Apa kalian sudah muak dengan omong kosong para oknum pemerintah yang hanya berjanji saja dan memakan uang kita. Atau kalian hanya bisa menyalahkan pemerintah tanpa memberikan solusi dan kontribusi? Ada banyak sekali anak muda yang luar biasa dan ambisius di negeri ini, ada banyak pula anak muda yang apatis seolah ga mau tau tentang negeri ini, ya rumah kita ini. Kalo semua ga mau peduli terus siapa yang mau ngurusin?

Kalo bukan kita yang peduli dengan rumah kita ini (Indonesia) terus siapa lagi?

15 sampai 20 tahun lagi saya yakin generasi kitalah yang akan memimpin lembaga-lembaga pemerintahan di rumah kita Indonesia ini. Yuk kita singkirkan ego kita masing-masing mari kita bantu rumah ini walau hanya secuil, setidaknya sebuah sinergi dan dedikasi anak muda yang bersama-sama berkontribusi bisa memberikan dampak lebih baik. Kalo tidak bisa membuat dampak besar, setidaknya lakukan sesuatu yang kecil, karena hal besar dimulai dari sesuatu yang kecil seperti ini :

 

1. Kurangi menatap layar smartphone anda

Bukankah dunia nyata lebih seru daripada dunia maya

Bukankah dunia nyata lebih seru daripada dunia maya via http://facebook.com

Sekarang banyak orang malas mengobrol langsung di dunia nyata, mereka lebih memilih fokus ke dunia maya. Ya benar menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh. Katanya meet up  bareng temen-temen terus kalo dilihat dari status di path dan upload di instagramnya seru tapi kenyataannya malah asik dengan smartphone masing-masing. Yok kurangi menatap smartphone biar hidup kita lebih produktif dan bisa melakukan banyak hal untuk membantu sesama.

2. Matikan mesin saat mengisi bbm di SPBU

Tidak ada yang salah dengan mengantri kok

Tidak ada yang salah dengan mengantri kok via http://www.seputaraceh.com

Antrian udah panjang tapi mesin kendaraan masih dihidupkkan aja, begitu beratkah mematikan mesin sebentar saja atau kita yang terlalu malas mendorong motor sedikit demi sedikit saat antrian? Yuk tumbuhkan kesadaran untuk mulai menghemat bbm dengan tidak menghidupkan mesin saat antri di SPBU. Kalau bisa yang punya banyak uang bisa beralih ke pertalite atau pertamax, sayangi kendaraan kalian.

3. Berhenti membuang sampah di sembarang tempat

Kebersihan itu sudah menjadi kebutuhan

Kebersihan itu sudah menjadi kebutuhan via http://cahyahikarihamzah.wordpress.com

Kesadaran akan kebersihan di negeri ini masih kurang, padahal bangsa yang besar adalah bangsa yang sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Mulai detik ini kalo ada yang buang sampah di pinggir jalan bisa kita ambil dan kita buang di tempat sampah. Terus apabila kita ingin buang sampah dan ternyata tidak ada tempat sampah bisa kantong celana kalian dijadikan tempat sampah sementara sampe menemukan tempat sampah. Atau kalo smapah yang gede bisa ditaruh tas dulu. Selamat mencoba.

4. Korupsi jangan dibudidayakan

Stop blaming others

Stop blaming others via http://nasional.tempo.co

Budaya korupsi dan suap menyuap di Indonesia ini sudah dalam kondisi membahayakan, semua lapisan masyarakat atau pemerintahan melakukannya bahkan mereka saling menutupi. Kalo ada segelintir orang yang jujur malah dimusuhi, akhirnya lebih memilih bungkam. Belum lagi para elite politik yang melakukan bebrbagai cara untuk melemahkan KPK. Terus kita sebagai anak muda harus ngapain? Ya tetep berlaku jujur di manapun berada, jangan takut mengingatkan sesama. Jangan mau menerima hak yang bukan milik kalian. Kalau kita ga jujur kita sama aja dengan setan-setan berdasi di pemerintahan sana.

