Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya; pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Sumatera Selatan berada di bagian selatan pulau Sumatera dan beribukota di Palembang yang merupakan salah satu tuan rumah dalam acara ASIAN GAMES 2018 mendatang. Makanan khas dari provinsi ini sangat beragam seperti pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, berengkes dan tempoyak.

Berikut ini tempat-tempat wisata di Sumatera Selatan yang bisa kamu kunjungi, bisa bersama keluarga ataupun teman dan sahabat.

1. Harus mampir ke Jembatan Ampera; kalian belum ke Palembang kalau belum ke sini

Jembatan Ampera Palembang via http://google.com

Jembatan Ampera merupakan ikon kota Palembang yang berada diatas Sungai Musi. Jembatan ini berfungsi sebagai penghubung antara daerah Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Palembang namun belum mampir kesini. Keindahan jembatan Ampera akan semakin terasa pada malam hari dimana lampu-lampu yang menyala akan mempercantik jembatan.

2. Taman Punti Kayu

Punti Kayu Palembang via http://pergiberwisata.com

Masih di kota Palembang, Taman Wisata Alam Punti Kayu merupakan taman hutan wisata tempat rekreasi sekaligus liburan favorit yang ramai dikunjungi khususnya pada akhir pekan dan hari-hari libur. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas flying fox, taman bermain, miniatur 7 keajaiban dunia, danau, waterpark, dan berbagai hiburan lainnya.

Punti Kayu merupakan hutan pinus dalam kota terbesar di Indonesia dan mendapat beberapa penghargaan Adipura dalam usaha mempertahankan hutan konservasinya. Lebih dari 80% lahan Punti Kayu adalah lahan konservasi yang hingga saat ini masih sangat terjaga.

3. Gunug Dempo

Advertisement

Gunung Dempo Pagaralam via http://pedomanwisata.com

Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari palembang dan kemudian 15 kilometer dari pusat Pagar Alam ke Gunung Dempo sendiri. Perjalanan tidak akan membosankan dengan adanya pemandangan indah  perkebunan teh yang hijau nan luas disertai dengan udara yang segar. Hiking, tracking, dan pendakian gunung jelas merupakan kegiatan yang utama ketika datang ke tempat ini. Puncak tinggi Gunung Dempo menawarkan trek menantang, jalur berbatu kasar, lereng miring tinggi dan banyak rintangan lainnya.

4. Danau Ranau

Danau Ranau terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini terbentuk akibat tenaga letusan vulkanik gunung berapi dan gempa bumi sehingga terbentuk cekungan. Udara di sini sejuk dan dingin. Selain menikmati keindahan Gunung Seminung dan birunya air danau, ada beberapa tempat wisata lainnya di kawasan tersebut yang menjadi tujuan dari para wisatawan, diantaranya Pulau Marisa, pemandian air panas, dan air terjun Subik Tuha.

5. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari Lahat via http://southsumatratourism.com

Air Terjun Bidadari terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Nama lain Air Terjun Bidadari adalah Ayek Asam menurut warga setempat.  Air terjun yang bermuara ke Sungai Lematang ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dengan lebar atas sekitar 10 m dan bawah sekitar 15 m. Di sekitar lokasi tersebut, ada sekitar 6 air terjun lagi seperti Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing, dan Air Terjun Naga.

6. Alquran Raksasa

Wisata Religi Alquran Raksasa via http://tribunnews.com

Museum Alquran Raksasa berlokasi di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, RT 03, RW 01, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Al Quran tersebut dipahat di permukaan kayu tembesu berukuran panjang 177 cm dengan lebar 140 cm dan ketebalan 2,5 cm. Alquran yang terdiri dari 630 halaman ini juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Alquran dengan huruf Arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca.

7. Pulau Kemaro

Pagoda Pulau Kemaro via http://google.com

Pulau Kemaro merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Di Pulau Kemaro ini juga terdapat kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa atau berziarah ke makam. Di sana juga sering diadakan acara Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek.

Daya tarik Kemaro adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau. Bangunan ini baru dibangun tahun 2006. Selain pagoda, ada klenteng yang sudah dulu ada. Klenteng Hok Tjing Rio atau lebih dikenal Klenteng Kuan Im dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng terdapat makam Tan Bun An (Pangeran) dan Siti Fatimah (Putri) yang berdampingan. Kisah cinta mereka berdualah yang menjadi legenda terbentuknya pulau ini.

Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah Pohon yang disebut sebagai "Pohon Cinta" yang dilambangkan sebagai ritus "Cinta Sejati" antara dua bangsa dan dua budaya yang berbeda pada zaman dahulu antara Siti Fatimah, Putri Kerajaan Sriwijaya dan Tan Bun An, Pangeran dari Negeri Cina.