Sahabat adalah orang yang selalu ada saat suka dan duka. Dan hal yang sangat membuat setiap orang beruntung salah satunya adalah mempunya sahabat yang solid. Persahabatan biasanya terjalin karena kebiasaan yang selalu dilakukan bersama dan karena seringnya kalian bertemu. Berawal dari satu sekolah, satu kampus dan satu tempat kerja. Seringnya hangout bersama, seringnya curhat-curhatan, seringnya nyontek, seringnya bertukar pikiran soal kerjaan dan yg paling penting seringnya bertatap muka serta melakukan hal gila bersama yang selalu membuat kalian selalu kompak dan seru. 

Lantas apa yang terjadi jika kalian lulus sekolah dan kuliah ? kalian akan jarang bertemu dan bermain karena sibuk dengan masa depan masing-masing terlebih jika harus keluar kota. Bagaimana jika kalian dipindah tugaskan keluar kota ? Apa yang akan terjadi jika kita kerja diperusahan dan jarak yang cukup jauh? 

Jangan sampai persahabatan terputus karena hal seperti itu! Jarang loh ada orang-orang yang membuat kalian nyaman seperti mereka. Bakal susah lagi cari sahabat yang gila dan konyol seperti mereka. Mereka gada duanya deh. Udah paling the best top markotop pokoknya.

Tenang aja, kita share beberapa hal berikut untuk membuat persahabatan kalian yang LDR hhi (macam pacaran aja ya LDR,tapi ya memang begitulah adanya)

1. Perdekat jarak dengan Social Media (SosMed)

grup line misalnya via http://www.facebook.com

Kita sudah sangat dimanjakan dengan teknologi, sudah marak sosial media yang memfasilitasi kita untuk dapat berkomunikasi dengan siapapun kapanpun dan dimanapun.

Nah kalian bisa memanfaatkan sosial media untuk curhat-curhat, sharing dan jika kalian lebih dari 2 orang kalian bisa membuat grup chat untuk saling bercerita layaknya sedang kumpul bersama. Hal ini akan membuat kalian terhubung satu sama lain.

Jika kalian saling kangen bisa juga menggunakan voice call grup (jika kalian pake line grup ya). Dan juga bisa PAP (post a picture) keadaan kalian saat itu untuk selalu membuat kalian terasa dekat.

2. Jadwalkan waktu wajib untuk berkumpul minimal 3bulan 1kali

Advertisement

saat perayaang ultah mungkin via http://instagram.com

"Setelah kita sibuk masing-masing sulit untuk ketemuan, sekalinya janjian paling sekedar wacana"

Memang hal ini yang akhirnya membuat sahabat untuk sulit bertemu, akan tetapi semakin sulit cara untuk bertemu akan semakin berkualitas saat waktunya bertemu dan berkumpul. Jangan jadikan wacana saja. Saling bertukar jadwal sekurang-kurangnya 3bulan 1kali. Dan saat pertemuan itu kalian membuat moment indah tersendiri agar pertemuan yang langka ini terasa selalu berbeda dan selalu dinantikan kembali.

Atau mungkin bisa saja kalian menjadikan moment ulang tahun kalian dan para sahabat sebagai ajang wajib untuk selalu bertemu walaupun tidak pas saat hari-h. setidaknya untuk memberi kado dan surprice kepada sahabat. Selain berkumpulnya kalian merupakan hadia terindah untuk yang berulang tahun, hal ini juga bisa dijadikan moment makan gratis karena ya masasih gada traktiran hhi (ngarep ya).

Selain itu bisa juga kalian buat arisan. sehingga pertemuan kalian akan sangat berkualitas dengan adanya salah satu pihak yang mendapatkan rezeki (yeee makan-makan gratis lagi).

3. Buatlah kesibukan masing-masing menjadi kesibukan bersama!

Kenapa tidak disatukan?

Jika alasan yang membuat kalian jadi terpencar itu adalah pekerjaan masing-masing, kenapa tidak kalian bekerja bersama. Kenapa tidak kalian membuat usaha bersama?

Berheti dari pekerjaan sekarang atau tidak jadikan sebagai sampingan lalu kalian membuat usaha bersama. jika memang tidak memungkinkan untuk berhenti dari pekerjaan kan bisa hanya sebagai penanam modal dan menjadi pemasar usaha kalian.

Ambil contoh saja kalian memang tidak mungkin keluar dari pekerjaan atau karena masih harus kuliah. Kalian bisa membuat usaha onlineshop, ya tinggal bagi-bagi tugas saja, siapa bagian admin, siapa bagian pengiriman, dan siapa yang mengurusi ini dan itu (mungkin kalian lebih pandai membagi-bagi tugas).

4. Jadwalkan liburan bersama paling tidak 1tahun 1kali

Sibuk kuliah, sibuk kerja. Masa tidak ada libur? ambil lah jadwal libur panjang bersama paling tidak 3hari saja. lakukan petualangan bersama. Bisa mendaki gunung (gunungnya jangan jauh-jauh ya nanti tersesat), kemping mungkin (awas jangan di hutan terlarang ya nanti gk bisa pulang) atau mungkin bisa backpacker ke tempat yang belum kalian sama-sama kunjungi.

5. Simpan foto mereka dikamar

ditata serapih mungkin via http://www.vemale.com

Jangan cuma foto pacar atau keluarga saja yg mejeng di kamarmu, coba simpang diantaranya fotomu bersama sahabat. Bukannya lebai tapi secara tidak langsung hal ini bisa membuat kalian rindu untuk bertemu sehingga saat tiba jadwal untuk bertemu kalian akan meluangkan waktu walaupunhanya sebentar karena rindu yang menggebu-gebu (cieee menggebu-gebu).

Kalau bisa tempet kegiatan saat kalian liburan bersama, saat muka kalain sama sama konyol karena moment saat itulah yang akan selalu dirindukan.

Sahabat adalah orang yang selalu ingin bersamamu saat orang disekelilingmu membalikan badannya, tanpa peduli betapa sulit untuk selalu bisa bersamamu – arysandyana