5. Ikut serta dalam kegiatan sosial

Hidup bukan untuk diri sendiri

Hidup bukan untuk diri sendiri via http://ayizmugi.blogspot.com

Budaya gotong royong yang dieluh-eluhkan presiden Jokowi sebenarnya bisa membantu mengurangi masalah di negeri ini, Cuma kitanya mau ikut serta enggak, bukan begitu kawan ?. Yuk mulai sekarang mulai ikut kegiatan-kegiatan amal yang sekarang lagi ngetrend di kalangan anak muda. Ini merupakan satu hal langkah yang positif untuk negeri ini, kalo kalian gada waktu kalian bisa mendonasikan atau menyumbangkan uang kalian ke lembaga-lembaga amal atau lembaga sosial lainnya. 

6. Kurangi beli produk asing dan mulai beli produk Indonesia

Produk Indonesia harus bisa

Produk Indonesia harus bisa via http://www.otosia.com

MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean tahun ini sudah dimulai, apakah kita sudah siap untuk ini semua? Dan bagaimana kalian ingin berkntribusi ? ya caranya kita bisa mulai dengan membeli produk-produk Indonesia yang sebenarnya ga kalah dengan produk asing, sayangnya kita membeli barang asing hanya karena gaya hidup kita yang dipengaruhi lingkungan sekitar sehingga menimbulkan mindset kalo ga beli produk asing ga keren. Yuk mulai sekarang kita beli produk lokal, Sepatu buatan Bandung juga bagus, atau Gitar buatan Mojokerto juga bisa jadi rekomendasi.

7. Mulai membiasakan disiplin seperti saat antri tiket atau mendahulukan penumpang yang turun

Kalo tidak bisa menjadi orang pintar jadilah orang yang disiplin

Kalo tidak bisa menjadi orang pintar jadilah orang yang disiplin via http://www.kompasiana.com

Perilaku Masyarakat Indonesia saat ini jauh dari kata disiplin, kita bisa lihat dari molornya waktu rapat, atau molornya beberapa acara. Atau antrian saat membeli tiket yang tidak teratur, belum lagi ego masing-masing penumpang saat mau naik kendaraan umum tanpa mau mendahulukan penumpang yang turun. Yuk mulai sekarang membiasakan disiplin seperti halnya negara-negara maju, mulai dari tepat waktu, antri yang teratur, dan mendahulukan penumpang yang turun. Saya yakin kalo hal ini diterapkan menjadi negara maju bukan hanya mimpi saja.

8. Kurangi menggunakan plastik, selalu bawa tas sendiri yang ramah lingkungan

Peduli bahayanya dampak plastik bagi bumi

Peduli bahayanya dampak plastik bagi bumi via http://ecovolutiontoday.wordpress.com

Kantong plastik atau yang juga di kenal dengan kantong kresek adalah satu benda yang sangatlah kerap kita pakai, ia sudah jadi salah satu sisi dari keperluan rumah tangga umumnya kantong plastik dipakai juga sebagai tas penyimpanan sesaat baik itu pakian serta makanan. jenis serta ukuran kantong plastik juga sangat bermacam bergantung ingin digunakan untuk apa. Dan tahukah kalian kalo Sampah kantong plastik konvensional memerlukan saat 500- 1000 th. lamanya untuk dapat terurai dalam tanah. Sulitnya penguraian ini bikin sampah plastik semakin menumpuk serta menebarkan pencemaran serta rusaknya lingkungan. ini yaitu salah satu misal bahaya kantong plastik yang perlu kita kenali.

9. Bagi yang berambisi membangun negeri, persiapkan diri untuk terjun ke Industri

Kalian yang akan memimpin negeri ini kelak kawan

Kalian yang akan memimpin negeri ini kelak kawan via http://newglobalcitizen.com

Sebenarnya banyak orang baik di negeri ini, tapi kebanyakan dari mereka tidak peduli dan tidak mau terjun ke dunia pemerintahan atau di dunia politik. Karena mereka menganggap politik itu kotor. Padahal sesungguhnya semua kebijakan yang terjadi adalah hasil kebijakan para elite politik entah itu yang baik ataupun yang buruk. Yuk mulai sekarang kita persiapkan semua untuk membantu membangun negeri ini, yang tertarik dunia politik jadilah pemimpin yang benar-benar bekontribusi untuk memajukan Indonesia. Benahi birokrasi, benahi korupsi, benahi sistem dan lain-lain. Entah nanti kelak jadi apa kalian tetaplah berkontribusi untuk membangun rumah kita tercinta ini Indonesia.

 

 

 

Sebenarnya kita ga perlu menunggu melangkah untuk tindakan besar, yang perlu kita lakukan adalah melakukan tindakan kecil dengan kesungguhan besar