Bila kamu sering denger Temanggung, bayangan kita hanya berita waktu ada teroris disini, hahaha, tak khayal, di Jakarta dan Bogor, tiap orang tanya asal daerahku dan aku jawab Temanggung mereka ingatnya "sarang teroris". Gara-gara Ibrohim ngaku Nurdin M Top kala itu.

Padahal banyak wisata yang bisa dieksplor di kabupaten yang berjuluk "Negeri Tembakau" ini. Eits, Negeri Tembakau? Yups, Temanggung terkenal akan Tembakaunya. Selain itu Kopi dan vanilli tumbuh subur di Temanggung. Yuk, cekidot,. ada apa aja sih di Temanggung,. 

 

1. Curug Surodipo (Curug Trocoh).

curug trocoh, wonoboyo

curug trocoh, wonoboyo via http://potensijateng.com

Terletak di kecamatan Wonoboyo, bagian utara kab Temanggung. Untuk sampai kesana, dari Temanggung ke arah Candiroto, kemudian belok kiri menuju kecamatan Wonoboyo. Secara administratif, Curug Surodipo berada di  Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo.

Selain menyajikan lanskap pegunungan yang indah, perjalanan menuju Curug Surodipo pun mengisahkan satu cerita tersendiri. Jalan kecil berbatu adalah jalan utama yang harus dilewati untuk menuju Curug Surodipo, bisa dengan menggunakan sepeda motor, namun harus ekstra hati-hati karena jalan menanjak dan berkelok. 

Curug ini masih belum banyak di eksplore, sehingga masih terasa keasriannya, ciyee

2. Goa Lawa Bejen.

Masih diutara Temanggung, ada Goa Lawa yang terletak di desa Ngalian Kecamatan Bejen, perbatasan Temanggung – Kendal, pernah dirintis pengembangannya oleh Mahasiswa AKPARI Semarang.

3. Pesona Sindoro Sumbing dari Tretep.

ini nih, dari Tretep, sweet banget Gunung Sindoro dan Sumbing

ini nih, dari Tretep, sweet banget Gunung Sindoro dan Sumbing via http://www.temanggungkab.go.id

Rasanya kaget saat main ke situs pemerintah kab Temanggung nemu foto ini,. analisa aku, ini diambil dari Gapura "Selamat datang di Kecamatan Tretep" mantap.

4. Canggal, Candiroto.

Canggal adalah desa tertinggi yang ada di kecamatan Candiroto, sebuah desa yang menghubungkan 2 destinasi wisata, yakni Jumprit dan Dieng, Wonosobo,. coba deh kalau ke Dieng-nya lewat Ngadirejo,. rasakan alaminya lereng gunung Sindoro.

5. Umbul Jumprit.

para biksu mengambil air suci di umbul jumprit untuk waisak

para biksu mengambil air suci di umbul jumprit untuk waisak via http://komisikepolisianindonesia.com

Jumprit, yaa, mata air suci ini terletak di desa Tegalrejo, kecamatan Candiroto. Seperti biasanya saat peringatan Hari Raya Waisak, banyak para biksu yang datang untuk mengambil air suci ini. Di jumprit sendiri banyak terdapat kawanan monyet, hehe serta hutan pinus di kawasan jumprit yang biasa dijadikan lokasi kemah ataupun foto-foto.

6. Hutan Pinus Jumprit.

hutan pinus dikawasan jumprit

hutan pinus dikawasan jumprit via http://www.temanggungkab.go.id

Di sebelah barat umbul jumprit, terdapat hutan pinus dengan pemandangan yang indah. Sayang kalau ke jumprit tidak mampir hutan ini. Lumayan buat foto sama teman,keluarga ataupun gebetan, ciyeeee

7. Embung Kledung.

bercermin di embung

bercermin di embung via http://www.temanggungkab.go.id

Embung adalah suatu danau buatan yang ukurannya lebih kecil dari waduk yang berfungsi sebagai sumber pengairan pesawahan disekitarnya. Embung Kledung terletak di Kecamatan Kledung, sebelah barat kota Parakan.

