Zaman sekarang traveling bukanlah  hobi milik orang yang strata sosialnya tinggi dan berduit, namun kalangan menengah kebawahpun juga bisa  menikmati hobi ini. Dan tak jarang banyak sekali traveler lokal yang menggunakan jasa kereta api untuk pergi ketempat tujuan wisata maupun sekedar transportasi umum untuk kesuatu tempat. Berikut kami rangkum beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat bepergian menggunakan kereta api.

1. Catat jadwal keberangkatan kereta

Berangkat jangan telat ya via https://www.visitbritain.com

Hal ini mungkin banyak dari kalian yang mengganggap sepele, karena sekarang kereta api tidak lagi ada yang namanya telat untuk berangkat kecuali di karenakan kerusakan & kondisi rel kereta yang bermasalah. Jadi berngkatlah lebih awal atau 45 menit sebelum berangkat sudah standby karena itu mengurangi resiko telat. Kita tidak akan tahu kan bagaimana lalu lintas saat kita menuju ke stasiun. 

2. Cetak boarding pass jauh jauh hari

Cetak boarding pass via http://travel.kompas.com

Terkadang kita biasanya cetak boarding pass mendekati jam keberangkatan, tanpa kita sadari banyak dari penumpang juga ngantri untuk check in. Jadi kita harus melihat kondisi mesin check in saat tertentu, jadi kita tidak harus mengantri kelamaan hanya untuk check in serta ngantri di cek oleh petugas tiket.

3. Sedia bekal

Advertisement

Sedia bekal saat perjalanan via http://papasemar.com

Dalam perjalan kita tidak memungkiri diri walaupun hanya duduk manis dalam kereta bisa membuat  perut kita keroncongan, jadi solusinya adalah membawa bekal dari rumah. Selain menghemat  ongkos makan serta makanan yang kita masak sendiri sangatlah enak dan menyehatkan. Tak lupa snack ringan kita bawa juga.

4. Jangan lupa bawa headset

Mendengarkan musik via https://londonist.com

Berjam jam saat menungu sampai tujuan sangatlah membosankan dan penat, jadi barang yang wajib kita bawa adalah headset. Kita bisa mendengarkan musik kesukaan kita di perjalnan serta kita tidak akan menggangu penumpang lain dengan suara dari smartphone yang kita gunakan.

5. Siapkan Obat obatan

obat obatan via https://www.tombihn.com

Kita tidak berharap terjadi apa apa terhadap diri kita tapi apa salahnya coba kalo kita antisipasi dengan membawa obat obatan? Walaupun kita keadaan sehat siapa tahu penumpang di sekitar anda membutuhkan.