Disclaimer: Tulisan ini dibuat oleh Allen Ananda dari tim ZenRooms. Cek ZenRooms.com untuk mendapatkan kamar berkualitas dengan harga yang murah. Gunakan code ZENALLEN untuk mendapatkan potongan IDR 100K per bookingnya.

Jika kamu termasuk orang yang sering bepergian (travel), baik untuk keperluan bisnis ataupun liburan, selalu siapkan 5 barang berikut untuk memberi rasa tenang saat bepergian.

 

1. Powerbank

Power bank

Power bank via https://stocksnap.io

Dengan ketergantungan kita yang semakin tinggi terhadap smartphone, power bank menjadi barang wajib untuk dibawa. Apalagi, pada saat bepergian kita tidak selalu memiliki akses ke power supply.

2. Obat-obatan

Jika kamu seseorang yang memiliki penyakit yang sering muncul, jangan sampai meninggalkan obat-obatan kamu sebelum bepergian. Baik itu obat asthma, obat maag, atau obat anti mabok.

3. Hygiene Essentials

Toiletries

Toiletries via https://Flickr.com

Bepergian tidak menjadi alasan untuk mengabaikan kebersihan kamu. Paling tidak pastikan kamu membawa sabun cuci muka, sikat gigi dan deodorant. Bisa juga kamu tambahkan produk kebersihan lainnya seperti hand sanitizer dan tisu. Untuk para perempuan, hindari membawa peralatan makeup yang berlebihan. Cukup membawa satu atau dua buah produk makeup andalan seperti lipstick atau bedak.

4. Scarf / Buff mask

Buat kamu yang suka bepergian dengan sedikit bawaan, kuncinya adalah membawa barang yang multifungsi. Untuk perempuan, scarf adalah salah satunya. Saat perlu selimut kalau lagi kedinginan, harus menutup kepala untuk masuk ke tempat-tempat wisata tertentu seperti masjid atau kuil, sampai butuh alas untuk duduk, scarf bisa jadi solusinya. Dengan fungsi yang hampir sama, untuk para laki-laki bisa mempertimbangkan membawa buff mask. Membawa barang yang multifungsi akan membantumu menghemat ruang di dalam tasmu.

5. Travel documents & uang cash

Business document

Business document via https://stocksnap.io

Meski terkesan jadul, saya selalu membawa dokumen perjalanan dalam bentuk hardcopy. Percaya deh, hal ini akan membantu kamu di saat teknologi kurang bersahabat, contohnya saat handphone kamu mati karena error atau habis batere. Belum lagi di beberapa bandara di Indonesia, kamu masih harus nunjukkin dokumen dalam bentuk hardcopy-nya.