Sholat merupakan suatu hal yang wajib hukumnya bagi umat islam. Dan Sholat pun merupakan suatu penghubung antara Allah Swt dan hambanya. Sholat termasuk rukun islam yang kedua maka dari itu runtuhlah iman-imannya apabila mereka meninggalkannya. Sholat adalah amalan ibadah yang paling proposional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khusus tubuh) seorang muslim. Namun, pernahkah kalian terpikirkan manfaat masing-masing gerakan? sudut pandang ilmiah menjadikan shalat gudang obat bagi berbagai jenis penyakit.

gerakan sholat ternyata memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh kita. hal itu di karenakan setiap gerakan pada sholat dapat menimbulkan atau merangsang jaringan sel dan perdaran didalam tubuh untuk berkerja lebih optimal kondisi tubuh lebih sehat dan segar karena aliran darah lancar.

Sholat pun telah diteliti bahwa telah dibuktikan, beberapa sholat memang mempengaruhi bagian tubuh. asalkan gerakan tersebut dilakukan dengan benar dan dalm jangka waktu tertentu.

Berikut ini beberapa diantaranya:

 

 

1. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram via https://www.google.com

Gerakan pertama dalam sholat adalah takbiratul ihram. takbiratul ihram ialah gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu didekap didepan perut atau bagian bawah dada. Manfaat gerkan ini sendiri untuk melancarkan aliran darah, getah bening orlimfe dan kekuatan otot pada lengan.

Posisi jantung yang berada tepat di bawah otak menjadikan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat kedua tangan diangkat, otot bahu didekapkan dibagian depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini mampu menghindari tibuh dari gangguan persendian, terutama pada tubuh atas.

2. ruku'

Advertisement

Rukuk adalah gerakan kedua dalam sholat, gerakan rukuk ialah saat posisi belakang atau punggung menunduk lurus, bahkan segelas air diletakkan di atas punggung tersebut tak akan tumpah jika posisinya benar. Gerakan rukuk ini sendiri memiliki manfaat untuk menjaga kesempurnaa posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat.

Posisi jantung sejajar dengan otak, sehingga aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah. Begitu juga saat posisi tangan yang bertumpu pada lutut, posisi ini akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. selain itu, rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

3. I'tidal

Gerakan bangun dari rukuk dimana ubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi dau telinga disebut i'tidal. Manfaat gerakan I'tidal sangat baik untuk pencernaan karena gerakan banyak melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya sehingga organ pencernaan seolah mengalami pemijatan dan pelonggaran

4. Duduk

tahiyat awal dan akhir via https://www.google.com

Duduk dalam sholat terdiri dari dua macam, yaitu tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Pebedaanya memiliki sedikit perbedaaan yang terletak pada posisi telapak kaki. Manfaat bagi kesehatan saat tahiyyat awal adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadus.

Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan. sedangkan Duduk Tahiyyat Akhir sangat baik bagi pria, karen tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Bila dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi. Variasi posisi telapak tkaki pada iftirosy dan tawarruk seluruh otot tungkai turut meregangkan dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak tubuh.

5. Salam

Gerakan terakhir dalam sholat ialah memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal disebut salam. Manfaatnya yaitu merelaksasikan otot sekitar leher dan kepal dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wjah