Hari Raya Lebaran akan datang sebentar lagi!

Kita pasti akan selalu excited dan bahagia dalam merayakannya. Siapa yang ga senang, berkumpul dan bersilahturahmi dengan keluarga, rekan, sahabat, dan orang-orang terdekat kita. Apalagi Presiden Jokowi baru mengumumkan panjangnya cuti bersama pada hari Lebaran tahun ini.

Makin terasa lengkap deh kebahagiaan saat Lebaran! Apakah kalian sudah dapat THR atau belum?

Jika sudah, jangan langsung semuanya dihabiskan untuk berbelanja ya!! Berikut alasannya :

1. Pada saat Lebaran, waktunya kita untuk beramal

Jangan lupa kalau kaidah dari Hari Raya Lebaran itu sendiri adalah untuk beribadah. Tuhan juga sering mengingatkan kita di dalam ayat Alquran, untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan kita untuk beramal atau memberikan sedekah bagi orang-orang yang membutuhkan. Kebahagiaan dari beramal itu sendiri pun tidak dapat terukur, karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang suka membantu orang lain.

2. Jangan Lupa Untuk Membahagiakan Orang Tua Kita

Sudah merupakan suatu kewajiban untuk kita sebagai anak, untuk membahagiakan orang tua kita. Meskipun bukan hanya pada saat perayaan hari Lebaran, namun pada hari raya Lebaran sesungguhnya arti dari kemenangan itu sendiri diwujudkan dengan membagikan sebagian dari rejeki kita untuk membahagiakan orang tua.

Bisa dengan membelikan barang-barang yang menjadi kebutuhan orang tua kita, parsel, bunga, maupun hadiah yang dapat membuat orangtua kita tersenyum lebar dan bangga dapat memiliki anak yang selalu taat dan tidak pernah lupa untuk membahagiakan orang tuanya.

3. Harus Ada Dana Simpanan Untuk Kebutuhan Urgent

Advertisement

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bukannya menakut-nakuti, tapi kita harus selalu siap siaga dalam keadaan apapun.

Maka dari itu, selain untuk mencari kesenangan pada saat hari Raya Lebaran, ada baiknya kita menyimpan dana untuk kebutuhan urgent yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Misalnya, terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti sakit, kecelakaan, atau dana-dana tak terduga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

4. Saving Atau Tabungan Di Masa Depan

Sudah sepatutnya kita mengucap syukur atas rezeki yang telah Tuhan titipkan kepada kita. Bukanlah suatu hal yang baik apabila semua pendapatan kita langsung kita habiskan hanya untuk memuaskan keinginan atau hawa nafsu belaka. Beli saja kebutuhan-kebutuhan pada saat Lebaran yang memang dibutuhkan. Memenuhi kebutuhan, bukan hanya memuaskan keinginan.

Apabila pendapatan kita hanya untuk memuaskan keinginan, rasanya keinginan tidak akan pernah ada habis-habisnya. Maka sudah sejatinya, kita mengontrol diri untuk mengalokasikan pendapatan kita kepada hal-hal yang dirasa perlu dan dibutuhkan.

5. Abadikan Moment Penting Pada Saat Lebaran

Hari Raya Lebaran adalah hari Raya Kemenangan bagi seluruh umat Muslim yang ada di dunia. Merupakan suatu hal yang baik, apabila moment-moment penting pada saat Lebaran diabadikan.

Supaya kebahagiaan pada saat Lebaran tidak lewat begitu saja, sehingga dapat dishare dan dibagikan kepada orang lain. Bukan untuk pamer, namun untuk berbagi kebahagiaan yang ada pada saat Lebaran. Tidak harus dengan yang mahal, bisa dari kamera handphone, foto studio, atau jasa fotografer pun dapat menjadi alternatif pilihan, sesuai dari seberapa besar kebutuhan moment yang ingin diabadikan.