Makassar adalah salah satu kota terbesar di Sulawesi Selatan. Kota yang dulunya menjadi pintu gerbang menuju Indonesia Timur ini terkenal akan kekayaan baharinya. Mulai dari pemandangan pantai dan kuliner laut yang terkenal segar. Di sepanjang Pantai Losari, ikon kota Makassar berjejer berbagai kuliner pisang epe dengan berbagai varian rasa. Tidak jauh dari situ terdapat Pusat Kuliner Somba Opu yang banyak menjajakan makanan laut yang segar.

Jika anda ingin berburu souvenir. Banyak hasil kerajinan yang dijual di Jalan Somba Opu. Kerajinan seperti Sutra dan Songkok khas Bugis banyak di jumpai di sana. Tak jauh dari kota Makassar, kalian bisa mengunjungi Air terjun Bantimurung yang memiliki kekhasan sebagai air terjun bertingkat. Terletak di Kabupaten maros, kira-kira satu jam perjalanan dari kota Makassar.  Di lokasi itu pula terdapat penangkaran kupu-kupu, bahkan kalian bisa melihat beberapa kupu-kupu yang berjenis langka dan hanya ada di sana.

Jika kalian menginginkan wisata sejarah, kalian bisa mengunjungi makam raja-raja kerajaan Gowa. Seperti makam Sultan Hasanuddin si Ayam Jantan dari Timur. Namun bagi kalian yang bosan dengan Pantai Losari, Benteng Ford Rotterdam. Ingin merasakan suasana baru ketika berkunjung ke Makassar. Berikut bisa menjadi alternatif wisata ke Makassar.

1. Pulau Camba-Cambang – Kab. Pangkep

Pulau Camba-Cambang via http://makassar.tribunnews.com

Pulau ini adalah pulau wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Pangkep. Kota ini dapat dijangkau sekitar dua jam perjalanan dari kota Makassar. Pulau yang memiliki bentuk seperni panah arjuna ini dapat di tempuh 10-15 menit dari dermaga Maccini Baji Labbakkang. Di pulau ini kalian bisa merasakan wisata laut lepas. Di pulau ini telah dilengkapi dengan waterpark, villa-villa untuk menginap, dan restoran yang menyajikan hidangan laut.

2. Malino Highland – Kab. Gowa

Malino Highland via http://makassar.tribunnews.com

Malino highland adalah wisata yang diharapkan menjadi landmark dunia. Daerah yang tepat berada di puncak daerah malino ini menawarkan panorama hijau yang sebenarnya. Hamparan tanaman teh yang siap petik memenuhi daerah yang berbukit dan terkenal luas ini. Suhu di atas bisa mencapai 5 derajat. Daerah ini bisa dicapai sekitar tiga jam dari kota makassar. Karena berada tepat diatas gunung. Kalian sebaiknya membawa kendaraan karena mengingat luasnya hamparan komplek wisata ini.

Advertisement

Jika kalian berniat bermalam disediakan beberapa villa-villa yang bisa ditempati. Namun tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi langsung teh segar yang baru dipetik di kawasan ini. Kalian bisa merasakan juga teh hijau yang sengaja di tanam di sini yang bibitnya langsung didatangkan dari Jepang.

3. Bantimurung Water Park – Kab. Maros

Bantimurung Water Park via https://serlycious.wordpress.com

Bantimurung Water Park adalah objek wisata terbaru di Kabupaten Maros. Kabupaten yang identik dengan kerajaan kupu-kupunya ini membangun water park tidak jauh dari penataran kupu-kupu. Bantimurung Water Park masih berada dalam satu kompleks wisata air terjun Bantimurung. Sebaiknya jika kalian kesini membawa makanan sendiri biar lebih nikmat. Air yang digunakan oleh Bantimurung Water Park merupakan air yang langsung dari gunung sekitarnya, jadi kalian mendapatkan air segar.

4. Pucak Teaching Farm – Kab. Maros

Pucak Teaching Farm via http://kandangsyukur.blogspot.co.id

Tempat wisata yang lain dari yang lain ini menawarkan wisata edukasi terbaik di Kabupaten Maros. Daerah perbukitan yang dapat ditempuh hanya melalui jalan lingkar sulawesi ini dapat ditempuh dua jam dari kota Makassar. Dinamakan Teaching Farm karena lokasi ini sering digunakan untuk penelitian ternak dan holtikultura terbesar di Sulawesi Selatan. Karena disini terdapat berbagai macam hewan ternak seperti sapi, rusa, kambing, dan berbagai jenis unggas bahkan jenis-jenis ikan tawar juga terdapat banyak di lokasi ini.

Uniknya disini kalian bisa mendapatkan buah-buahan lebih murah karena dibeli setelah kalian memetik sendiri. Di sini juga terdapat kolam buaya untuk penelitian, danau buatan untuk wahana sepeda air, dan jika ingin beristirahat disediakan hotel yang menghadap ke kolam.

5. Pantai Punaga – Kab. Takalar

Pantai Punaga via http://hellomakassar.com

Jika selama ini kalian melihat pantai identik dengan pasir putih, berbeda halnya dengan Pantai Punaga. Pantai yang terletak di ujung Kabupaten Takalar ini masih terbilang baru. Keunikan Pantai Punaga adalah sepanjang pantai yang berbentuk tebing yang cantik. Jika kalian ingin mandi, pihak pengelola sudah menyediakan tangga untuk menuju ke bawah tebing.

Daerah menuju Pantai Punaga masih terbilang perawan karena 10 km sebelum sampai ke lokasi sudah tidak ada rumah penduduk. Namun jangan khawatir, kalian akan dituntun oleh penunjuk jalan yang mengarah langsung ke pantai. Di sini kalian bisa merasakan matahari terbenamyang langsung mengarah ke pantai serta merasakan sunset di tebing pantai.