Bulan Ramadhan udah tinggal menghitung hari lagi nih. Buat kamu yang muslim, pastinya momen ini adalah yang paling ditunggu tunggu dong atau mungkin hanya menjadi event tahunan. Ya cuma sebulan terus ujung ujungnya lebaran, baju baru, keliling ke tetangga. Trus udah gitu aja. Hayuk ah, bikin satu gebrakan baru biar Ramadhan kali ini sedikit berbeda dari tahun lalu. Iya, biar makin kece dan ceria dong. 

1. 1. Buat Kamu Para Pekerja, Niatkan Kerjamu Sebagai Ibadah

ujung-ujungnya kerja juga bikin kita happy kok,kalau tujuannya buat ibadah via https://lexacount.com

Kerja emang salah satu bentuk ibadah sih. Walaupun kedengarannya simple. Tapi ini bisa jadi mood booster biar kita enjoy dan senang buat kerja selama Ramadhan ini. Iya biar sejalan dong sama ibadah ibadah kita yang lain di bulan Ramadhan ini. Hahaha coba dijalani dengan enjoy dan ikhlas deh.

2. 2. Sementara Kamu Para Mahasiswa, Ya Niatkan Buat Ibadah Juga. Menuntut Ilmu Itu Juga Salah Satu Contoh Ibadah Loh

jadikan ramadhan bikin kamu dekat sama Allah via https://www.bintang.com

Derita deadline tiada akhir. Kuis dan UTS yang jadwalnya enggak manusiawi lagi sering bikin kamu lupa esensi kuliah. Ya kamu seolah jadi mayat berjalan yang mengikuti arus kejamnya deadline tiada akhir. Apalagi kamu para mahasiswa tingkat akhir. Hei, ayo dibereskan skripsimu nak. Jadikan Ramadhan ini buat mood boaster kamu semangat jalani kuliah buat menuntut ilmu demi cerah dan gemilangnya masa depanmu juga masa depan bangsa ini. ceileee. Insya Allah di itung ibadah loh dek.

3. 3.Buatlah Target Harian dan Bulanan. One Day One Ayat Bisa Jadi Kamu Jadikan Salah Satu Targetnya

Advertisement

kirim hafalan kamu via voice notes via https://www.youtube.com

Jangan sampai kamu lewatkan Ramadhan ini dengan rutinitas yang monoton dan kamu pun ingin segera enyah dari rutinitas itu. Yuk dicoba bikin target harian atau bulanan. Salah satunya bikin target hafalan Al Qur'an "One day One Ayat". Salah satu metodenya bisa pakai grup whatsapp atau yah chat biasa. Tiap harinya kita setor hafalan via voice notes baik Bahasa Arabnya maupun artinya.

Di akhir pekan, bisa di review hafalannya dari awal sampe akhir. Biar engga menguap seperti kenangan pahit masa lalu. Keuntungannya adalah kalian bakal saling ngingetin kalo ada yg belum setoran hafalan. Yah kerjasama dan komitmen emang dibutuhkan bnget, Di akhir Ramadhan,kalian nambah hafalan baru loh. Kece Kan? hehheu.

4. 4. Sempatkan Waktu Break-mu untuk Bercumbu dengan Gadget-mu. Eitsss, Buat Baca Al Qur’an Maksudnya

manfaatin gadget buat ngaji via http://www.beritagadget.net

Gadget kamu sering ngehang? kebanyakan dosa kali ya kaya yang punya. Upsss. Hayu manfaatkan gadget juga buat ibadah. Ngga cuma buat nge game aja. Baca Al Qur'an ga cuma bisa dilakuin abis sholat aja loh. Bisa juga kamu mengisi waktu break kamu dengan baca Al Qur'an di gadget kamu. Manfaatin fiture "lanjutkan membaca" ,jadi bacaanmu kamu yang terakhir ga menghilang begitu aja.

5. 5. Biar Makin Semangat, Bikin Acara buber Kalian Lebih Seru dengan Hasil Masakan Kalian Sendiri

masak bareng buat menghemat sekaligus itung itung sharing ilmu via https://liandamarta.com

Bukan lagi di restoran atau cafe paling ngehits. tapi berbuka puasa dengan hasil masakan kalian sendiri. Pede dong ya dengan hasil karya sendiri. Masak bareng bakal jadi acara seru. Apalagi ada yg lagi halangan. Jadi bisa ada yg disuruh icip-icip sekaligus tumbal kalau kita belum pro masaknya. haha. Kalau masaknya bareng-bareng, selain bisa menghemat dan lebih sehat. Kalian bisa sharing dan juga show off kemampuan memasak kalian. Yah pencitraan dikit lah ya. haha.

