Artikel ini adalah hasil kolaborasi antara Hipwee dan Komunitas Jakarta. Selamat membaca!

“Tiada obat yang paling mujarab untuk orang yang mencinta, selain pernikahan. Namun bila tak berusaha, biayanya dari mana?”

Rasa cinta itu sungguh indah. Dan alangkah lebih indah bila dilampiaskan setelah akad nikah. Selain halal, semua hal yang dilakukan berdua juga akan menjadi lebih berkah.

Namun apa daya, menikah di Indonesia tak selamanya sederhana. Di beberapa tempat, membutuhkan banyak langkah. Yang tentunya, memiliki biaya yang tidak murah. Untuk yang terlanjut “kebelet” nikah, hal ini tentunya akan menjadi sedikit susah.

Sejatinya, perkara biaya tidak usah dipandang sebagai beban. Kan, rezeki ada di tangan Tuhan. Tinggal kamunya yang memutuskan mau berjuang, atau merelakan.

Jikapun kamu adalah pejantan tangguh yang rela berkorban dan menjawab semua tantangan demi dia yang kamu sayang, 5 usaha ini patut kamu jalani bila memang kamu sudah terlanjut komitmen ingin menikah denganya. Selamat menyimak, selamat berjuang! 

 

 

1. Untuk Yang Senang Berjualan Produk, Kamu Bisa Menekuni Jualan Online. Memang Sudah Mainstream Sih, Tapi Menggiurkan!

Cari Barang Dari Toko Kulakan Juga Boleh!

Cari Barang Dari Toko Kulakan Juga Boleh! via http://www.dealermobiltoyota.co.id

“Jualan Online itu gampang! Untungnya bisa jutaan, sampai belasan juta loh! Syaratnya? Ketekunan!.”

 

Jualan Online itu gampang! Kamu tinggal memposting produkmu ke market place favoritmu, dan layani semua pembeli yang mengontak inboxmu.

Tidak punya produk? Jadilah seorang reseller! Jalinlah kerjasama dengan toko yang menawarkan harga barang murah, namun tetap berkualitas. Modalmu minim? Berjualanlah sebagai dropshiper! Keuntungan? Akan datang seiring waktu.

 

2. Senang Fotografi? Coba Deh Buka Jasa Atau Join Komunitas! Kalo Kamu Akhirnya Bisa Mengikuti Jejak Para Fotografer Profesional, Kan Lumayan. Bisa Buat Nambah Penghasilan!

Melakukan Hobi Sambil Dibayar Sungguh Asik!

Melakukan Hobi Sambil Dibayar Sungguh Asik! via https://www.pexels.com

Kalo memang suka fotografi, kamu bisa menekuni profesi ini. Mulailah dari langkah awal, namun bertahap dan secara kontinu. Untuk memaksimalkan potensi penghasilanmu, kamu bisa mulai untuk join komunitas. Dari sana, kamu akan bertemu dengan senior yang lebih hebat. Bila kamu bisa bercengkrama dengan cara yang tepat, kamu bisa saja ditawari job yang gajinya lumayan.

“Tinggal pinter-pinter cari peluang deh!”

3. Jago Photoshop Dan Corel? Coba Deh Buka Usaha Jasa Edit Gambar. Kemampuanmu Itu Sebenarnya Istimewa Loh!

Editlah Semaksimalnya!

Editlah Semaksimalnya! via https://www.pexels.com

“Edit photo itu gampang-gampang susah! Kan kamu ngeditnya buat costumer. Jadi gak boleh serampangan.”

Belakangan ini banyak sekali yang menawarkan jasa vector, edit photo, yang memanfaatkan fitur Corel dan Photoshop. Untuk yang sudah terbiasa, proses pengerjaan satu orderan hanya butuh waktu beberapa jam. Dengan waktu pengerjaan yang relative singkat, puluhan ribu rupiah mampu kamu dapat.

Bila Client mu orang bule, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan upah ratusan hingga jutaan dalam sekali orderan. Lumayan kan!

 

4. Bisa Berkomunikasi Dan Siap Untuk Belajar Banyak Hal Baru? Coba Jadi Freelancer Yuk! Dalam Setahun, Seharusnya Kamu Minimal Sudah Bisa Nyiapin Mahar, Seserahan, Dan Uang Untuk Dekor Gedung!

Sudah Pernah Jadi Freelancer?

Sudah Pernah Jadi Freelancer? via https://www.pexels.com

Di era persaingan bebas seperti sekarang, siapa saja bisa menawarkan jasanya ke mana saja. Terlepas dari apa latar belakangmu, jika skillmu memang mumpuni, kamu bisa menjadi seorang freelancer.

Dengan modal kemampuan komunikasi, tekad yang gigih, dan wawasan, kamu bisa menjadi seorang freelance data entry, designer, content writer, dan sebagainya. Gaji yang didapat? Bisa berkali lipat dari UMR bulanan loh! Tertarik untuk menjadi freelancer?

 

5. Buat Kamu Yang Tidak Sabaran Tapi Tidak Memiliki Skill Yang Seberapa, Mungkin Kamu Harus Mulai Bekerja Part Time. Daripada Nganggur?

Kerja Part Time Patut Kamu Coba!

Kerja Part Time Patut Kamu Coba! via http://jual-alkes.com

“Capek sedikit bukan masalah. Toh, semuanya berproses!”

Mau kerja tapi skill masih belum seberapa? Coba part time aja! Kamu yang belum wisuda juga bisa. Asal ada niat, disitu akan selalu ada jalan yang terbuka. Tetap semangat!