Nah, pengalaman saat menuju Embung Kledung, bingung aku masuknya darimana. Setelah tanya-tanya masuknya lewat jalan disebelah kuburan masih daerah Kledung pass. Dan akhirnya ketemu juga,. beruntung banget kalau pas kesini pas Gunung Sindoro terlihat cerah, akan terpantul bayangannya di embung

8. Kledung Pass.

kledung pass, pas di tengah-tengah Sindoro Sumbing

kledung pass, pas di tengah-tengah Sindoro Sumbing via https://ozhawiddya24.wordpress.com

adalah Kawasan terbuka yang berada di antara dua Gunung Besar, yakni Sumbing dan Sindoro. Kledung membelah jalan raya Temanggung –Wonosobo, sehingga sangat mudah dicapai dengan kendaraan apapun. Ditempat ini terdapat kedai kopi dengan aneka rasa serta rumah makan dengan view alam pegunungan. Lokasi Jalan Raya Temanggung-Wonosobo, Kledung. 

9. Posong Kledung

Dari Kledung menuju Parakan, terdapat pesona Sunrise "Posong". kegiatan "berburu sunrise" menjadi trend saat ini untuk pemuda Temanggung. terletak dilereng Sindoro, wilayah administrasi desa Tlahap, kec Kledung menjadi destinasi wisata yang sayang bila Anda lewatkan.

10. Situs Liyangan Ngadirejo.

Balik lagi ke Temanggung Utara, di Ngadirejo tepatnya di desa Purbosari. Beberapa tahun yang lalu masih hangat di Temanggung tentang penemuan situs Liyangan. situs ini ditemukan diarea penambangan pasir lereng gunung Sindoro. situs ini membuka peninggalan kerajaan Mataram kuno 

11. Candi Pringapus Ngadirejo.

Candi Pringapus merupakan candi Hindu yang berada di desa Pringapus, Ngadirejo. didalamnya terdapat arca Nandi, pengikut dewa Siwa. pas SMP, sering nih main kesini. Di dekat candi terdapat sebuah danau bernama Endhong sewu, tempat latihan renang, haha.

12. Curug Guwung, curug indah tersembunyi.

jujur saja, pas nulis ini, aku belum pernah kesana. tapi teman2 di kampung sudah pada kesini,. maklum perantau gak sempat jalan2 pas di rumah

Curug ini bisa di kunjungi melalui dua tempat, karena berada di dua wilayah kecamatan berbeda, sekaligus sebagai perbatasan antara Kecamatan Candiroto dengan Kecamatan Bejen. Curug ini ada di aliran sungai Lutut yang juga satu aliran dengan Curug Trocoh.

Untuk menuju lokasi ini, jika melalui wilayah Kecamatan Candiroto lewat Desa Gunung Payung. Sedangkan jika melalui wilayah Kecamatan Bejen lewat Desa Congkrang. Kedua wilayah kecamatan terhubung dengan jalan raya Magelang Sukorejo (Kendal). 

13. Curug Onje Bejen.

Onje waterfall Bejen

Onje waterfall Bejen via http://www.kaskus.co.id

ini juga satu curug yang belum aku kunjungi, deuh teman-teman di kampung bikin iri pengen pulang,. hiks hiks :(

berlokasi di Desa Duren, Kecamatan Bejen. Di sepanjang aliran sungai terdapat 7 air terjun yang dikenal dengan nama Curug Onje. Untuk mencapai lokasi, pengunjung akan melewati areal perkebunan yang asri dengan dihibur kicauan burung sambil sesekali terdengar koko ayam hutan.

14. Curug Lawe Gemawang.

Lawe waterfall Gemawang

Lawe waterfall Gemawang via http://www.kaskus.co.id

Jatuhnya air terjun dari tebing yang curam, bagaikan benang-benang putih yang yang dalam bahasa jawa disebut ‘Lawe’ (tali seratnya putih) membuat namanya lebih cocok menjadi Curug Lawe. Berlokasi di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang.

15. Curug Ketitang Nampirejo.

curug thitang / ketitang

curug thitang / ketitang via http://www.kaskus.co.id

terletak di Desa Nampirejo, Kecamatan Temanggung. Pemandangan alamnya yang indah nan hijau, penuh dengan ppohonan , menciptakan udara yang sejuk dan bebas dari polusi udara. Jauh dari kebisingan, Curug Thithang menawarkan suasana damai dengan suara gemericik air dan suara serangga/burung yang hidup di sekitar air terjun.

