Kuliah di Jurusan Psikologi itu punya banyak manfaat. Kita dapat belajar mengenai proses berpikir manusia, cara berkomunikasi dengan orang baik dengan baik dan hal-hal lain. Dosen-Dosen di Psikologi pun sangat menyenangkan dan punya karakteristik yang tentunya berbeda dengan dosen di jurusan lain. Apa saja karakteristik mereka?

 

1. Dosen Psikologi Pendidikan

Edu Psychology

Edu Psychology via http://www.cedu.niu.edu

Dosen dengan Peminatan Psikologi Pendidikan terkenal dengan pribadi yang ramah, tenang dan kreatif dalam mengajar serta baik dalam pemberian nilai. Dosen Pendidikan mungkin karena banyak memahami mengenai Perbedaan Individu, tentunya memandang setiap mahasiswa yang dihadapinya punya potensi yang berbeda-beda setiap orangnya, sehingga semuanya dianggap berprestasi. Hal tersebut membuat Dosen Pendidikan banyak disenangi oleh Mahasiswa dalam hal pembelajaran.

2. Dosen Psikologi Sosial

Social Psychology

Social Psychology via http://study.com

Dosen-dosen Sosial terkenal dengan metode mengajar yang lucu serta mudah dipahami. Dosen-dosen Sosial banyak bertemu dengan orang-orang di masyarakat sehingga banyak mengetahui kepribadian mahasiswanya. Dosen Sosial juga benyak memberikan contoh konkret di setiap materi yang diajarkan sehingga mahasiswanya mudah mengerti. Dalam hal pemberian nilai tentunya semua dosen sama saja. Dosen sosial juga sangat memegang tinggi etika.Dosen-dosen Sosial terkenal dengan metode mengajar yang lucu serta mudah dipahami. Dosen-dosen Sosial banyak bertemu dengan orang-orang di masyarakat sehingga banyak mengetahui kepribadian mahasiswanya. Dosen Sosial juga benyak memberikan contoh konkret di setiap materi yang diajarkan sehingga mahasiswanya mudah mengerti. Dalam hal pemberian nilai tentunya semua dosen sama saja. Dosen sosial juga sangat memegang tinggi etika.

3. Dosen Psikologi Perkembangan

Dosen Perkembangan terkenal dengan karakter penyayangnya dan pengertian. Hal tersebut mungkin karena mereka sangat sering bertemu dengan karakter-karakter anak sampai oarangtua yang beragam dan mengerti mengenai teori-teori perkembangan dan cara atau pola mengasuh anak-anak. Dosen Perkembangan juga sama halnya dengan dosen sosial yang banyak memberikan contoh konkret, dosen perkembangan sepertinya memang harus sudah memiliki anak supaya dapat memberikan contoh langsung. Jikapun belum memiliki anak, dosen-dosen perkembanganpun sudah bisa menjadi orangtua dan anak yang baik. 

Jadi Dosen Psikologi Perkembangan sangat direkomendasikan untuk jadi pasangan anda

4. Dosen Psikologi Industri dan Organisasi

Dunia Industri dan Organisasi atau Perusahaan mungkin membentuk karakter Dosen-dosen yang sekaligus Psikolog PIO menjadi pribadi yang disiplin dan tegas. Dosen-Dosen PIO banyak berhadapan dengan karyawan dan memberikan tes-tes kepada mereka, sehingga dibutuhkan kedisiplinan dan ketegasan. Dosen-dosen PIO banyak menerapkan kedisiplinan di dalam kelasnya, terutama dalam hal berpakaian, itu karena dosen PIO sangat peduli dengan mahasiswanya yang akan bertemu dengan orang banyak, terutama yang hendak mengikuti jejaknya. Haruslah dilatih dan dibiasakan untuk berpenampilan layaknya Psikolog.

5. Dosen Psikologi Klinis

Klinis

Klinis via http://shsu.edu

Seperti kebanyakan orang memandang bahwa Psikolog itu adalah orang-orang yang berhadapan dengan orang gangguan jiwa. Psikolog Klinislah yang lebih banyak berhadapan dengan orang-orang yang gangguan, tidak seperti psikolog lainnya. Begitu juga dosen-dosen Psikologi Klinis, yang banyak mengajarkan Abnormalitas. Dosen-dosen Klinis dikenal dengan Kepekaannya dan Kecurigaannya, hampir semua orang dipandang sebagai ornag yang Abnormal. Sam halnya dengan para mahasiswa-mahasiswa psikologi, ada anggapan bahwa ketika masuk ke kelas Psikologi Klinis atau Abnormal kita akan keluar dengan kecurigaan yang bertambah karena diajarkan mengenai ciri-ciri atau tanda-tand aorang waham (gangguan). Terkadang juga Dosen Klinis memberikan kita tes untuk mengetes Abnormalitas kita atau bahkan mendiagnosis gangguan yang ada pada diri mahasiswanya