Mungkin buat sebagian anak hits Jogja udah ngerti tempat-tempat yang bakalan aku share. Nah buat kalian yang berenca liburan ke Yogyakarta bukan hanya sebatas Borobudur (walaupun adanya di Magelang – tapi kalau ke Jogja ingetnya ya Borobudur, hehehe), Prambanan, Malioboro, Taman Sari ,Ratu Boko dan Parangtritis. Yogyakarta punya punya puluhan bahkan ratusan tempat wisata yang wajib kamu kunjungin!

 

 

1. Air Terjun Kedung Kandang

Kedung Kandang

Kedung Kandang via https://www.instagram.com

Bentuknya bertingkat-tingkat nih air terjun, tapi aku nggak menyarankan buat kalian mandi yah. Karena letaknya ada dipertengan sawah warga, buat mencapai pusat air terjun kalian harus menurun dan mendaki sewaktu pulang. Letaknya nggak jauh dari kota Jogja, berada dikawasan Wisata Gunung Api Purba, kalian juga bisa mampir di Embung Nglanggeran. Untuk tiket masuk Rp. 6.000,-/orang.

2. Air Terjun Grojogan Lepo

Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo via https://www.instagram.com

Nah ini baru kalian bisa mandi, airnya hijau tosca warnanya. Kalian bisa mandi sepuasnya. Nggak pakai tiket masuk, cukup bayar biaya parkir Rp. 3.000,-/motor. Keren deh, ini salah satu air terjun favorite aku. Cara untuk kesini kalian bisa lewat jalan Imogiri atau jalan Wonosari. Letaknya di daerah Dlingo guys.

3. Pemandian Tirta Budi

Nama bekennya kalau di Jogja “Blue Lagoon” heheee. Ini pemandian air tawar yang asalnya dari mata air. Cukup dalam kira-kira 3 meter, jadi buat kamu yang nggak bisa berenang disana ada penyewaan pelampung. Tapi kalau dipinggir-pinngirnya nggak dalem bisa sekalian terapi ikan karena banyak ikannya. Tiket masuk Rp. 5.000,-/orang. Buat yang mau ngerasaain sensasi dinginnya Blue Laggonnya Jogja bisa lewat Jalan Kaliurang KM13, nanti ada plang nunjukkin arahnya.

4. Curug Pulosari

Sejenis air terjun, tapi kalian untung-untungan kalau kesana, kalau musim hujan biasanya airnya keruh dan gak bisa buat mandi deh. Cukup bayar uang parkir aja Rp. 3.000,-/orang. Ini ada di daerah Pajangan – Bantul.

5. Luweng Sampang

Luweng Sampang

Luweng Sampang via https://www.instagram.com

Kalau tadi ada Blue Lagoon-nya Jogya. Ini ada Grand Canyonnya Jogja, namanya Luweng Sampang. Kesini juga untung-untungan, kalau airnya jernih kamu bisa nyebur. Ada juru kuncinya juga guys, jadi disana jangan sembarangan. Katanya disana ada salah satu Wali Songo yang bertapa. Banyak parkir aja tanpa tiket masuk, persis ada dipinggir jalan lokasinya. Bagi yang berminat bisa lewat jalan Wonosari – Patuk – Ngoro-oro (nanti tanya2 aja disitu) soalnya jalannya berkelok-kelok.

6. Kolam Alami Wediombo

Wediombo Beach

Wediombo Beach via https://www.instagram.com

Ini ada persis diujung Pantai Wediombo, kalian bisa berenang sepuasnya di kolam yang dikelilingi karang-karang tanpa takut terbawa ombak. Keren banget tempatnya. Langsung dicoba kalau berniat ke Pantai-pantai di Gunungkidul. Kalian cuma dikenakan biaya Rp. 5.000 – Rp. 10.000 udah bisa datengin puluhan pantai disana sepuasnya.

7. Sendang Tirto Mulyo (SAREN)

Ceritanya ada sebuah keluarga yang ingin bangun rumah, sudah pada pondasi, tapi tiba-tiba keluar terus menerus mata air. Sehinnga, keluarga itu mengurungkan niatnya. Hingga, saat ini menjadi pemandian air tawar. Letaknya persis ditengah-tengah sawah. Ketinggian kolam sekitar 1- 2 meter. Sediakan uang parkir Rp. 2.000,- saja jika ingin mandi. Jika ingin kesini, lebih mudah kalian temukan sebagai patokan Stadion Maguwo Harjo, ke timur – perempatan lampu merah (belok kiri) – lurus terus (kurang lebih 3 km) – sampai menemukan drum di pertigaan – belok kiri – 100 meter sebelah kanan dekat bengkel.

8. Candi Plaosan

Plaosan Temple

Plaosan Temple via https://www.instagram.com

Salah satu candi Budha peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, asal usul candi sebagai tanda cinta abadi guys pada jamannya. Sebelumnya gue udah share tentang candi Plaosan. Nah ini Candi favorite banget deh pokoknya. Letaknya persis dibelakang kawasan Prambanan ya, tiket msuk Rp. 4.000,-/orang.