Bagi yang memiliki kegemaran berpetualang , tempat ini cocok sekali karena bisa menyusuri sungai sampai ke atas air terjun.

mantap banget pokoke jos gandhos :P

16. Embung Tlogopucang, Kandangan.

embung tlogopucang sore

embung tlogopucang sore via http://tani-temanggung.blogspot.com

Satu lagi embung yang tak kalah cantiknya dengan embung Kledung. Adalah embung Tlogopucang. embung yang terletak di desa Tlogopucang kecamatan Kandangan ini menyajikan panorama indah yang sayang untuk dilewatkan.

17. Monumen Meteorit.

meteor pernah jatuh di temanggung

meteor pernah jatuh di temanggung via http://www.temanggungkab.go.id

Tempat jatuhnya batu meteot di Desa Wonotirto Kec. Bulu Temanggung.

18. Prasasti Gondosuli, Bulu

papan informasi prasasti Gondosuli

papan informasi prasasti Gondosuli via http://tarabuwana.blogspot.com

Jasmerah bung. di desa Gondosuli kecamatan Bulu, terdapat prasasti Gondosuli. Prasasti Gondosuli merupakan salah satu obyek wisata sejarah, bahkan bisa disebut paling bersejarah di Kabupaten Temanggung. Dari tempat inilah wisatawan bisa memperoleh gambaran mengenai kehidupan social budaya masyarakat Temanggung tempo dulu.

Ditulis pada tahun 832, sesuai dengan candrasengkala yang ada, Prasasti Gondosuli menjadi saksi bisu kejayaan Dinasti Sanjaya, terutama di masa pemerintahan Rakai Patahan (Rakaryan Patapan Pu Palar) sebagai raja di Mataram Hindu (Mataram Kuno).

19. Pikatan water park.

Adus, jeghur

Pikatan water park, berada di desa Mudal Kecamatan temanggung. wahana air ditambah dengan udara yang sejuk sangat enak untuk dinikmati bersama keluarga maupun orang yang spesial buat kita. habis berenang laper dan mampir ke warung "pecel mie" di samping Pikatan,. yummy

20. Pohon Walites .

pohon walites dan misterinya

pohon walites dan misterinya via http://tourwalitistree.blogspot.com

Pohon walitis di kawasan hutan Rasamala merupakan pohon terbesar di lereng Sumbing dan Sindoro. Hutan ini terletak di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Tinggi pohon mencapai 30 meter, dengan lingkar batang 7,5 meter. Untuk memeluk batangnya saja diperlukan enam orang dewasa yang saling tautan sambil merentangkan kedua tangannya.

Menurut masyarakat sekitar, pohon ini berasal dari tongkat salah seorang pengikut wali, yaitu Ki Ageng Makukuhan yang ditancapkan di tanah. Kawasan Walitis memiliki pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan yang segar dan alami.


Di Kawasan ini juga tumbuh rumpun tumbuhan bernama Rasamala. Karena itulah, kawasan tersebut dikenal sebagai hutan Rasamala. Keistimewaan tanaman dan hutan ini adalah tidak mempan oleh api.
Ketika terjadi kebakaran hutan di sebagian kawasan lereng Sumbing dan Sindoro beberapa waktu lalu, hutan Rasamala sama sekali tidak terjamah  api.

Untuk menjangkau rumpun pepohonan Rasamala yang luasnya mencapai 1,5 hektar, para wisatawan harus mendaki melalui jalan setapak. Jarak pendakian ini sekitar 1,5 km dari pohon walitis.

21. Taman Kali Progo.

new icon wisata di temanggung

new icon wisata di temanggung via http://negeritembakau.com

Ada yang baru nih di Temanggung. Tepatnya di Kecamatan Kranggan, terdapat taman baru yang namanya Taman Kali Progo, letaknya memang berada disamping sungai Progo. Tempat yang cocok untuk santai dan berfoto ria serta ada rel kereta api yang mati yang bisa menjadi obyek fotografi Anda.

