Halo Backpacker, Salam lestari. Banyak teman-teman saya yang bertanya mengenai budget traveling ala backpacker yang murah, pertanyaan dari teman-teman saya yang beragam "Enak banget bisa keliling indonesia, pasti mahal yah budgetnya" atau "Mas, budget ala backpacker yang murah dan menyenangkan seperti apa? boleh berbagi tipsnya dong" yups itulah pertanyaan yang sering terlintas di telinga saya. Untuk memperkirakan budget, pertama yang harus dilakukan tiga tahap yaitu : Transportasi, Akomodasi dan Makanan. Sisihkan beberapa saja budget untuk biaya yang tidak terduga.

 

1. Transportasi

Nebeng mobil ala backpacker, Ilustrasi.

Nebeng mobil ala backpacker, Ilustrasi. via http://merdeka.com

Budget transportasi ini mencakup tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus (Pilihlah yang menurut anda cocok sesuai dengan budget) dan biaya transportasi kendaraan umum ketika berada di kota. Biasanya saya memperkirakan seluruh biaya transportasi sebagai berikut :

1. Pertama, totalkan semua harga biaya transportasi untuk mengetahui biaya transportasi tiket bisa kamu cek di google atau booking tiket online pilihlah harga yang termurah atau promo. Lalu totalkan semua biaya transportasinya.

2. Kedua, Jangan lupa mencari info tranportasi lain jika harga tiket tidak mendukung "Ngecer" yang mungkin harganya jauh lebih murah.

Contoh : Harga tiket kereta Jakarta - Malang, harga Rp 300.000,- alternatif "Ngecer" dengan menggunakan bisa Jakarta - Jogja Rp 105.000,- Ekonomi class, Lalu Jogja - Malang Rp 110.000,-  maka jika di total 105 + 110 = Rp 215.000,- maka anda bisa menyisihkan Rp 85.000,- untuk keperluan lainnya.

2. Akomodasi

Akomodasi sangat penting ketika kamu singgah di kota lain untuk sekedar menitipkan tas/carrier maupun melepaskan lelah dan beristirahat. Carilah informasi mengenai kota yang anda tujui mengenai tempat tinggal backpacker yang hargnya cukup di bilang lebih murah. Biasanya menurut pengalaman pribadi saya biaya akomodasi untuk backpacker seharga 50-80 Ribu permalam sudah sama kamar mandi. Yang dua tahap yang saya lakukan untuk mengenai biaya Akomodasi yaitu :

1. Pertama, kumpulkan informasi di internet mengenai harga penginapan yang anda tujui dan carilah informasi budget yang sesuai dengan kantong anda. Kemudian totalkan semua biaya Akomodasi yang sesuai dengan beberapa hari kita menginap

2. Kedua, jika anda singgah sesaat untuk melepaskan lelah sejenak ataupun hanya sekedar bersih-bersih anda tak perlu menyewa penginapan untuk melakukan itu banyak tempat dan fasilitas singgah sesaat untuk melepaskan lelah seperti Pom Bensin baik di musholah untuk hanya sekedar tidur-tiduran ataupun toiletnya hanya sekedar bersih-bersih, Kantor Polisi juga bisa menjadi tempat singgah sesaat untuk melepaskan lelah maupun menginap sehari disana dan bercanda maupun bergurau dengan polisis setempat atau kota yang ada singgahi dan yang terakhir adalah masjid sekitaran.

3. Makanan

Perlengkapan Makanan

Perlengkapan Makanan via https://instagram.com

Ini mencakup makanan-minuman selama di jalan dan cemilan, Budget makan juga harus kita tentukan. Biasanya secara kasarnya saya membatasai sehari Rp 50.000,- sudah sama makan pagi, makan siang ataupun cemilan. Tetapi ini juga tergantung kota yang kita singgahi, lebih baik mencari info biaya kota yang kita singgahi dan keperluan sehari-harinya. Jika kamu mau mengirit biaya cost makanan, bawalah perbekalan makanan dari rumah sebelum berangkat. Anda akan mengirit biaya pengeluaran dan dapat menyisihkan cost untuk keperluan lainnya.

4. Destinasi wisata terbaik dan termurah

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing via https://instagram.com

Bangkok punya Khaosan Road,  Hong Kong punya Kawloon, Kalau indonesia punya apa ya? kalau Indonesia menurut saya surganya alam dan budaya. Kota-kota seluruh dunia maupun indonesia biasanya memiliki tempat area backpacker setiap kota, Indonesia mempunya ratusan area backpacker karena Indonesia sebagai destinasi wisata alam terbaik karena "Eksotis" dan berlimpah matahari cocok untuk turis asing. Saya ingin berbagi dan membahas area backpacker yang sudah sempat saya singgahi, Yaitu :

1. Jalan Sosrowijayan dan Prawirotaman yang letaknya di Yogyakarta

2. Poppies Lane di Kuta Bali dan Monkey Forest di Uhud Bali

3. Jalan Kauman di Semarang

4. Cemoro Lawang, Sukapura/Tosari di Bromo

5. Tuk Tuk di Danau Toba (Sumatra)

6. Pasar Tumpang area Basecamp Backpacker di Malang.

Itulah diatas beberapa area backpacker, soal harga jangan di tanya disana menjual berbagai perlengkapan atau tempat singgah yang harganya cukup murah. Jika ingin mengunjungi wisata indah namun murah sebaiknya anda mengunjungi tempat wisata seperti : Pantai, Gunung, Musium dan Alun-Alun Kota.

5. Dukumen perjalanan dan sebagainnya

Ilustrasi Dokument Penting

Ilustrasi Dokument Penting via http://www.inflexyon.com

Persiapkan dukument penting seperti tiket ataupun pasport jika ingin mengunjungi luar negeri. setelah semua budget jalan-jalan sudah terhitung secara kasarnya, sisihkan uang 30% untuk pengeluaran yang tidak terduga dan sebagai dana cadangan. Ini penting, tentunyan tidak mau liburan perjalanan anda berantakan akibat kehabisan uang ditengah jalan bukan?. Itulah tips traveling dengan biaya murah namun menyenangkan

Indonesia itu keren mblo, Masih mau stay di rumah terus?