Sebagai sosok manusia atau pribadi yang individual, yang lebih sering menyendiri dan melakukan apa-apa secara mandiri terkadang ada beberapa hal yang tersembunyi dan tak semua orang bisa memahami. Dia yang terlihat menutup diri, tidak banyak teman, hingga orang-orang di sekitarnya seringkali membuat penilaian terhadap dirinya. Tak perlulah menduga-duga atau bahkan berpikir negatif pada orang-orang seperti itu. Kamu hanya perlu memahaminya atau sekedar menyesuaikan diri dengannya.

Dalam menjalin sebuah pergaulan, seperti halnya pertemanan, dalam percintaan yang terpenting adalah bagaimana kita menyesuaikan diri atau menemukan kecocokan antar pribadi. Bicara tentang kecocokan dan terutama saat beradaptasi dalam sebuah pergaulan, entah dalam suatu kelompok atau dengan seseorang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut agar kita tetap jadi diri kita sendiri dan memiliki banyak teman.

1. Datangilah dia atau sekumpulan orang yang ingin kamu jadikan teman

kenalan dulu donk via http://piknikdong.com

Langkah awal untuk mendapat teman atau bergaul dengan lingkungan yang diinginkan adalah berani dan percaya diri untuk mendatanginya. Cobalah untuk mendekati, kenali karakteristiknya, dan temukan apa kebiasaannya, apa kegemarannya. Hal tersebut bertujuan agar kita dapat menyesuaikan dan menjadi bagian darinya. Upayakan untuk melakukan atau mengiyakan ajakan darinya. Dengan cara seperti itu, nantinya kita dapat di terima baik dan benar-benar menjadi bagian darinya.

2. Berusaha untuk tetap mengikuti dengan tidak melupakan prinsip pribadi

jelaskan pada mereka via http://kompas.com

Saat memutuskan untuk memulai bergaul atau menjadi bagian dari sebuah kelompok, komunitas, atau kehidupan seseorang pastinya menemukan ketidakcocokan. Ketidakcocokkan yang bertentangan dengan prinsip pribadi seharusnya disikapi dengan tetap berpegang pada prinsip, namun tidak menyinggung perasaan orang lain.

Indah : Ines, Nanti malam ikut aku, yuk! Nongkrong bareng temen-temen.

Inesa : Wah, sepertinya seru itu. Jam Berapa ? Di mana?

Indah : Jam 8 malam, di warung temen gue, biasa tempat anak-anak kumpul.

Inesa : Maaf ya, aku nggak bisa gabung kali ini. Aku tidak bisa keluar malam, nggak boleh sama nyokap.

Advertisement

Dengan menolak secara baik-baik dan dengan alasan yang jelas akan mengamankan hubungan kalian!

3. Tunjukkan dirimu yang sebenarnya dan perkenalkan pada mereka

Setelah cukup lama bersama dan menyesuaikan dengan kebiasaan, kesukaan, dan mengikuti ajakannya, kini saatnya kamu tunjukkan dirimu yang sebenarnya. Perkenalkan secara bertahap dengan waktu yang berangsur-angsur agar mereka pahami sendiri. Saat perkenalan dengan karakter dan prinsip pribadi, biasanya akan terjadi perubahan di hubungan kalian, bahkan tak jarang akan timbul perselisihan. Jadilah dirimu yang sebenar-benarnya dan jika terjadi kesala pahaman jelaskan padanya dengan baik. Terimalah segala masukan dan komentar darinya agar terjalin keharmonisan dan saling pengertian.

4. Hargai segala perbedaan dan cobalah saling mengerti

pahami dirinya via http://psikologikita.com

Perlu dipahami bahwa setiap individu punya karakteristik yang beraneka macam, yang memungkinkan timbul sebuah perbedaan atau ketidakcocokan. Mengertilah akan hal tersebut, karena sebuah perbedaan tidaklah menimbulkan perselisihan atau perpecahan. Seharusnya perbedaan tersebut dapat membuat sebuah keunikan dan keanekaragaman yang tetap bisa dipersatukan.

5. Teruslah bertahan karena itu adalah kunci sukses dalam sebuah hubungan

tetap bersama-sama via http://rockingmam.id

Seperti yang seringkali aku dengar, bahwa “bertahan Itu lebih sulit dari pada meningkatkan”, bertahan adalah perjuangan sebenarnya dalam menjalin sebuah hubungan. Saat kamu mencoba bertahan dari segala rintangan yang kamu dapatkan, di situlah kamu benar-benar di uji kesetiaan dan kemampuanmu menjaga hubungan. Memang dalam sebuah hubungan ada masa-masanya sendiri, ada kalanya saling bertengkar, saling diam, dan tak mau bertemu. Namun setelah menemukan solusi dan menyudahi segala masalah itu tadi, kembalilah semua seperti semula, tetap berteman baik dan saling mengerti.

6. Jangan membatasi diri dan perbanyak relasi

terus tambah relasi via http://youthmanual.com

Dunia ini luas, teman. Masih banyak pula yang belum kamu temukan dan belum kamu ketahui di luar sana. Maka dari itu, jangan cepat puas dengan apa yang sudah kamu miliki dan kamu dapatkan saat ini. Teruslah memperbanyak komunikasi dan berekenalan dengan orang-orang di luar sana. Kenali dirinya, berbabur dengannya, dan menjadi bagian darinya. Ingat pula, bahwa orang sukses tak bisa dilakukan sendiri. Terdapat tangan-tangan orang lain yang juga berkonstribusi. Semakin banyak teman dan relasi, semakin mudah pula menggapai sukses dan hidup bahagia. Amin.