Apa yang dibutuhkan manusia dalam hidup, yang paling penting dari yang paling penting? Mungkin setiap orang punya jawaban masing-masing yang sejalan dengan pola pikir dan prioritas masing-masing. Namun hal yang paling menentukan sebenarnya adalah hal yang sudah jadi kata jadul yang tak banyak dimiliki orang-orang; yaitu 'keberanian'.

Unsur ini tentu saja bisa disebut sepele. Siapa yang butuh keberanian kalau kau punya uang? Mereka sering bilang begitu. Namun untuk beberapa orang, apalagi dalam situasi tertentu, fragmen kecil ini adalah kebutuhan dasar yang bisa sangat menentukan hidup mereka baik di masa kini maupun masa depan.

Kebanyakan orang yang tidak memiliki keberanian tentu akan menghadapi berbagai macam penderitaan dan kesulitan dalam hidup mereka. Dan itu akan jadi ranjau di depan mata yang akan sangat menyusahkan. Mereka punya keinginan tertentu, tapi terlalu takut buat mengutarakannya. Kepala mereka selalu berkata, "Aku takut." lalu kembali diam membatu tanpa merubah apapun. Dalam hal ini, hidup mereka pun akan mudah dibanjiri dengan berbagai macam bencana, baik itu secara jasmani, dan tentunya, rohani. Ketakutan seseorang bisa membendung jalan mereka menuju hidup yang bahagia. Tak peduli berapa pun usia mereka.

Berikut buat kamu yang merupakan seorang penakut, di sini ada beberapa cara untukmu supaya bisa mengalahkan ketakutanmu. Agar kamu segera lulus dari ilusi psikis bernama ketakutan dan mulai melihat dunia dengan pikiran terbuka.

 

1. Temukan alasan sejati dari ketakutan kamu sesungguhnya

Kebanyakan orang merasa takut tanpa alasan yang jelas. Tentu saja, karena unsur itu memang merupakan elemen yang mistis dan sulit dijelaskan. Fobia adalah contoh yang normal lagi membingungkan untuk menjelaskan satu ketakutan dalam ekstensi dasar. Bagi setiap orang ketakutan itu wujud seperti angin. Tidak ada wujudnya, tapi bisa dirasakan. Untuk beberapa orang mungkin ada sebab tertentu kenapa mereka mulai merasa takut pada hal-hal tertentu, dan dari situ pula semua beban psikis mereka tumbuh. Seperti, seorang anak yang berbohong pada orang tuanya, pasti takut kalau kebohongan tersebut akan terbongkar dan akan dihukum karena kejahatan tersebut. Hal itu membangkitkan ketakutannya.

Bagi kamu yang punya ketakutan tertentu, atau selalu saja takut untuk alasan yang tidak jelas, maka perlu sekali mencari tahu asal-muasal ketakutanmu itu. Memindai sebab dari kasus tertentu adalah hal yang sangat diperlukan. Jika kamu tidak mengerti apa alasan kamu takut maka kamu akan sulit untuk menyembuhkan diri. Maka dari itu, langkah pertamanya adalah, mengetahui sebab ketakutanmu terlebih dahulu.

2. Temukan celah dari ketakutan yang kami hadapi dan mulailah bergerak menantang

Saat seseorang takut maka pasti ada sebab tertentu kenapa mereka begitu. Ketika telah mengetahui alasannya berarti menemukan solusi tertentu pada ketakutan tersebut tentunya bisa dilakukan. Hanya saja solusi cadangan seperti membuat pengalihan sebenarnya tidak akan membantu banyak. Pada dasarnya obat utama untuk menyembuhkan seseorang dari ketakutan adalah dengan menghadapinya. Seorang penulis tak akan pernah bisa membagi idenya kalau dia terlalu takut untuk menerbitkan karyanya. Selalu ada cemoohan dari teman kalau imejnya tidak cocok untuk jadi penulis, konten yang dia bikin jelek, atau sebagainya. Satu langkah kecil ke belakang akan membuat seseorang terus menapak mundur. Tak akan ada perkembangan dalam hidup. Poin penting untuk menghadapi ketakutanmu, tentu saja, dengan menghadapinya. Dan itu membutuhkan keberanianmu, walaupun kecil, itulah yang dibutuhkan.

