Hari kasih sayang bukan berarti selalu tepat di bulan Februari. Hari kasih sayang selalu terjadi setiap hari. Lagipula, sayang tak melulu diucapkan lewat kata dan diterima secara lisan. Rasa sayang bisa ditunjukkan dengan gestur dan diterima dengan bongkahan berbagai bentuk; cinta, penghormatan, dan menghargai. Tiga hal itu yang ternyata setiap hari bisa kita lakukan, bahkan sering terjadi namun tak kita perhatikan.

Lima tindakan ini yang sebenarnya paling penuh kasih sayang. Check it!

1. Menyapa pak satpam

Lempar senyum terbaikmu ke satpam via http://www.marinadisantangelo.it

Kamu sering pergi ke sekolah? Atau pergi kantor? Ketemu sama satpam tentu menjadi pemandangan rutin. Tak ayal, kita menganggapnya bukan hal istimewa. Eits, ternyata salah banget. Menyapa satpam atau sekadar melempar senyum ternyata ampuh bikin bahagia orang lain kok. Tak ada salahnya berbagi rasa sayang kepada makhluk hidup lainnya.

2. Terima kasih ke ibu kantin

Terima kasihlah ke ibu kantin via https://www.wikiwand.com

Tak bisa dipungkiri kalau kantin sering kali menjadi tempat pelarian. Dari rasa lapar, haus, capek atau lagi emang mau nyari pelarian. Tidak ada yang salah dari mengucapkan terima kasih ke ibu kantin yang udah menyediakan makanan enak di kantin dengan harga murah meriah. Berterimakasihlah karena kamu tidak perlu repot-repot keluar sekolah cuma buat mencari sebungkus makan.

3. Senyum orang tua saat mau berangkat

Kasih sayang orang tua via http://esqsmartplus.com

Advertisement

Setiap orang yang akan pergi keluar rumah, pastilah berpamitan ke orang tuanya. Lihat deh senyum kedamaian beliau ketika melihat kita berdandan rapi. Pasti dalam hatinya selalu ada doa agar kita selamat dan selalu bahagia apapun yang akan kita lakukan di luar rumah.

4. Berbagi senyum untuk orang asing

Orang asing di jalan via http://smallhandsbigideas.com

Di jalan ketemu orang asing? Udah biasa dong. Tentu kamu nggak mau dicemberutin sama orang lain, kan? Kalau begitu, senyum dong. Bagi pesona dan aura positifmu agar tertular ke orang lain. Bahagia bukan berarti hanya untuk orang terdekat, tapi juga bisa ditularkan ke orang lain.

5. Jangan lupakan hewan peliharaan kamu

Punya hewan peliharaan yang sering nyapa kamu pagi-pagi? Dari sekadar ndusel manja seperti kucing. Atau menjilat-jilat seperti anjing. Perhatikan deh cara mereka berkomunikasi denganmu. Mereka mencoba menunjukkan insting kasih sayangnya sebagai makhluk hidup. Kamu yang manusia, ayo dong bagi rasa sayangmu ke hewan peliharaan. Semisal, merawat tubuhnya, asupan makan, obat, dan tempat tidurnya.

5 Kejadian itu yang setiap harinya bisa kita dan harus disyukuri. Tanpa mereka semua, tentu saja hidup akan datar. Terima kasihlah karena mereka menunjukkan kasih sayangnya ke kamu. Yuk tunjukkan kasih sayangmu ke mereka!