Disebrang juga terdapat makam Pahlawan Temanggung, yakni Bambang Sugeng. Sebagai tambahan informasi, di Jembatan kali Progo dulu merupakan pembantaian massal warga pribumi oleh kompeni 

22. Tugu Sepuser, Pringsurat Temanggung.

sepuser pringsurat

sepuser pringsurat via http://negeritembakau.com

Beberapa versi menyebutkan ragam titik tengah pulau terpadat di Indonesia ini. Ada yang menyebut Gunung Tidar di Magelang hingga Tugu Mylpall di Pekalongan. Namun siapa sangka Temanggung juga mempunyai tempat yang diyakini sebagai titik tengah pulau Jawa.

Jika anda sedang menuju arah Semarang dari arah Kota Temanggung melalui jalan raya Kranggan – Pringsurat, maka tidak ada salahnya mampir sejenak untuk mencari keberadaan titik tengah pulau Jawa ini.

Tidak banyak orang yang tahu memang, bahkan masyarakat Temangung sendiri, namun anda bisa mencari memulai petualangan mencari tugu ini dari pasar Pringsurat belok kanan ke arah Soropadan. Masyarakat yang ramah siap menjawab pertanyaan anda mengenai tujuan yang anda cari, yaitu, Tugu Sepuser.

23. Pendakian Gunung Sumbing.

Bagi teman2 yang suka naik gunung. Terdapat 2 gunung yang berada di Temanggung, Gunung Sumbing Salah satunya

Gunung sumbing (3371 meter diatas permukaan air laut) ini terletak disebelah Gunung Sindoro. Panorama alam yang begitu memanjakan mata dan juga kesegaran udaranya yang bebas dari polusi membuat masyarakat di lereng gunung ini merasa nyaman.

untuk pendakian bisa melewati pos pendakian yang ada di Kledung. Untuk info lengkap pendakiannya bisa searching di mbah Gugel nggih, sumonggo :) 

24. Pendakian Gunung Sindoro.

Satu lagi adalah gunung Sindoro. letaknya disebelah utara gunung Sumbing,. sayang Anda lewatkan bila Anda seorang pendaki. Namun harus di ingat yaa bro,. harus jaga etika dan jaga kebersihan gunung plus jangan lupa Solat,. hehehe :) 

25. Alun-alun Kota Temanggung.

alun alun temanggung

alun alun temanggung via http://anggarawepe.blogspot.com

Alun alun asal kelakun,. ehh salah. Alun-alun Temanggung menjadi spot nongkrong, kongkow dan janjian,. jiahh,. tapi di kota kecil sejuk ini,. suasana wisata murah meriah tersajikan di alun-alun temanggung .

26. Taman Pengayoman Temanggung.

taman pengayoman

taman pengayoman via http://www.kompasiana.com

Ada yang baru lagi untuk tempat ngumpul bareng di Temanggung, Taman Pengayoman namanya. taman ini terletak tidak jauh dari alun-alun temanggung disekitar taman juga banyak jajanan murah enak meriah, waduh, maraki kangen mbek manggung ae jan

27. Taman Kartini Temanggung.

gapura taman kartini

gapura taman kartini via http://www.nusapedia.com

Ada pula, taman kartini temanggung. Taman rekreasi keluarga yang berada di kelurahan Kowangan kecamatan Temanggung, letaknya tidak jauh dari terminal bus Mudal, Temanggung. Ada ayunan, gajah, badak, hust, hewan-hewannya semen yaa,. bukan asli, hehe.

28. Andromeda Cinema.

andromeda cinema

andromeda cinema via http://wisataindonesia.co.id

Ini juga baru di Temanggung,. masih di kawasan taman kartini, ada bioskop 4 dimensi.. dekat dengan GOR Bambu Runcing dan Stadion Bhumi Phala..

29. Masih ingat semasa TK/SD kamu pernah menggambar ini?

gambar legendaris

gambar legendaris via http://lampungx.com

Dua gunung, tengah-tengahnya ada jalan raya Samping kiri kanan ada pematang sawah. Ya, itu nyata ada di Indonesia, di Temanggung tepatnya.

 

30. Temanggung Negeri Tembakau.

Komoditas paling banyak di Temanggung adalah tembakau. Mau pro atau kontra untuk masalah Rokok, itu "Walak" (terserah pendapat panjenengan). Namun masyarakat temanggung tak lepas dari komoditas ini..

SELAMAT JALAN-JALAN DI TEMANGGUNG BERSENYUM (BERSIH SEJUK NYAMAN UNTUK MASYARAKAT).