Jika mendengar kata New Zealand, yang terlintas di benak kita pasti lokasi film LOTR/ Lord of the Rings. Tidak heran memang, karena New Zealand dikenal sering dijadikan lokasi syuting film, tidak hanya LOTR, namun juga film-film Hollywood lainnya seperti Ghost in the Shell, Pete's Dragon, the Chronicles of Narnia, dan masih banyak lagi. Namun sebenarnya banyak tempat indah yang belum terlalu terekspose di New Zealand yang sangat sayang untuk dilewatkan bahkan layak dikategorikan a must visit. Apa sajakah? Berikut beberapa di antaranya.

1. Lake Mahinapua

Danau yang terletak di Hokitika atau sebelah barat South Island ini menawarkan keindahan tipikal danau di South Island pada umumnya, memantulkan pemandangan pepohonan dan puncak gunung-gunung es di permukaannya. Akan tetapi letaknya yang cukup secluded membuat belum begitu banyak traveller yang pergi ke tempat ini. Memasuki musim dingin dibutuhkan kewaspadaan ekstra karena permukaan rumput di tepi danau yang diselimuti es bisa menyebabkan tepi danau menjadi sangat licin. Namun dengan keindahan serta keunikannya, tentu tempat ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

2. Blue Pools

Tempat yang terletak di kawasan Mt. Aspiring National Park ini sebenarnya adalah aliran sungai dengan air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan. Setelah melewati hutan selama kurang lebih 30 menit pulang pergi dan melewati jembatan gantung, pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan yang menyejukkan mata ini. Memasuki musim dingin suhu bisa menjadi sangat dingin apalagi ditambah dengan lokasinya yang berada di tengah hutan, sehingga pengunjung harus siap dengan baju hangat. Selain track meunuju Blue Pools, juga tersedia track lain jika pengunjung ingin masuk lebih dalam ke hutan. Dengan petunjuk dan track yang tersedia, tempat ini cukup aman untuk dijelajah, namun tetap dibutuhkan kewaspadaan ekstra, apalagi jika musim dingin pegangan di sekitar jembatan bisa menjadi sangat licin. Jalur Blue Pools sendiri terletak sebelum Lake Wanaka yang seringkali menjadi destinasi utama para traveller, sehingga cukup mudah dijangkau.

3. Hamilton Garden

Advertisement

Sesuai dengan namanya, taman yang disebut-sebut sebagai salah satu taman terbaik di New Zealand ini terletak di kota Hamilton, kota terbesar keempat di New Zealand setelah Auckland, Wellington, dan Christchurch. Di dalam taman terdapat beberapa bagian yang terinspirasi dari berbagai negara, misal bagian Japanese Garden, Chinese Garden Tudor Garden, dan lainnya. Selan itu, di taman ini juga terdapat danau beserta air terjun kecil di sisinya yang semakin menambah indah suasana. Bagi pengunjung yang ingin membeli cinderamata, di pintu masuk taman terdapat sebuah toko cinderamata yang menjual berbagai pernak-pernik khas tempat ini, misalnya kartu pos bergambar Hamilton Garden, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

4. Island Bay

Tempat yang bisa dicapai dengan naik bus satu kali dari pusat kota Wellington ini, wajib masuk bucket list para traveller. Bukan cuma pemandangannya yang indah, namun juga kealamian tempat yang masuk wilayah konservasi ini membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan. Selain pantai dengan batu karangnya yang indah, di tempat ini juga terdapat sebuah pusat informasi yang memuat berbagai hal mengenai tempat ini. Jika meneruskan perjalanan, maka pengunjung akan mencapai Red Rocks, di mana di saat-saat tertentu pengunjung bisa menjumpai anjing laut di habitat asli mereka.

5. Lake Matheson

Danau yang disebut-sebut one of the most picturesque lakes in New Zealand ini terletak di South Island New Zealand, searah dengan lokasi menarik lain seperti Franz-Josef Glacier dan Fox Glacier. Danau yang dikelilingi pepohonan lebat ini membutuhkan sekitar 1,5 jam pulang pergi jalan kaki dari parkir kendaraan. Namun jangan khawatir track menuju tempat ini terbilang cukup mudah untuk dilalui dan tidak terlalu melelahkan. Di sepanjang jalan, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan sungai dengan airnya yang jernih berserta jembatan gantungnya.

6. Kaitoke Regional Park

Pernah mendengar tempat yang bernama Rivendell? Yup, tempat ini muncul di film LOTR, tempat di mana Frodo dkk memulai misi penghancuran cincinnya. Rivendell terletak di Kaitoke Regional Park, Upper Hutt, New Zealand, atau bisa dicapai kurang lebih 1,5 jam naik mobil dari Wellington, ibu kota New Zealand. Di sini, pengunjung dimanjakan oleh pemandangan yang masih sangat alami, sungai berair jernih beserta jembatan gantung di atasnya, pepohonan yang masih lebat, dan tentunya landmark yang menandakan bahwa tempat ini pernah menjadi lokasi syuting film LOTR, semisal gerbang Rivendell yang cukup terkenal. Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan malam di sini, juga tersedia camp site yang tersedia di sekitar tempat ini.