Berbicara mengenai tempat wisata, beberapa orang memiliki kriteria tersendiri mengenai lokasi untuk berwisata. Salah satunya yaitu harga tiket masuk. Dan berikut ini ada beberapa referensi tempat wisata asik di beberapa kota besar di Pulau Jawa yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan, teman, atau keluargamu. Check it out!

 

1. Melepas penat dan riuhnya perkotaan ke Candi Gedong Songo, Semarang, yuk!

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo via https://www.instagram.com

Bila berkujung ke Semarang, jangan lupa mampir ke Bandungan. Tepatnya di kompleks candi yang letaknya berada di lereng Gunung Ungaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sana terdapat sebuah lokasi wisata alam dengan pemandangan hijaunya yang menyejukkan mata. Selain itu terdapat pula pemandian air panas dan hutan pinus yang cocok banget untuk pecinta fotografi.

Harga tiket masuk yang ditawarkan pun cukup ramah dengan kantong, hanya Rp 8.000,- saja pengunjung dapat menikmati destinasi wisata di kompleks Candi Gedong Songo.

Pengunjung dapat melakukan petualangan di kompleks candi dengan berjalan kaki atau menyewa kuda dengan harga yang bervariasi. Namun, meskipun nama candi ini candi Gedong Songo yang berarti sembilan bangunan candi, akan tetapi pada kenyataannya jumlah candi di lokasi tidak sampai Sembilan. Coba kamu datang dan hitung sendiri jumlah candinya!

2. Bagaimana dengan Gunung Purba di Yogyakarta? Destinasi alam yang luar bisa indahnya

hunfot gunung prau

hunfot gunung prau via https://www.instagram.com

Wisata ini sangat cocok buat kamu yang selalu gagal untuk mendapat izin dari orangtua untuk muncak. Gunung purba ini pun cocok untuk para pendaki pemula, karena memang gunung ini tidak terlalu tinggi. Hanya butuh waktu 2 jam pendakian saja, itu pun bila kamu sering berhenti di pos-pos pendakian.

Namun jangan remehkan Gunung Purba, ketika kamu sudah sampai di puncak kamu bakal disuguhkan keindahan alam ciptaan Tuhan yang sedemikian indah. Tiket masuk yang ditawarkan hanya Rp 7000,- saja. Cukup hemat untuk pendakian romantis berdua bersama pasangan.

3. Hutan Mangrove Wonorejo, Surabaya, juga nggak kalah mempesonanya. Kalau ke sini sih, enaknya berdua :)

hutan mangrove

hutan mangrove via https://www.instagram.com

Akhir-akhir ini sedang booming wisata alam dengan pemandangan pohon bakaunya. Di Surabaya pun terdapat hutan mangrove yang recommended banget untuk kamu kunjungi.

Untuk sampai ke lokasi, banyak titik yang harus kamu lewati. Yang pertama yaitu pintu masuk yang dilengkapi dengan pendopo yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat terlebih dahulu sebelum memulai petualangan. Kemudian, untuk dapat sampai ke Hutan Mangrove Wonorejo, pengunjung harus berjalan menuju dermaga dan menaiki kapal-kapal yang akan membawa kamu hingga ke lokasi.

Untuk sampai kesana pengunjung hanya ditarik biaya Rp 25.000,- untuk porsi dewasa dan Rp 15.000,- untuk anak-anak. Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan ongkos perahu atau kapal-kapal yang akan kamu tunggangi untuk ke lokasi.

4. Rasakan juga sensasi pasar apung atau Floating Market di Lembang, Bandung

floating market lembang

floating market lembang via https://www.instagram.com

Floating Market Lembang menyajikan konsep wisata perpaduan antara wisata alam lembang dengan pasar apung tradisional. Pengunjung dapat merasakan sensasi berbelanja diatas perahu yang terapung di danau seperti membeli ikan segar, jajanan pasar tradisional, sayuran dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat pula berbagai macam permainan seperti perahu air, kereta air, dan wisata outbond.

Harga tiket masuk untuk ke lokasi hanya Rp 15.000,- saja dan untuk menikmati berbagai macam permainan pengunjung ditarik tiket dengan harga yang bervariasi.

5. Masih wisata berbau air, Situ Cipondoh di Tangerang pun nggak boleh terlewat dari list liburanmu!

situ cipondoh

situ cipondoh via https://www.instagram.com

Situ atau Danau Cipondoh merupakan salah satu tempat wisata asyik di kota industri yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Berlokasi di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari, Kota Tangerang menawarkan hiburan yang lengkap untuk anggota keluarga atau menikmati momen romantisme bersama pasangan. Selain itu, lokasi ini sangat cocok untuk memancing. Air danaunya yang tenang dan suasananya yang sejuk membuat kamu betah berlama-lama duduk manis dan menunggu ikan menyabet umpanmu.

Harga tiket masuk yang ditawarkan hanya Rp 3.000,- saja untuk tiap orang. Di Situ Cipondoh terdapat juga wahana asyik seperti flying fox, sepeda air, serta perahu boat dengan biaya yang cukup bersahabat.

Memangnya nggak bosan ke mall dan nongkrong di cafe melulu?