dan 4 contoh style vintage hasil browsing ini sangat-sangat recommended. Selain hemat biaya (harta karun dari lemari ibu dan nenek), gaya ini bakal bikin kamu terlihat unika, ikonik, dan kece. 

Enjoy your life and Go Vintage!