Sumba adalah pulau paling selatan di bumi indonesia. sumba tidak terlalu terkenal layaknya pulau-pulau lain, bahkan banyak orang menggangap sumba adalah sumbawa. saya harus katakan bahwa sumbawa itu provinsi NTB dan sumba itu provinsi NTT. Walaupun tidak terlalu terkenal tetapi keindahan pulau ini bisa di katakan melebihi pulau-pulau lain di indonesia bahkan Bali sekalipun.

Bukannya mengejek  tapi memang pantai kami lebih baik dari Bali dan masih natural. Saya akan menulis beberapa wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di sumba khususnya sumba barat daya

 

1. Pantai Weekuri

Pantai danau weekuri adalah pantai yang terletak juga di selatan sumba tepatnya di desa kalenaroga kecamatan kodi utara, kabupaten sumba barat daya, jarak yang pantai ini dari ibukota sumba barat daya adalah sekitar 60 KM. satu hal yang harus di ketahui yang ingin ke pantai ini bahwa tidak ada angkutan umum tetapi bisa menyewa mobil dan motor.

Jalanan yang di lalui menuju pantai ini rata-rata sudah di aspal tetapi ada beberapa bagian yang belum di aspal. satu hal lagi yang harus di ketahui bahwa tidak ada arah khusus yang menunjukan kearah pantai tapi bisa di tanyakan ke penduduk  sekitar, tenang saja penduduk di sana ramah-ramah.

2. Pantai Watumandorok

Setelah dari weekuri kita tetap masih di kecamatan kodi utara tetapi kita akan beranjak ke salah satu pantai yang tidak kalah menarik yaitu watumandoroka. tempatnya di kalena rongo. tetapi pantai ini sudah di kelola oleh pengusaha asal prancis tetapi tidak usah kuatir tiket masuk ke pantai ini juga kisaran masih murah.

3. Air terjun Pabeti Lakera

pabeti lakera

pabeti lakera via http://www.kompasiana.com

sebenarnya masihh banyak pantai yang bagus2 di kab sumba barat daya. tetapi kita akan jalan-jalan lagi ke tempat wisata lain tetapi masih di sumba barat daya tetapi kali ini di kecamatan wewewa selatan. di sini kita akan ke air terjun pabeti lakera tepatnya di desa delo jaraknya 45 Km dari tambolaka, di sini kita akan di sajikan air terjun dengan 3 tempat terjun rata2 tingginya di atas 23 meter. di jamin kita akan merasakan kesejukan karena air terjun ini masih sangat alami.

4. Danau Weewini

Danau weewini adalah satu wisata yang tidak boleh di lupakan ketika berkunjung  sumba barat daya selain letaknya yang dekat dengan ibukota hanya sekitar 15 Km, letak danau ini di ramuk weewini watu kawula. konon ceritanya danau ini terbentuk ketika ada seorang nenek yang kehilangan babinya, tetapi orang yang mencuri babinya di kampung tersebut tidak mengakui perbuatannya.

Singkat cerita ada seorang tetua adat  yang mengatakan nenek tersebut harus meninggalkan kampung tersebut, ketika meninggalkan kampung tersebut satu pantangan buat nenek adalah  tidak boleh menengok ke belakang, dan ketika nenek meninggalkan tempat tersebut terdengar suara gemuruh dan menenggelamkan kampung tersebut dan berubah menjadi danau.

Tetapi nenek menengok akhirnya nenek berubah jadi batu. dan nama danau itu di ambil dari nama nenek tersebut yaitu  wee artinya air dan wini nama nenek tersebut akhirnya menjadi wee wini. ceritanya hampir sama di alkitab yang terjadi pada istri lot.

5. Weekelo Sawah

Berikutnya kita akan ke kecamatan wewewa timur tepatnya di tana kombuka biasanya orang mengenal tempat itu sebagai Km 9, di sini kita akan melihat panorama alami yang di aliri sungai bawah tanah melalui mulut goa yang di hiasi batu stalakitit. jarak weekelo sawah dari tambolaka hnya 33 km, dan akses ke tempat inipun sangat mudah bisa naik angkutan umum, dll.

6. Kampung Ratenggaro

setelah puas menikmati keindahan yang berhubungan dengan air kini kita akan menuju sebuah kampung adat yang masih benar2 tradisional yaitu kampung ratonggaro, letak kampung ini di desa umbu ngedo kec kodi bangedo. salah satu keunikan kampung ini adalah terletak di pinngir pantai dan muara sungai waiha. selain itu kampung ini juga mempunyai 304 buah kubur dan 3 diantaranya adalah kubur bersejarah. ketika kamu berada di kampung ini mungkin kamu bisa merasakan hidup di era 1800-1900 karena kampung ini segala sesuatu masih dilakukan dengan cara tradisional. jarak kampung ini adalah 56 km dari kota tambolaka.

7. Kuburan bersejarah di Kampung Ratenggaro

ini adalah kuburan rato pati pendiri kampung ratenggaro, dan salah satu kuburan bersejarah yang saya sebutkan di no 6 tadi.

8. Situs Gua Rambe Manu

berikutnya kita akan ke salah satu situs penting yaitu gua rambe manu yang pernah di jadikan persembunyian pangeran wanokaka dari kodi pada masa perang dengan belanda tahun 1911. gua ini dekat mangganipi terletak 24 km dari tambolaka. anda dapat mengunjungi tempat ini dengan mendengarkan cerita kepahlawan pangeran wanokaka.

 

 

 

Jadi, kapan nih kalian mau segera datang liburan ke Sumba Barat?