Dengan kecanggihan teknologi masa kini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah menggunakan smartphone, termasuk mencari jodoh. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Tinder, salah satu aplikasi pencarian jodoh yang paling populer digunakan selama beberapa tahun terakhir.

Penasaran kan? Yuk, simak langkah-langkah berikut! Niscaya, kamu dapat segera menemukan si dia yang kamu tunggu-tunggu.

 

1. Pasang Foto Menarik

Penggunaan aplikasi Tinder sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Tinder di Google Play. Tenang, aplikasi ini gratis, kok!

Setelah selesai mengunduh, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan login menggunakan akun Facebook-mu. Hal ini diwajibkan oleh Tinder untuk menjamin keaslian profil penggunanya. Setelah kamu login, kamu akan diminta untuk melengkapi profil. Dan meski banyak yang bilang jangan nilai buku dari luar-nya saja, tetap saja penampilan pertama akan memberikan kesan yang kuat. Jadi, pastikan kamu menggunakan foto terbaik-mu!

Karena Tinder menggunakan profil Facebook-mu, sebaiknya kamu melakukan update foto di Facebook terlebih dahulu. Di dalam memilih foto profil, pastikan foto yang kamu pilih tidak blur dan memiliki resolusi yang cukup baik.

Di aplikasi Tinder, kamu dapat memilih maksimal lima foto untuk kamu tambahkan di dalam profil, dengan satu foto yang dijadikan foto utama yang akan pertama kali dilihat oleh pengguna Tinder lain. Gunakan foto terbaikmu: yang menunjukkan wajahmu dengan jelas dan tidak kabur.  Bila perlu, ambil foto terbaru kamu dengan kamera smartphone yang lebih baik seperti Luna smartphone, yang memang unggul untuk membuat foto selfie.

Sebaiknya kamu juga memiliki lebih dari satu foto, sehingga kamu dapat menunjukkan kepribadianmu dengan lebih baik, misalnya hobi dan aktifitasmu. Semakin baik fotomu, semakin besar kemungkinan menemukan jodoh yang kamu cari.

2. Lengkapi Profil

Dokumentasi Pribadi Penulis

Dokumentasi Pribadi Penulis via https://yohannesmarkus.c2live.com

Setelah memasang foto terbaikmu, saatnya melengkapi profil-mu. Meski penampilan memberikan kesan yang kuat, tetap saja orang akan mempertimbangkan kepribadian yang kamu miliki. Pastikan kepribadian-mu terpancar melalui profil yang kamu miliki. Inilah profil yang perlu kamu lengkapi dalam aplikasi Tinder:

Deskripsi diri

Apakah kamu orang yang suka traveling, atau lebih suka menghabiskan waktu di rumah saat weekend? Maka kamu bisa menuliskannya di deskripsi singkat profilmu. Selain menjelaskan siapa dirimu, melalui deskripsi, kamu juga bisa memberikan petunjuk mengenai tipe orang yang kamu cari. Misalnya, jodoh yang kamu impikan adalah yang suka wisata kuliner, tuliskan saja!

Integrasi dengan Instagram dan Spotify

Dalam profil Tinder, kamu juga dapat melakukan integrasi dengan profil Instagram sehingga pengguna profil Tinder lain dapat melihat kumpulan foto-foto yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa menghubungkan Tinder dengan Spotify untuk memamerkan penyanyi/musisi favoritmu.

Sebaiknya, panjang profil tidak terlalu singkat, namun juga tidak terlalu panjang hingga orang lain malas membacanya. Jadi, profilmu tidak hanya memiliki foto yang bagus dan menarik, tetapi juga memiliki deskripsi menarik.

Preferensi

Selain deskripsi singkat, kamu dapat menentukan preferensi terhadap pengguna Tinder lain yang ingin kamu temukan, yaitui jenis kelamin, jarak, dan usia melalui Settings yang ada di menu Tinder.

3. Menggunakan Tinder

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://yohannesmarkus.c2live.com

Jika profilmu sudah lengkap, kamu telah siap menggunakan aplikasi Tinder. Pertama, nyalakan GPS pada smartphone-mu karena Tinder adalah aplikasi berbasis lokasi. Kemudian, pada halaman utama, kamu dapat melihat foto pengguna Tinder sesuai dengan preferensimu. Menggunakan Tinder, kamu dapat melakukan beberapa hal:

a. Melakukan swipe untuk memilih

Layaknya memilih produk pada sebuah katalog, EVers dapat melakukan swipe ke kanan pada foto apabila kamu tertarik untuk mengenal pengguna Tinder tersebut. Sebaliknya, apabila kamu melakukan swipe ke kiri, artinya kamu tidak tertarik. Setelah melakukan swipe, Tinder akan menampilkan foto pengguna Tinder lainnya.

Ketika kamu tertarik pada seseorang yang juga melakukan swipe kanan pada fotomu, maka Tinder akan memberikan notifikasi bahwa kamu telah mendapatkan match.

b. Mengecek profil pengguna Tinder

Sebelum menentukan untuk swipe ke kanan atau ke kiri, kamu bisa membaca profil pengguna Tinder terlebih dahulu dengan melakukan klik pada foto. Di sini lah terdapat deskripsi singkat setiap pengguna.

c. Pesan privat

Saat kamu mendapatkan match, kamu dapat mulai berkomunikasi dengan match-mu melalui pesan privat. Tenang saja, hanya orang-orang yang kamu swipe kanan (disebut juga dengan Like) yang dapat mengirimkan pesan kepadamu. Dengan ini, Tinder ingin meminimalisir pesan-pesan yang tidak kamu inginkan. Lewat pesan privat, kamu bisa mulai berkenalan deh!

d. Fitur Super Like

Selain memberikan Like, kamu juga dapat memberikan Super Like pada profil pengguna. Fitur ini jumlah penggunaannya terbatas dalam sehari, jadi pastikan kamu hanya mengggunakannya pada pengguna Tinder yang benar-benar kamu sukai, EVers.

4. Melakukan Upgrade ke Tinder Plus

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://yohannesmarkus.c2live.com

Nah, setelah kamu familiar dalam menggunakan Tinder, kamu masih bisa melakukan upgrade akunmu menjadi Tinder Plus untuk mendapatkan fitur-fitur bermanfaat lainnya. Misalnya, terdapat fitur yang memungkinkanmu mencari jodoh di kota-kota yang jauh dari lokasimu, bahkan yang terletak di negara lain. Selain itu, kamu juga memiliki privasi yang lebih baik, karena Tinder Plus memungkinkanmu untuk menyembunyikan usia dan jarakmu dari pengguna Tinder lainnya.

Masih banyak fitur lainnya yang dapat kamu gunakan dengan Tinder Plus, asalkan kamu mau merogoh kocek untuk berlangganan dengan biaya sekitar Rp 120.000 per bulan. Tertarik?

5. Selamat ber-Tinder Ria!

Natsya_gepp

Natsya_gepp via https://pixabay.com

Nah, sekarang semuanya sudah siap. Kamu bisa mulai mencari teman baru atau bahkan jodoh menggunakan Tinder. Perlu diingat, jangan terlalu terburu-buru karena hal itu akan membuat teman ngobrol kamu jadi ragu. Bersikap santai dan tetaplah menjadi diri sendiri!

Demikian ulasan kali ini mengenai penggunaan aplikasi Tinder. Dengan ulasan ini, semoga kamu jadi semakin mahir dalam memanfaat aplikasi untuk kegiatanmu sehari-hari, apalagi soal pencarian jodoh! Sampai jumpa di ulasan lainnya.