3. Stop pikiran negatif, mari berpikir lebih baik

Now, let's be optimistic

Now, let's be optimistic via http://www.clipartkid.com

Ketakutan bisa juga datang dari halusinasi yang dibuat-buat atau dimasukkan dalam jiwa seseorang. Terkadang hal itu muncul karena kekhawatiran. Orang-orang yang takut menghadapi masalahnya selalu berpikir, "Tidak mungkin bisa selesai, selamanya tak akan selesai." Pemikiran negatif semacam itu akan memperburuk kondisi psikologis seseorang.

Kekhawatiran yang berlebihan dan berulang-ulang bisa menciptakan banyak sekali kekacauan, dan itu akan memperburuk sudut pandang seseorang, hanya terfokus pada kesulitan dan hasil buruk yang mungkin akan terjadi, lalu membuat mereka sulit menentukan langkah. Kamu yang sering seperti ini harus mulai berhenti khawatir dan berpikiran buruk terus. Cobalah untuk melihat masalah dan ketakutanmu itu dengan sudut pandang yang plural. Tidak hanya pada satu sisi saja. Dengan mendinginkan kepala dan jiwa pikiran positif akan lebih mudah masuk. Dan dari situ solusi bisa lebih mudah didapatkan.

4. Belajarlah dari orang-orang di sekitarmu untuk menata hidup

Pernah berpikir, "Bagaimana orang bisa melakukannya sedangkan aku tidak?" Ada orang yang bisa membangun usaha dengan modal kecil dan risiko besar dan bisa sukses dalam jangka waktu singkat, dan kita malah tak bisa membangun apapun. Sekarang, kenapa bisa begitu? Kita sama-sama manusia, sama-sama makan, dan sama-sama menghirup udara. Lantas kenapa ada perbedaan semacam itu?

Tak selamanya kita bisa hidup dengan cara pandang sendiri. Terkadang mengikuti langkah orang lain yang lebih sukses dan punya mental besar adalah pilihan tepat untuk membangun jiwa berani. Dengan memperhatikan cara mereka hidup dan bagaimana mereka bersikap pada dunia perlahan kamu pasti bisa mengerti metode mengembangkan dirimu jadi lebih baik. Orang lain adalah contoh yang sederhana dan gratis. Mereka bisa jadi bahan pelajaran yang praktis lagi efektif!

5. Jangan lupa juga untuk cari hiburan diri sendiri

Satu cara mudah untuk bisa menstabilkan diri adalah dengan menghibur diri. Lelucon merupakan yang paling besar dampaknya. Melihat acara lawak, membaca buku-buku berunsur komedi, dan berinteraksi dengan teman sekawan dalam suasana riang adalah metode yang mumpuni untuk membina diri menjadi terkontrol.

Orang yang banyak ketawa pasti mengerti bagaimana indahnya dunia dan saat mereka tertawa yang namanya ketakutan itu tak akan hadir. Kehidupan akan kaku tanpa tertawa. Terlebih lagi buat kamu yang selalu dirundung ketakutan. Sebaiknya banyak-banyaklah menghibur diri, dengan cara apapun, selagi itu positif dan mampu membangun mentalitasmu. Ada banyak keberanian pada orang-orang lucu, kecerdasan, dan juga jiwa yang kuat lagi kukuh. Maka dari itu, jangan pernah melupakan hiburan dalam hidup, terutama tawa :D

 

Nah, itulah dia beberapa langkah untuk menaklukkan ketakutan. Semoga artikel ini punya manfaat bagi para pembaca. Untukmu yang selalu dikalahkan oleh ketakutan sebaiknya mulailah membenahi diri dan keluar dari tempurung kura-kura yang gelap itu. Ketakutan tak akan membawa siapapun ke depan. Dan kamu tak akan menemukan tempat di manapun jika terus saja seperti itu. Maka bangkit dan mulailah menerobos ketakutan itu dengan langkah yang ringan! Fight the fright!