9. Candi Kalasan

Kalasan Temple

Kalasan Temple via https://www.instagram.com

Dari arah kota Jogja lurus terus sampai bandara Adisucipto, persis banget dipingir jalan, tapi harus puter balik yah kalau yang dari arah kota Jogja.

10. Candi Sari

Candinya kaya castle aja, ada disekitaran rumah warga. Letaknya juga dipinggir jalan, gak jauh dari Candi Kalasan.

11. Candi Banyunibo

Banyunibo Temple

Banyunibo Temple via https://www.instagram.com

Candi ini ada relief seorang wanita yang dikerumuni anak-anak. Sejarahnya candi ini merupakan lambang kesuburan. Kalau kalian dari Ratu Boko bisa mampir kesini, karena letaknya nggak terlalu jauh.

12. Candi Sojiwan

Sojiwan Temple

Sojiwan Temple via https://www.instagram.com

Candi perpaduan Hindu – Budha, yang asal usulnya dibangun oleh seorang Raja beragama Hindhu sebagai bentuk penghormatan kepada neneknya yang beragama Budha. Nama candinya juga diambil dari nama nenek sang raja. Letaknya ada diseberang Kawasan Wisata Candi Prambanan.

13. Candi Abang

Abang Temple

Abang Temple via https://www.instagram.com

Bentuknya kayak bukit, gak nyangka kan kalau ini aslinya candi yang ditumbuhi rumput. Nah keren konsep candinya. Musim hujan ataupun kemarau tetep keren. Kalau ada yang mau kesini letaknya ada di daerah Piyungan.

14. Goa Jepang

Situs Goa Jepang

Situs Goa Jepang via https://www.instagram.com

Kata siapa Jogja nggak punya Goa Jepang, ada loh ya seperti goa-goa lainnya, agak sedikit horor. Tiket masuknya gratis, yang penting kalian punya nyali buat masuk ke dalamnya. Lokasinya berada satu arah sama Candi Abang.

15. Hutan Pinus

Wisata Hutan Pinus Dlingo

Wisata Hutan Pinus Dlingo via https://www.instagram.com

Ini mah lagi hits banget kayaknya, apalagi sekarang tambah banyak spot-spot fotonya. Silakan kalian ke kawasan Dlingo, dan silakan susuri jalannya, disana banyak banget lokasi wisata hutan pinus. Pasti yang habis dari Kebun Buah Mangunan bakalan mampir.

16. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan via https://www.instagram.com

Nah ini dia Negeri diatas awannya Jogja. Buat ngeliat awan ya kalian harus rela berangkat subuh-subuh guys, sekalian biar bisa ngerasain sunrise. Tiket msuk cukup Rp. 5.000.- per orang.

17. Songgo Langit

Situs Batu Purba

Situs Batu Purba via https://www.instagram.com

Salah satu tempat wisata baru, boleh dicoba juga sehabis dari Kebun Buah Mangunan, disini kayak kumpulan pemandangan batu-batu purba yang besar.

18. Jembatan Seloparmio

Jembatan Kuning

Jembatan Kuning via https://www.instagram.com

Buat kalian yang cuman ngeliatnya jembatan layang atau jembatan penyebrangan, cobain kesini juga. Masih dalam satu kawasan Kebun Buah Mangunan.

19. Kali Oya

Oya River - Imogiri

Oya River - Imogiri via https://www.instagram.com

Letaknya juga masih satu Kawasan Mangunan, bisa sekaligus wisata ke Kebun Buah juga mampir kesini. Airnya jernih, terkadang surut.

20. Lava Bantal

Info yang didapat ini merupakan cikal-bakal gunung merapi di Pulau Jawa, sekarang sudah dipugar jadi bisa untuk wisata air sejenis cave tubing gitu.

 

21. Warung Boto

Situs Warung Boto Yogyakarta

Situs Warung Boto Yogyakarta via https://www.instagram.com

Di dalam kotapun ada ada situs lama yang baru dipugar tahun 2016 kemarin. Kalau kesini bagusnya sore guys, biar adem sambil nikmatin sunset. Konsepnya hampir sama kayak Taman Sari. Bangunan ini dibangun oleh Sultan pada masanya untuk tempat istirahat kerabat kerajaan. Ini ada di dalam kota, kalau kamu dari arah Malioboro silakan lurus terus arah Taman Pintar - Kusumanegara - Perempatan SGM belok kanan - masuk JL Veteran - nanti lurus aja ada disamping kiri persis di pinggir jalan.

22. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang via https://www.instagram.com

Nih, kalau udah malem kalian bisa rehat sejenak sambil liat lampu-lampu malam dari ketinggian. Tempat ini namanya Bukit Bintang. Tempat ini banyak yang suka, apalagi pasangan kekasih, karena emang tempatnya Romantis. Kalau mau nyobaiin kesini lewat Jalan Wonosari terus aja sampai jalannya naik2.