Hai rangkaian impianku yang masih jadi rentetan perjuangan dan misteri. Walaupun masa depan belum jelas tapi aku memberanikan diri untuk bermimpi setinggi langit di angkasa. Aku berharap dapat sampai kesana dan jangan sampai jatuh. Walaupun aku saat ini masih berada jauh darimu, aku terus memperjuangkanmu. Aku takkan pernah menyerah hanya dengan kerikil-kerikil tajam yang dapat menghalangiku melangkah menujumu.

Hallo kamu yang sedang menjalani 20th di hidupmu, walaupun seakan-akan kamu masih belum dewasa seutuhnya, tapi kamu perlu memperhatikan hal dibawah ini;

 

1. Pandailah mengatur keuanganmu

inflasi 3 tahun terakhir

inflasi 3 tahun terakhir via http://www.bps.go.id

Pernah kebayang gak sih? Kalau setiap bulan bahkan setiap hari harga-harga barang akan terus naik/inflasi padahal uang yang ada di dompetmu masih segitu-gitu aja malah seakan-akan sangat terbatas (apalagi anak kos). Fyi, menurut data badan pusat statistik, tingkat inflasi selama 1 tahun yaitu Januari-Desember 2015 adalah 3.35%. Itu artinya harga barang naik sebesar 3.35%, tapi apakah di tahun setahun kemarin pendapatanmu bertambah? Heem enggak kan..

Sudahkah kamu menerapkan saving dulu baru shopping? Kita wajib tuh menyisihkan pendapatan (misal 20%) untuk ditabung, kemudian sisa uang (80%) baru deh untuk konsumsi/belanja. Kalau kita gak saving dulu pasti gak sempet punya tabungan karena diakhir bulan udah abis. Tapi yang paling utama sih, bayarkan sedekah dulu!

2. Rencanakan sesuatu untuk setiap fase dihidupmu

life mapping

life mapping via http://mappio.com

Kamu sebenernya butuh loh buat life mapping agar hidupmu gak terhanyut dalam arus. Tapi, kamu harus mengendalikan arus tersebut agar dapat menguntungkanmu. Misal nih, di umur 22 pas lulus S1 langsung kerja dan udah bisa Umroh dan beli motor. Di umur 24, nikah + nerusin S2, dsb. Tapi jangan lupa ya di life mapping mu semua harus bertujuan ke akhirat, harus ada Tuhan agar kamu menjadi manusia yang beruntung.

 

3. Rencanakan menjadi bos

menjadi bos

menjadi bos via http://empowernet.com.au

Baik cewek maupun cowok, wajib nih punya rencana dan dilaksanakan memiliki usaha sendiri. Selain bisa berbakti kepada negara karena membuka lapangan pekerjaan baru, usaha yang kamu rintis dapat menjadi sumber pendapatan utama maupun sampingan. Untuk kaum hawa nih yang tidak mau bekerja kantoran yang menyita banyak waktu, kamu tetap wajib berjaga-jaga dengan memiliki usaha yang membuat kamu menjadi seseorang yang mandiri secara finansial. Bagi kamu kaum adam, jika kamu nantinya sudah merasa cukup dengan gaji dari kantormu, kamu bisa sumbangkan keuntungan usahamu untuk amal. Beautiful kan hidupmu kalau dapat berhasil menjadi bos? hehe

4. Persiapkan masa tuamu

masa tua bahagia

masa tua bahagia via http://bodoamat07.blogspot.com

Waduh masih umur 20th kok udah mikirin tua. Lah itu wajib dong, karena kamu tidak boleh terlena dengan masa muda tanpa mikirin masa tuamu. Lihat deh di sekitarmu, banyak kejadian orang yang sudah tua hidupnya malah susah banget, yang gak diurusin anaknya lah, sakit-sakitan tapi ga punya uang untuk berobat, mobilitasnya rendah, pengen piknik gak ada duit, dsb. Itu beda kejadiannya kalau kamu menyiapkan sedari muda, kamu bisa jalan-jalan ke sana-sini saat kamu sudah pensiun nanti. Indah banget kan?

 

5. Jadikan hidupmu berguna bagi sesama

jadilah orang yang berguna bagi orang lain

jadilah orang yang berguna bagi orang lain via http://uang1000.com

Kamu yang buat makan aja masih nunggu kiriman orang tua, mana bisa dibilang berguna bagi orang tua. Kamu yang selalu berkutat dengan pekerjaan dan buku sehingga tidak sempat lagi memikirkan orang lain, mana bisa dibilang berguna bagi sesama. Walaupun saat ini peranmu kecil, tapi yakinlah kamu bisa menjadi orang yang berguna bagi sesama terutama orang tua dan keluarga. Jangan biarkan orang tuamu susah di masa tua padahal di masa sehat dan mudanya digunakan untuk berjuang menghidupimu dan keluarga. Aku yang selalu tidak tega melihat orang tua jalan jauh, naik tangga padahal sendi-sendinya sudah penuh dengan asam urat yang membuat sakit terutama pas naik transportasi umum apalagi gak kebagian tempat duduk harus berdiri berjam-jam karena macetnya ibukota.

Hidupmu indah bila kau tahu jalan mana yang benar.(singasong)

See you <3