“Bulan ramadhan sudah di depan mata ya?. Duh, kok cepet banget!. Belom Juga Sempat Siap-siap!.”

Dalam kalender bulan qomariah, masyarakat dunia mengenal ada suatu bulan yang amat diistimewakan oleh para pemeluk agama Islam. Karena mengapa? Pada bulan itu, umat islam memiliki serangkaian kewajiban yang harus ditunaikan. Walau demikian, karena semuanya memang diniatkan untuk beribadah, taka da yang sulit untuk dilakukan.

Sebagai pemeluk agama islam, kamu pasti juga menganggap bulan itu spesial bukan? Agar Ramadhanmu kali ini bisa lebih istimewa dari Ramadhan sebelumnya, berikut tips dari kami agar kamu bisa menghadapi bulan Ramadhan dengan Mantap.

 

1. Siapin Niat Kita Untuk Fokus Beribadah Di Ramadhan Ini Yuk!

Karena Ibadah, Diawali Dengan Niat! via http://elaptopku.blogspot.com

A: Bulan Ramadhan enaknya ngapain ya?

B: Ya beribadah lah! Yah kali ngelakuin yang lain!

A: Berati gue mesti ngaji terus gitu?

B: Ngaji sih bagus. Cuman, imbangin juga ama kerja, ama belajar!

A: Oke, makasih yak

B: Sip! Masama!

Banyak yang bingung mesti ngapain di bulan Ramadhan. Biarpun itu bukan Ramadhan mereka yang pertama, tetep aja bingung. Akhirnya, saat Ramadhan mereka lebih memilih untuk tidur, males-malesan, atau ngebuang waktunya dengan percuma.

Itu tadi sih, boleh-boleh aja. Cuman, sayang aja!

Coba deh, mulai sekarang bikin to-do-list kamu untuk melewati sebulan Ramadhan yang bentar lagi dateng! Biar lebih teratur, dan lebih bermakna Ramadhanya! Nggak mau kan, Ramadhanmu terlewati dengan sia-sia?

Advertisement

“Ramadhan merupakan bulan yang istimewa. Pahala akan dibuka lebar, dan pintu ampunan akan dibukakan.”

2. Latihan Mengurangi Asupan Makanan Di Siang Hari Bisa Membiasakan Dirimu Sebelum Ramadhan Tiba Loh Gaes!

Ayo Latihan! Biar Gak Kaget! via http://yaresep.blogspot.com

Seperti yang kita ketahui bersama, bulan Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Iya, puasa. Artinya? Kita mesti bisa menahan lapar dan haus yang melada. Buat yang nggak terbiasa, mungkin bakal berat. Apalagi yang biasa makan 5 kali sehari!

Untuk itu, biar kamu juga nggak kaget pas hari-hari pertama puasa besok, ada baiknya kalo kamu mulai mengurangi jumlah asupan makan di siang hari. Selain bisa mengurangi pengeluaran pra-Ramadhan, kamu juga bisa sambil latihan diet! Kan lumayan!

3. Rapih-Rapih Rumah Dan Lingkungan Sekitar Dari Sekarang! Biar Ibadahnya Bisa Khusyuk!

Kalo Rapih Kan Enak! via http://aneiqbal.com

Siapa sih yang pengen hidup di tempat yang berantakan? Nggak ada yang mau kan?.

Kebutukan akan lingkungan yang bersih dan rapih, merupakan hal yang mendasar bagi setiap manusia. Dan untuk beribadah, memang lebih enak kan kalo rumah dan lingkungan sekitar tertata rapih? Yuk, segerakan rapih-rapihnya! Minta tolong ke asisten rumah tangga juga boleh!

4. Buat Kamu Yang Jarang Masak, Ayo Latihan Masak! Harga Makanan Di Bulan Ramadhan Biasanya Melonjak Lho!

Coba Masak Dari Yang Gampang Aja! via http://yaresep.blogspot.com

Biarpun Ramadhan merupakan bulan puasa, bukan berarti kamu tidak butuh makan kan? Malah, bila mengingat tahun lalu, varian jenis makanan yang kamu makan saat Ramadhan mungkin lebih bervariasi ketimbang hari biasa.

Bila kamu tidak bisa memasak makanan yang akan kamu santap, mungkin saja anggaran belanjamu akan membengkak. Selain habis dipakai untuk membeli makanan yang bervariasi, harga makanan yang naik juga memperparah neraca pengeluaran.

Untuk meminimalisir anggaran belanja, gak rugi kan kalo belajar masak sendiri?

5. Siapin Alat Shalat Terbaik Untuk Kamu Gunakan Saat Shalat Tarwih Dari Sekarang!

Sibuk Boleh, Tapi Sempetin Tarawih Ya! via http://elaptopku.blogspot.com

Sedari kecil kita sudah dilatih untuk terbiasa bertarawih saat ramadhan kan? Ketika beranjak dewasa seperti sekarang, apa salahnya tuk melanjutkan? Toh, Menambah kekhusyukan!

Shalat terawih merupakan sebuah ibadah yang tak kalah spesial dari puasa ramadhan. Shalat ini “hanya ada” di bulan ramadhan saja. Karena kespesialan ini, banyak list pahala yang Allah siapkan bila kamu berhasil istiqomah dalam menjalankan.

Untuk itu, yuk, siapin alat Shalatnya!

6. Untuk Kamu Yang Sudah Punya Anak, Siapin Juga Baju Muslim Paling Cakep Buat Anakmu Yang Unyu Itu!

Yang Udah Unyu, Pasti Tambah Unyu! via http://aneiqbal.com

“Alat shalat untuk dirimu? Sudah. Anakmu juga diperhatikan yah!”

Bila di point sebelumnya kita mengenang kebiasaan salat terawih yang sudah dilatih sejak kecil, kali ini kami ingin menyarankan agar kamu melanjutkan “tradisi” yang dianjurkan oleh agama kepada sang buah hati. Caranya gimana? Bisa dengan memberikan baju muslim anak paling cakep untuknya, atau bisa mulai memberinya serangkaian wejangan motivasi.

7. Untuk wanita, Mulai list Tempat Makan Siang Yang Bakal Buka Pas Bulan Ramadhan! Daripada Kerepotan Pas Datang Bulan!

Daripada Besok Repot Kan! via http://yaresep.blogspot.com

Ini tips yang bakal dipakai sama kaum hawa nih! Pas bulan Ramadhan kan, pasti akan ada saja tamu yang tiba-tiba datang. Bila itu terjadi, kamu tentunya tidak bisa berpuasa bukan? Lagipula, menurut beberapa pengakuan teman penulis, kalo pas lagi “waktunya” tuh, badan suka lemas. Dan kalo laper, kadang nggak bisa ditahan.

Untuk menanganinya, ada baiknya kalo misalnya kamu bersiap dari sekarang! Sebagai seorang pembeli, sah-sah aja kok buat nanyain tempat makan itu bakal buka atau tidak pas Ramadhan nanti!

Kalopun kamu mau cari aman, bawa bekal makan dari rumah juga boleh Senyaman kamu aja!.