Dear khalayak pria Hipwee, 

kamu pasti sering mendengar wejangan orangtua yang berisi tentang anjuran menjaga kesehatan organ reproduksi. Memang, sih, semua wejangan tersebut ada benarnya. Sebab, selain menggambarkan kualitas hidup si pemiliknya, organ reproduksi yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik juga menjadi salah satu kriteria utama apakah kamu bisa memiliki buah hati di masa mendatang, atau tidak. 

Bayangkan jika kamu divonis tidak bisa memiliki buah hati karena teledor dalam menjaga fungsi serta kesehatan organ reproduksi. Dunia pasti terasa hancur saat itu juga! Ingat, yang akan merasakan kesedihan itu bukan hanya kamu saja, tapi juga pasangan dan seluruh keluarga. 

Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Karenanya, tidak berlebihan rasanya jika kamu melakukan langkah preventif sejak dini. Nah, dari sekian banyak faktor yang harus diperhatikan, satu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah kualitas sperma. Tapi, tahu nggak sih, kalau kualitas sperma dapat menurun karena pola dan gaya hidup sehari-hari; yang mungkin saja terlihat tidak membahayakan, tapi terbukti dapat membuat kamu 'mandul' secara perlahan? 

Daripada menyesal, yuk, kenali 5 kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari yang dipercaya oleh para ahli dapat merusak kualitas serta kuantitas sperma-mu! 

1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan tidak sehat via http://evironhealthdrink.com

Kebiasaan pertama yang bisa merusak sperma adalah penerapan pola makan yang tidak sehat. Ya, hal yang terdengar simpel dan sering disepelekan ini ternyata merupakan salah satu kebiasaan yang bisa bikin kamu 'mandul' perlahan.

Apa sih yang dimaksud dengan pola makan tidak sehat? Artinya, kamu cenderung mengonsumsi makanan tanpa memikirkan keseimbangan gizi dan nutrisinya. Contohnya, kamu sering sekali makan makanan instan dan juga daging-daging olahan, seperti sosis, nugget, dan kornet kalengan. Jadi, masih mau makan sembarangan? Mending pikir ulang, deh!

2. Sering Memangku Laptop dan Menggunakan Handphone

Sering memangku laptop dan menggunakan hp via https://qph.ec.quoracdn.net

Advertisement

Kamu termasuk pekerja yang sering menggunakan laptop dan handphone untuk mobilitas digital sehari-hari? Maka, berhati-hatilah dengan kebiasaan memangku laptop dan menggunakan handphone secara berlebihan. Lho, kok? Faktanya, kebiasaan memangku laptop dapat meningkatkan risiko menjalarnya suhu panas ke area genetalia. Jika dibiarkan terus berlanjut, maka hal ini dapat berakibat buruk pada temperatur testikel -bagian penis yang berfungsi untuk memproduksi sperma.

Lantas, apa hubungannya kualitas sperma dengan penggunaan hp berlebih? Sebuah studi mengungkapkan bahwa kebiasaan berbicara melalui ponsel selama lebih dari 4 jam dapat membuat produksi sperma kamu menurun.

3. Pemakaian Sunblock yang Berlebihan

Pemakaian sunblock yang berlebihan via http://static4.businessinsider.com

Eits, jangan anggap poin ini sebagai hoaks, ya!

Memang, penggunaan sunblock kini sudah sangat umum -baik bagi kaum wanita maupun pria. Apalagi di Indonesia yang beriklim panas, sunblock dapat dimanfaatkan untuk mencegah kulit terbakar sekaligus menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Namun, sebuah studi dari Longitudinal Investigasi Fertilitas dan Environment (LIFE) menunjukkan bahwa bahan kimia yang terdapat pada sunblock dapat merusak kesuburan pria sebanyak 30%. Mengejutkan, bukan?

4. Sering Memakai Underwear yang Kelewat Ketat

Sering Memakai Underwear yang Kelewat Ketat via http://www.realmenrealstyle.com

Kebiasaan lain yang bisa merusak sperma-mu adalah keseringan menggunakan underwear (celana dalam) yang kelewat ketat. Memang, bagi sebagian lelaki, hal ini konon dapat membuat mereka merasa lebih seksi. Namun, tahu nggak sih, kalau langkah ini justru dapat membuat sperma-mu menurun kualitas dan kuantitasnya? Jadi, mulai sekarang, lebih baik pakai 'kolor' yang longgar, ya!

5. Sering Merokok dan Minum Miras

Sering Merokok dan Minum Miras via http://www.davidsanger.com

Siapa sih yang tidak tahu bahaya merokok dan alkohol bagi tubuh? Meski mengetahuinya, namun masih saja banyak pria yang belum bisa mengubah dan berhenti merokok serta meminum miras. Padahal, 2 kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang dapat merusak sperma kamu, lho.

Terlalu banyak meminum alkohol dapat mengganggu kesuburan pria. Jelasnya, seseorang yang meminum alkohol sebanyak 40 gelas per minggu, kualitas spermanya dapat turun sebanyak 33 persen dari 51 persen sperma sehat. Mengerikan!