Hai pembaca setia Hipwee, kalian di bangku perkuliahan lebih suka teori atau praktek? 80% dari kalian pasti deh banyak yang suka praktek, iya kan? Secara gitu, kita bisa lebih aktif bergerak, nggak cuma duduk sambil ndengerin dosen ceramah kayak waktu teori.

Pernah ngerasain ngantuk nggak pas jam teori kuliah? pasti sering yaa, apalagi kalau mata kuliah yang sulit dan dosennya killer atau membosankan, hehe. Nah ini ada beberapa tips nih buat kalian yang sukanya menguap lebih dari 10 kali dalam satu mata kuliah alias ngantuk beraaaatt

Yuk Simak!

 

1. Membawa Simpanan Snack

Ada sisa snack nganggur dikos? bolehlah dibawa sekalian bagi-bagi jajan gratis mungkin buat temen disekitar kita. Nah, membawa snack saat jam teori itu penting loh. Penyebab ngantuk salah satunya adalah lapar, nah snack ini bisa mengganjal perut kita sekalian juga bisa senam mulutlah pas kita ngunyah snack. Ketika hawa-hawa mengantuk mulai datang pelan-pelan nih (biar nggak ketauan dosen) buka snacknya, ya bisalah muka pura-pura merhatiin dosen tapi tangan diem-diem masukin snack ke mulut, biasanya sih pura-pura nutupin mulutnya hehe. Biasanya lebih seru kalau kita makan bareng-bareng teman kita, intinya jangan sampai ngebuat kelas berisik dan kepergok dosen *ups*

2. Cuci Muka

Selanjutnya, kalau nyamil snack masih ngantuk aja, izin keluar kelas ke dosen langsung ke kamar mandi dan cuci tuh muka kalau perlu mandi mungkin, biar syaitan di tubuh hilang hehe. Atau kalau nggak berani izin keluar, bisalah pakai sisa-sisa air miinum dipercikkan ke mata atau diusapkan ke mata kita kalau cara ini sih kurang efektif, setengah jam bisa ngantuk lagi, gimana dong? yaudah tinggal dicipratin air aja deh.

3. Ngobrol dengan temen sebelah

Nah, buat kalian yang pastinya gak bisa diem alias suka bercerita, Saat ngantuk melanda bisa banget tips ini kalian gunakan dan sangat ampuh. Ajak aja temen sebelah kalian bisik-bisik (jangan bergosip yaaa, buat kalian para wanita), yaa paling enggak yang bermanfaatlah, bisa diskusi sama yang diterangin dosen atau cari masalah-masalah sekitar yang ada hubungannya dengan teori kalian. Dijamin deh, walaupun kalian nggak paham sama yang disampaikan dosen setidaknya, kalian masih mengingat membahas tentang apa dan pengetahuan kalian bisa lebih luas karena langsung mencontohkan disekitar kalian, boleh banget nih dicoba.

4. Mengunyah Permen Karet

Nah, buat kalian yang sudah terbiasa ngantuk dikelas, bisa kok nyiapin permen karet di saku dan langsung dibuka ketika dosen mulai menerangkan. dijamin saat kalian ngunyah permen karet pasti kalian nggak terasa sampai teori perkuliahan selesai. Mengunyah permen karet termasuk olahraga mulut lho! tau gak ? ternyata juga bisa meningkatkan konsentrasi kita loh. WOW! Selain itu, bisa juga untuk kita mainin sampai karetnya bergelmbung besar! kece kan ? Cobain deh.

5. Mendengarkan Musik

Kalau buat kalian para pecinta musik, bisa nih selalu bawa headset di tas dan list music favorit kalian. Ketika hawa-hawa mengantuk menyerang kalian, bolehlah langsung pasang headset. Tapi, jangan terlalu keras yaa, selain mengganggu teman sebelah kita juga bisa merusak pendengaran kita kalau terlalu sering. Kalau ndengerin music nggak denger penjelasan dosen dong? rugi dong? Yah, zaman sudah makin canggih bro. Siapkan perekam suara, ditaruh di meja dosen, sudah deh, bisa kalian dengerin kalau pas dirumah kan? 

Semuanya, simple kok. Nggah usah dibuat terlalu serius atau terlalu ribet, yang penting ujian kita bisa menyelesaikan soal dan lulus dengan nilai bagus kan. Biasanya ya, mahasiswa yang malah terlihat kurang serius dikelas berpotensi lebih banyak sukses dikarir loh, kenapa gitu sih? cuma beruntung atau kebetulan.

Tunggu aja di artikelku berikutnya! :)