Tidur adalah hal sepele yang sangat penting di kehidupan. Semua aktivitas diawali dengan bangun tidur dan diakhiri dengan tidur. Untuk itu sangat penting menjaga kualitas tidur agar esok hari kembali segar dan bisa beraktivitas maksimal. Berikut ini 6 tips menjaga tidur agar tetap berkualitas:

1. Mandi sore atau malam

mandi malam via http://www.katasaya.net

Mandi bisa dilakukan di sore ataupun malam hari, usahakan jangan terlalu larut malam. Mandi sebelum tidur sangat membantu kualitas tidur kamu, selain untuk menyegarkan dan membersihkan diri, mandi juga bermanfaat menurunkan tekanan darah anda, sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan tidur makin berkualitas.

2. Tidur telanjang

tidur telanjang via http://life.viva.co.id

Tidur telanjag bermanfaat menghindarkan kamu dari bakteri karena baju yang kamu pakai sangat mudah ditempeli bakteri, apalagi jika kamu berkeringat .Tidur telanjang juga membantu mengatur suhu tubuh, dapatkan suhu yang nyaman dengan menggunakan selimut yang pas. Jika hawa dingin gunakan selimut tebal, begitu juga sebaliknya. Usahakan kepala dan lengan keluar dari selimut kecuali hawa sedang dingin. Jika Anda lebih nyaman menggunakan baju saat tidur, mungkin kamu bisa menggunakan piyama katun yang longgar, untuk lebih memfleksibelkan gerak ketika tidur.

3. Tidur dengan posisi yang berbeda-beda

Advertisement

posisi tidur via http://www.bintang.com

Memang susah untuk mengatur posisi saat tidur,apalagi sudah terbiasa.Tetapi setidaknya ketika mau tidur kita mengatur dulu posisi agar mrnjadi terbiasa.Tiga variasi tidur seperti di gambar adalah posisi yang tepat, sebaiknya jangan hanya satu posisi tidur saja karena tiap posisi mempunyai kelebihan. Untuk mendapat banyak kelebihan maka ubah-ubahlah posisi tidur, tetapi juga jangan sampai salah menempatkan posisi tidur. Jangan sampai posisi leher dan kepala tidak lurus.

4. Menggunaan bantal yang benar

Yang pertama gunakan jenis bantal yang pas, tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Jika terlalu tipis maupun lebar, itu akan mengganggu kualitas tidur kamu. Jika kamu tidur dengan posisi terlentang, letakkan bantal di bawah kaki, dan jika posisi miring letakkan bantal di antara kedua kaki. Hal ini cukup membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

5. Matikan lampu

matikan lampu ketika malam via http://ida-muhabbah.blogspot.co.id

Apa hubungannya mematikan lampu dengan kualitas tidur? Secara ilmiah, cahaya yang ada dalam ruangan tidur akan menembus hingga ke bagian mata. Walaupun tubuh sudah dalam keadaan terlelap tidur, sinar tersebut akan memasuki ruangan stimulator yang nantinya direspon oleh otak. Sehingga walau mata kita terpejam tetapi jika ada cahaya yang bersinar, otak akan terus bekerja untuk merespon atau mengartikan cahaya yang masuk tersebut. Jadi sebaiknya Matikan semua lampu, TV dan apapun yang mengeluarkan cahaya.

6. Mendengarkan ”gentle sound”

Cara yang terakhir untuk menambah kualitas tidur kamu, cobalah dengan mendengarkan suara lembut seperti suara alam yang antara lain ada angin, suara burung, gemercik air, dan lain lain. Atau bisa juga musik instrumen misalnya Kenny G atau tembang jawa. Musik ini membantu anda cepat tidur dan membantu otak anda lebih fokus. Selain itu, musik juga membantu untuk menyamarkan bunyi bising di malam hari. Sebaiknya durasi membunyikan suara sekitar 1 jam setelah anda tidur, supaya tidur kamu makin rileks dan tidurmu semakin berkualitas.