Komputer sudah bukan barang asing lagi bagi orang-orang. Sebagian besar teman kuliah saya dulu punya komputer. Hampir semua jenis pekerjaan pasti bersentuhan dengan yang namanya komputer. Nah, bagi yang sering di depan komputer dalam waktu yang lama, entah karena hobi main game PC, tuntutan kerja, bekerja remote dari komputer atau alasan apapun. Perlu diketahui banyak hal negatif yang didapat saat terlalu lama di depan komputer. 

Dengan terlalu banyak duduk di depan komputer, kemungkinan mendapat serangan jantung lebih besar karena badan kurang gerak. Kesehatan mata jadi terganggu, sakit di sekitar punggung, sering mengalami pening di kepala, obesitas atau kegemukan dan mudah lelah. Mungkin masih banyak hal negatif lainya akibat  terlalu lama di depan komputer.

Nah, sedikit tips dari saya yang juga setiap harinya bekerja di depan komputer dalam waktu min 8 jam sehari.

 

1. Jangan asal duduk, atur posisi duduk yang baik dan benar

Posisi duduk yang benar

Posisi duduk yang benar via http://presentasi1030.blogspot.co.id

Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan sakit di bagian punggung. Usahakan punggung lurus nyaman dengan sandaran kursi, leher tegak, paha lurus dengan kursi dan sejajar dengan lantai. Jika kaki pendek bisa diakali dengan mengganjal dengan bantal yang ditaruh dilantai. Jarak mata dengan layar laptop minimal 50cm.

2. Pandangi obyek yang jaraknya lebih jauh. Lakukan setiap 20 menit sekali

Melihat sepeda tua

Melihat sepeda tua via http://fototravelku.blogspot.co.id

Lelah melihat layar monitor, Anda bisa mengalihkan pandangan ke obyek lain yang jaraknya lebih jauh. Melihat teman di seberang, melihat pohon dari balik jendela, melihat masa depan [hhahaha] atau melihat langit-langit kantor. Ini sudah cukup. 

Usahakan setiap 20 menit sekali alihkan pandangan dari layar monitor. Yang paling penting, jangan lupa berkedip-kedip 12 kali setiap menit untuk menghindari mata kering.

3. Bawah botol air minum, taruh di meja kerja

Botol air minum buah

Botol air minum buah via http://sumsel.tribunnews.com

Saat sudah didepan layar monitor terkadang kita lupa dengan hal lain, termasuk minum. Jangan sampai dehidrasi usahakan membawa botol yang terisi air putih dan taruh di samping komputer. Selain untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh, air putih juga bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal, mengeluarkan racun dari cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Jangan duduk terus, lakukan relaksasi setiap 2 atau 3 jam sekali

Jangan duduk terlalu lama di depan komputer. Sekedar jalan-jalan keluar ruangan, menengok pekerjaan rekan, pergi ke kamar mandi atau mengambil air minum di dapur itu cukup. Tubuh yang kurang gerak adalah pemicu penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif terdiri dari diabetes, obesitas, jantung, stroke, osteoporosis, alzheimer, kanker dan parkinson. Ngeri kan.

5. Agar tidak stress, lakukan beberapa hal yang bisa membuatmu melupakan pekerjaan sejenak

Joging pagi biar sehat

Joging pagi biar sehat via http://dbagus.com

Stress adalah akibat yang sering saya dengar dari mulut teman-teman saya. Jangan sampai stress, luangkan waktu sedikit untuk melakukan hal-hal lain selain pekerjaan. Ngobrol dan bercanda dengan rekan disamping, chat lewat facebook walaupun sekedar tanya atau menyapa kawan lama, lihat onyek wisata yang bisa jadi referensi dihari liburmu nanti. Buka situs-situs keren untuk update informasi, seperti hipwee.com, detik.com, fototravelku.blogspot.com, mojok.co, liburmulu.com, yukpiknik.com dan lainya.

6. Jangan sampai kurang gizi, kalau perlu doping setiap beberapa hari sekali

Salad sehat sehari-hari

Salad sehat sehari-hari via http://trendingtopictwitter.com

Stres dan kekurangan nutrisi dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya produktivas di tempat kerja dan tubuh rentan terhadap penyakit. Nah, jangan kelewat makan makanan yang bergizi, seperti buah, susu, sayur-sayuran, ikan, dan perbanyak air putih sudah cukup. Tentunya dengan makan tepat pada waktunya. 

Selain itu vitamin C dalam bentuk pil-pil kecil, C1000, madu asli, kurma dan susu murni juga bisa dijadikan doping jika merasa kurang enak badan.

7. Tidur yang cukup

Tidur berkualitas

Tidur berkualitas via http://family.fimela.com

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membuat tubuh segar pagi harinya, produktivitas di tempat kerja dapat meningkat juga. Tidur pada malam hari tidak lebih dari jam 10 malam dan bangung jam 4 subuh. Bagi karyawan yang masuk malam, sebelum jam kantor malam usahakan tidur dulu 1-2 jam. Jika ada kesempatan tidur malam saat piket, gunakan dengan baik walaupun hanya 30 menit.

Bagi kita yang sama-sama mengharuskan duduk dalam waktu yang lama di komputer, mari sama-sama menjaga kesehatan tubuh agar terhindar atau meminimalisir datangnya penyakit. "Mencegah lebih baik daripada mengobati".