6. 6. Kamu pun Bisa Saja Melakukan Satu Dosa atau Khilaf.Coba Denda lah Diri Kalian Sendiri

bikin denda yang kamu bakalan ogah kaya gitu lagi via http://www.timesindonesia.co.id

Iya sebagai manusia, kita ga bakal lepas dari khilaf sih. Lagi puasa kadang bikin kita gampang sensi dan emosian. Rasanya benda mati aja bisa kita salah salahin.

"Ngapain sih ini pagar berdirinya disini?"

sang pagar pun menjawab :

"Lagi sakit ya mba?"

Kalau kamu punya partner in crime yang selalu ada dimana-mana. ya semacam kecoak lah. Jadikan temen kamu itu jurinya. Kalau kamu bikin dosa apa deh atau pun kamu gampang marah marah,kamu harus bayar denda atau ada hukuman lain. Bikin denda atau hukuman nya yang annoying ya. Biar kamu ga mau lagi deh ngelakuin itu lagi. haha. Kalau pakai sistem denda. Uang yang terkumpul bisa kamu donasiin deh. Itung-itung buat nyuci dosa dek. tapi eits jangan menghindari dosa hanya karena kamu takut bayar denda loh ya. heuheu

7. 7. Hei Kalau Ada Rejeki Bolehlah Berbagi. Sisihkan Uangmu Untuk Mereka yang Membutuhkan

sedekah sederhana dengan susu atau biskuit via http://sehatnesia.com

Iya di bulan Ramadhan. Pahala dilipat gandakan. Salah satu ibadah yang pahalanya lumayan melimpah adalah bersedekah. Ngga harus nunggu habis gajian atau nunggu rejeki berlebih sih. Sedekah biskuit atau susu bisa aja jadi alternatif buat kamu. Ya sepulang kerja atau kuliah kamu bisa beli susu atau biskuit terus kamu kasihin ke anak jalanan atau mereka yang membutuhkan saat berbuka puasa. Walaupun kelihatannya sederhana , insya Allah akan sangat berarti buat mereka. Kalau mau agak pro,kamu bisa beli kurma juga loh.

8. 8. Manfaatkan Komunitasmu Buat Saling Ngingetin Buat Sholat Malam

saling ngingetin buat sholat malem via http://www.artikelsiana.com

Komunitasmu atau grup chatmu ngga cuma buat ngegosip aja. Manfaatin buat jadi reminder untuk sholat malam. Iya sih ibadah ini termasuk ibadah yang amat berat dilakukan baik di hari-hari biasa. Siapa tau dengan kita membiasakannya di bulan Ramadhan. Kebiasaan ini jadi kebawa sampe di bulan bulan biasa. Aamin.

9. 9. Yeay,Bikin Diary Aktivitas Kamu Selama Ramadhan Bakalan Seru deh

tracking aktivitas kamu dengan diary harian via http://getplayapps.com

Kamu bisa tracking aktivitas kamu di bulan Ramdhan dengan menulis diary harian kamu. Baik lewat blog atau beneran buku diary. Lucu deh. Isinya bisa target harian kamu atau curcol dan ilmu-ilmu hidup yang kamu dapet seharian ini. ceilee. Selain bisa nambah semangat kamu. Diary ini bisa kamu jadiin bahan evaluasi untuk Ramadhan taun depan.tsaaah

10. 10. Coba Niatkan untuk Memaafkan Orang-Orang yang Menyakiti Kamu sebelum Kamu Beranjak Tidur.

Yang ini emang rada berat sih namun patut dicoba. Iya ngga ada salahnya buat dicoba. Memaafkan kesalahan orang lain sebelum mereka meminta maaf. Amalan ini pernah dilakukan oleh sahabat Rasulullah sebelum beliau beranjak tidur. Kalau kita sebelum tidur udah ngerasa plong. Esoknya kan udah sirna lah ya rasa pengen ngamuk atau enek sama orang. Kali aja bisa di itung pahala buat kita. aamiin

Yeaaay semoga bermanfaat dan bisa jadi pengingat buat kita semua yang sedang belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik.