1. Beban

Study hard via https://id.pinterest.com

Sudah tidak heran jika kita berpapasan dengan adik tingkat, akan selalu terlontar kapan kak seminar usul? Kapan kak seminar hasil? Pertanyaan macam itu yang sering kamu temui takala kamu menjumpai adik tingkatmu, memang menjadi beban tersendiri buatmu, kamupun hanya melontarkan senyum lembutmu. Skripsi telah membuatmu menjadi pribadi yang murah senyum takala pertanyaan seperti itu muncul, namun disisi lain hal tersebut justru membuat kamu termotivasi untuk terus menulis tulisan yang hampir memakan waktu tidurmu.

2. Kamupun berusaha ‘tuk mencari motivasi

Perkataan dosen pembimbing terkadang membekas di hati kamu. Revisi ini, revisi itu, teori yang kamu pakai tidak relevan dengan topik yang kamu ambil, kamupun seperti memiliki telinga yang sudah biasa mendengar hal seperti itu. Namun terkadang justru kamu sendiri kehilangan semangatmu. Menyerah, lelah, malas mereka melambai hinggap dikepalamu. Terkadang tak sengaja terswipe foto orangtua di kampung halaman, memberimu semangat, seolah membangunkan dari tidur panjangmu.

3. Kamu sadar, bahwa menghargai waktu itu penting

Advertisement

Berbagai deadline menghampirimu tanpa kompromi. Kamupun dipaksa untuk membagi waktu, mengerjakan tugas kuliah, revisi skripsi, kamupun jadi pribadi yang lebih menghargai waktu, terlebih jika kamu mahasiswa semester 7, deadline tugas kuliah yang berhimpit dengan lingkaran merah di kalendermu pertanda harus menghadap dosen pembimbing skripsi membuatmu menghadap laptop sampai tengah malam. Tak ayal demi menyiasati agar semua list-list itu selesai pada waktunya kamupun membuat jadwal terperinci, semua ini kamu lakukan demi mempercepat hari yang kami tunggu sampai saat ini.

4. Kamupun melewatinya dengan lancar

Hari demi hari silih berganti, tanpa terasa kamu telah melewati yang namanya seminar usul penelitian dan seminar hasil penelitian, berbagai rintangan yang silih berganti suka duka semester 7 telah kamu lewati, berbagai deadline tugas dan juga revisi skripsi telah kamu selesaikan dengan lancar, hanya tinggal satu lagi tugasmu yakni sidang final atau kompre, kamupun patut berbangga karena hanya tinggal melewati satu tahap lagi untuk hari yang telah kau nantikan sejak lama, kamu hebat.

5. Hingga pada akhirnya, terbayarlah sudah

Perjuanganmu yang tidak mudah dimulai dari semester 1 hingga semester 8 telah membuatmu menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi, arti penting pertemanan, kebersamaan, teman seperjuangan telah kamu ketahui dari 8 semester yang telah kamu lewati. Saat ini kamu patut berbangga pada diri sendiri, karena kamu dan dirimu yang melakukannya dari awal hingga akhir.

Pada hari ini, air mata bahagia tumpah mulai dari kedua orangtuamu dan tentu saja dirimu. Namun kamu menyadari satu hal penting bahwa, hari dimana kamu mengenakan toga yang tersemat dikepalamu bukanlah akhir namun ini awal permulaan dari perjuangan sebenarnya.

Perjuanganmu untuk rela begadang hingga larut malam sudah terbayar pada hari ini, kamupun akhirnya menyadari bahwa tidak ada yang sia-sia atas apa yang telah kamu lewati. Buat kamu baik yang akan menginjak dan saat ini menginjak semester 7 jangan patah semangat ya, ingat hari yang kau nantikan sebentar lagi tiba, salam mahasiswa.