Alangkah senangnya jika kita punya cukup tabungan untuk kita sisihkan demi melihat keindahan wisata di indonesia terutama di pulau sumatera.

Banyak provinsi yang menawarkan tempat wisata untuk kamu datang sekedar menginjakkan kaki sekalipun, supaya lebih mengenal arti keindahan yang sebenarnya dan semakin cinta indonesia serta alamnya. Hehe

 

1. Danau Toba, Sumatera Utara.

mainmenit.com

mainmenit.com via http://www.mktours.co.id

Tahukah Anda bahwa Danau Toba di Sumatera Utara dinyatakan sebagai danau kawah atau danau vulkanik terbesar di dunia! Dapat kita bandingkan dengan luas Pulau Samosir yang terdapat di tengah-tengah Danau Toba. Pulau Samosir memiliki luas yang hampir sama dengan negara Singapura! Dapat Anda bayangkan luas Danau Toba yang mengelilingi Pulau Samosir, pastilah jauh lebih luas. Menarik bukan ?

2. Pantai Sago, Sumatera Barat.

Sagosumbar02

Sagosumbar02 via http://mainnet.com

Pantai Sago Permai yang teletak di kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan merupakan  sa­lah satu  objek wisata yang ramai dikunjungi oleh berbagai lapisan masyarakat. Keindahan alam pantainya yang tidak kalah dengan objek wisata Pantai  Sanur dan Pantai Kuta yang ada di pulau dewata Bali. 

Bedanya pantai Sago  lebih banyak dikunjungi oleh turis domestik yang datang dari berbagai daerah. Meskipun ada turis mancanegara berkunjung ke daerah ini hanya untuk menyak­sikan keindahan alamnya, sedangkan di pantai Kuta Bali para turis dari berbagai belahan dunia datang untuk mandi dan berjemur di bibir pantai.

3. Pulau Pahawang, Lampung.

pahawangisland89

pahawangisland89 via http://mainnet.com

Pulau Pahawang yaitu destinasi wisata di Propinsi Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai yang harus anda kunjungi bila anda sukai dengan wisata bawah laut. Berlokasi di Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran Lampung. Dengan keindahan alam seputar dan dunia airnya, Pulau Pahawang bisa jadi kesenangan tersendir untuk beberapa diver (penyelam) serta pengagum snorkling.

Rute menuju ke Pulau Pahawang bisa ditempuh lewat cara menyeberang terlebih dulu lewat Dermaga Ketapang. Tak ada angkutan umum serta bus menuju dermaga itu, hingga wisatawan luar Lampung baiknya bisa menyewa mobil dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan atau dari Bandar Lampung sesudah naik bus menuju Terminal Rajabasa.

4. Pulo Samosir, Sumatera Utara.

samosirnauliinde

samosirnauliinde via http://mainnet.com

Pulau Samosir di Sumatera Utara adalah pulau yang sangat unik karena merupakan pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba. Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut. Inilah yang membuat pulau ini menjadi perhatian turis domestik maupun asing.

Menuju Pulau Samosir bisa dilakukan pagi hari dengan membeli tiket feri seharga Rp 10.000 per orang. Dan, sambil menunggu keberangkatan kapal, kita bisa hunting foto di sekitar danau, mengabadikan keindahan dan luasnya Danau Toba.

5. Pantai Panjang, Bengkulu.

panjangpantai3

panjangpantai3 via http://mainnet.com

Pantai Panjang di Kota Bengkulu ini merupakan sebuah tempat wisata yang sangat terkenal di Bengkulu. Kawasan wisata pantai ini berada di tempat yang strategis. Akses untuk menuju Pantai Panjang di Bengkulu ini juga tidaklah sulit.

Dari pusat Kota Bengkulu anda hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk ke pantai Panjang ini. Tempat Wisata Pantai Panjang Bengkulu meiliki keistimewaan yaitu panjang pantai yang mencapai 7 km. Panjang sekali bukan ?

6. Pantai Iboih, Aceh.

iboihdiaceh56

iboihdiaceh56 via http://www.yukpiknik.com

Salah satu pantai populer yang ada di Pulau Sumatera yaitu Pantai Iboih. Pantai Iboih juga sering dikenal dengan Teupin Layeu, terletak di sebelah barat Pulau Weh, ujung barat Pulau Sumatera. Pantai di Sumatera ini menawarkan berbagai macam keindahan yang akan membuat wisatawan yang berkunjung terkesan.

Pantai Iboih sebenarnya merupakan pelabuhan yang digunakan untuk menuju ke Pulau Rubiah. Meskipun sebuah pelabuhan, namun keindahan Pantai Iboih tidak diragukan lagi. Air lautnya yang jernih dan memiliki warna gradasi hijau biru ditambah hamparan pasir putihnya yang bersih dan dikelilingi oleh hutan lindung, Iboih bagaikan “surga” tersembunyi yang memiliki nuansa tenang dan damai.

7. Pulau Kemaro, Sumatera Selatan.

kemarosumsel

kemarosumsel via http://mainnet.com

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah.

Di sini juga dapat ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai cerita tersendiri, yaitu dia menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun pada akhirnya pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

8. Pantai Lampuuk, Aceh.

lampuukacehcoi7

lampuukacehcoi7 via http://mainnet.com

Warga Aceh tak perlu merasa iri dengan Bali yang memiliki banyak pantai indah karena di Aceh juga terdapat banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan. Salah satu tempat wisata pantai yang bisa diandalkan adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh.

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

9. Sungai Kampar, Riau.

kamparriau44

kamparriau44 via http://mainnet.com

Mari berselancar di Sungai Kampar Riau adalah sungai panjang yang mengalir turun dari pegunungan Bukit Barisan yang membentuk tulang belakang dari Pulau Sumatera sepanjang pantai baratnya. Sungai ini kemudian liku melalui provinsi Riau, akhirnya mengalr di Selat Malaka, di pantai timur Sumatera.

Seiring jalannya yang panjang sungai itu sendiri terbagi menjadi dua cabang besar yang dikenal sebagai Kampar Kanan (cabang kanan dari Kampar) dan Kampar Kiri (cabang kiri). Mereka kemudian berkumpul di Langgar di Kabupaten Pelalawan di muara Kampar ini.

Di sini mereka bergabung dengan banyak sungai lain yang menyebabkan Kampar untuk menyalurkan keluar ke muara sungai lebar. Pada setiap pasang, gelombang tinggi dari laut mengalir masuk dan bertemu arus hilir Kampar. Sangat paput dicoba tempat wisata di pekanbaru ini bagi anda hobi berselancar.

10. Taman Rimba, Jambi.

rimbajambif2

rimbajambif2 via http://mainnet.com

Tempat wisata lainnya adalah Taman Rimba yang merupakan kebun binatang kebanggaan warga Jambi. Layaknya kebun binatang di tempat lain, di sini pun Anda bisa melihat beragam spesies binatang. Yang menarik adalah adanya sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa yang berisi beraneka jenis burung mulai dari burung bangau sampai burung kasuari.