Wisata sekarang ini menjadi sebuah trend baru dikehidupan masyarakat Indonesia, tak terkecuali kamu yang ingin mengabadikan momen-momen cantik di banyak tempat di Indonesia. Bagi kalian yang datang ke tempat-tempat wisata kadang tak perduli dengan lokasi sebenarnya dari wilayah tersebut. Kesalahan ini tidak hanya berkaitan dengan nama namun juga kebanggaan masyarakat di daerah tersebut. Setelah membaca berbagai tulisan mengenai tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Kabupaten Semarang yang hampir semuanya tidak mencantumkan nama Kabupaten Semarang. 

 

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo via http://infojalan-jalan.com

Tempat ini mungkin lebih kamu kenal terletak di Semarang, Semarang disini sering diartikan sebagai Kota Semarang padahal ini terletak di Kabupaten Semarang tepatnya Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Nah jadi kalau besok besok kalian datang ke tempat ini sebutlah Candi Gedong Songo terletak di Kabupaten Semarang bukan Kota Semarang. Jarak tempat ini dari Kota Semarang-pun bisa dibilang jauh, lebih dari 20Km dan apabila ditempuh menggunakan kendaraan pribadi sekitar 2 Jam. 

2. Rawa Pening

Siapa sangka rawa yang juga mashur ini terletak di Kabupaten Semarang. Sebagian besar mengetahui bahwa lokasi rawa ini berada di kota Salatiga, namun ternyata itu salah. Sama halnya penyebutan wilayah di tempat wisata di kota lain misalnya Pengalengan yang sebenarnya terletak di Kabupaten Bandung tapi orang lebih sering menyebutnya di Bandung. Rawa Pening sendiri berada 4 kecamatan diwilayah Ambarawa, Tuntang, Banyubiru dan Bawen. Jadi besok kalau datang ke tempat ini jangan salah sebut. 

3. Museum Kereta Api

Siapa ingin mengenal kereta  dari masalalu

Siapa ingin mengenal kereta dari masalalu via http://pegi-pegi.com

Siapa tak ingin mencoba menikmati perjalanan menggunakan kereta api uap seperti zaman dahulu, sebuah pengalaman berharga yang hanya bisa kamu nikmati di beberapa tempat salah satunya museum Kereta Api Ambarawa. Sebagai satu-satunya museum kereta api yang memiliki banyak koleksi lokomotif dari zaman penjajahan dan diakui oleh dunia. Museum ini sebenarnya terletak di Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Ambarawa. 

4. Air Terjun

Siapa tak suka air terjun

Siapa tak suka air terjun via http://Anekatempatwisata.com

Wisata alam di Kabupaten Semarang tak kalah menggoda, selain Rawa Pening Kabupaten Semarang memiliki banyak pilihan alternatif air terjun untuk di kunjungi. Permasalahan penyebutan rupanya masih menjadi ketidakfahaman orang mengenai lokasi air terjun ini. Para air terjun tersebar di Kabupaten Semarang mulai dari Kecamatan Getasan (lereng Gunung Telomoyo) terdapat Air Terjun kali Pancur, kemudian di Kecamatan Banyubiru terdapat Air Terjun Baladewa, di Kecamatan Sumowono terdapat Air Terjun Tujuh Bidadari, di Kecamatan Ungaran Barat terdapat Air Terjun Benowo. Banyak bukan pilihan wisata Air Terjun di Kabupaten Semarang!!!

5. Gunung Telomoyo

Rasakan Sensasi Gantole

Rasakan Sensasi Gantole via http://www.mountain-forecast.com

Pernah dengar olahraga Gantole? Salah satu lokasi yang sering dijadikan untuk kompetisi gantole tingkat dunia maupun Indonesia adalah Gunung Telomoyo. Lokasi Gunung Telomoyo berada di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Meski begitu banyak yang masih menyebut lokasi ini berada di Salatiga. Dari Gunung Telomoyo kamu bisa menikmati pemandangan Rawa Pening yang terlihat sangat menawan. Selain itu kamu juga akan melihat menara-menara pemancar Radio bertengger di puncaknya.